Beberapa Cara Mengajarkan Buah Hati Menjaga Kebersihan Lingkungan

Reporter : Riza Umami
Jumat, 22 Januari 2021 19:17
Beberapa Cara Mengajarkan Buah Hati Menjaga Kebersihan Lingkungan
Ini caranya Mom.

Ada banyak hal yang perlu diajarkan pada anak sedari kecil dan salah satunya adalah mengajarkannya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Agar bisa menerapkan hidup sehat, tentu kita dan keluarga perlu menjaga lingkungan sekitar. Dengan lingkungan yang bersih, anak-anak pun bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Lantas bagaimanakah cara ibu untuk mengajarkan tentang menjaga kebersihan lingkungan ini pada anak? Dilansir dari laman hellosehat.com, cara yang paling mudah yaitu dengan langsung memberikan contoh pada anak karena aku sedikit banyak memang meniru berbagai hal yang dilakukan orang tuanya.

1 dari 3 halaman

Selain itu, ibu juga perlu melakukan hal lain seperti mengajak buah hati untuk mengenali lingkungannya. Ajaklah anak untuk beraktivitas di luar rumah misalnya main bola di halaman, pergi ke taman, jalan-jalan di sekitar rumah dan lain sebagainya.

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Tunjukkan pada anak lingkungan yang bersih dan sehat itu seperti apa. Minim polusi udara, banyak pepohonan yang rindang, tempat sampah diletakkan di beberapa tempat dan lain sebagainya. Jelaskan pada anak bahwa lingkungan yang bersih seperti ini akan berefek positif pada kesehatannya.

2 dari 3 halaman

Kemudian, ajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Meski ini adalah hal yang sepele tetapi ternyata sering diabaikan dan sejumlah orang masih suka buang sampah sembarangan. Padahal, ada beberapa jenis sampah yang sulit diuraikan oleh alam seperti limbah plastik yang bisa menyebabkan polusi lingkungan.

Ilustrasi Sampah Plastik © Diadona

Berikan anak contoh untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga anak pun lama-kelamaan akan meniru kebiasaan baik tersebut. Tak berhenti sampah di situ, sebaiknya ibu pun sudah menerapkan prinsip 3R yaitu 'reduce', 'reuse' dan 'recycle'.

3 dari 3 halaman

Reduce yaitu mengurangi berbagai hal yang bisa menghasilkan sampah misalnya mengurangi penggunaan botol minum sekali pakai dan beralih ke botol minum yang bisa dipakai berkali-kali. Reuse berarti menggunakan lagi barang yang sudah tidak dipakai. Recycle memiliki arti mendaur ulang sampah.

Ilustrasi Anak Berkebun © Diadona

Cara terakhir untuk mengajarkan anak tentang menjaga lingkungan yaitu dengan sering-sering mengajak buah hati untuk berkebun. Ibu dan anak pun bisa menciptakan lingkungan itu sendiri dengan berkebun di halaman rumah. Sambil melakukan hal ini bersama, jelaskan peranan penting pohon, tumbuhan, dan bunga dalam kelestarian alam dengan bahasa yang mudah dimengerti olehnya.

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengajarkan anak tentang menjaga kebersihan lingkungan sedari dini. Semoga ulasan ini bermanfaat ya Mom dan selamat mencoba.

Beri Komentar