Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Membonceng Si Kecil dengan Aman

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 23 Januari 2021 09:17
Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Membonceng Si Kecil dengan Aman
Ini yang perlu diperhatikan.

Saat ini lagi ngetrend menggunakan sepeda baik untuk olahraga atau pergi ke sebuah tempat. Sepeda ini pun sangat cocok untuk perjalanan jarak dekat sekaligus bisa menyehatkan badan. Namun, apakah aman ya kira-kira membonceng anak kec dengan sepeda begini?

Sebagian orang tua mungkin masih ragu untuk melakukannya apalagi karena lebih banyak risiko yang mungkin sulit diperkirakan di jalanan. Meski cukup berisiko, membonceng buah hati dengan sepeda sebenarnya bisa dilakukan dengan aman tetapi perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1 dari 3 halaman

Pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan anak sudah cukup besar dan siap untuk dibonceng naik sepeda. Sebenarnya tak ada minimal usia tertentu anak umur berapa tetapi pastikan anak sudah bisa duduk dengan tegak di boncengan dan dapat pegangan pada ibu dengan erat.

Ilustrasi Ibu Membonceng Anak © Diadona

Berikutnya, pastikan si kecil selalu memakai helm. Ibu pun perlu memperhatikan saat membeli helm sepeda untuk anak yaitu yang sesuai dengan ukuran kepalanya dan tidak terlalu longgar. Ibu pun perlu memakai helm untuk memberikan contoh yang baik pada anak dan agar dia ikuti.

2 dari 3 halaman

Lalu, ibu pun pilih memilih boncengan yang memang khusus untuk anak kecil dan jangan hanya mengandalkan boncengan bawaan sepeda sebelumnya karena itu tidak sesuai dengan anak. Boncengan untuk si kecil ini biasanya memiliki sandaran punggung dan pijakan kaki yang akan membuat anak lebih aman.

Pastikan pula bahwa yang boleh membonceng si kecil ini yaitu ibu atau orang yang sudah besar. Jangan sampai membiarkan anak yang masih berusia 12 tahunan atau kurang yang membonceng anak karena sebagian dari mereka ini refleks dan koordinasinya tidak sebagus orang dewasa sehingga dikhawatirkan malah akan terjadi apa-apa pada si kecil.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bersepeda © Diadona

Ibu pun sebaiknya memilih rute yang aman untuk dilewati bersama anak. Hindari jalanan yang terlalu ramai, macet, berbatu, licin, atau medan lain yang memang sulit untuk dilewati. Selain itu, hindari bersepeda di malam hari bersama anak karena biasanya kalau malam penglihatan pun tidak terlalu jelas begitu pula dengan pengguna jalan lainnya apalagi ibu menggunakan sepeda.

Terakhir, jangan lupa untuk mengajak anak ngobrol selama bersepeda. Tujuannya tentu agar dia tidak ngantuk karena kalau tertidur dikhawatirkan anak nanti akan jatuh dan terbentur. Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan agar bisa bersepeda bersama anak dengan aman. Selamat mencoba ya Mom.

Beri Komentar