Beberapa Kebiasaan Baik Agar Anak Terhindar dari Flu

Reporter : Riza Umami
Senin, 25 Januari 2021 08:17
Beberapa Kebiasaan Baik Agar Anak Terhindar dari Flu
Ini Mom beberapa di antaranya.

Tak mudah memang menjaga anak agar selalu sehat setiap waktu. Apalagi jika buah hati adalah anak yang aktif dan punya segudang kegiatan meski di rumah. Terutama di masa pandemi seperti ini pun meski tak mudah tetapi ibu harus selalu berusaha untuk menjaga kesehatan anak dan diri sendiri.

Musim hujan begini, biasanya anak jadi rentan terserang flu. Meski bukan sakit yang serius, tetapi alangkah lebih baik mencegah anak terserang penyakit seperti ini. Ternyata, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan oleh buah hati agar terhindar dari flu. Kira-kira apa saja ya Mom?

1 dari 3 halaman

Dilansir dari laman hellosehat.com, ada beberapa kebiasaan sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah anak terserang flu. Yang pertama adalah rajin mencuci dan menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan ini memang salah satu cara yang efektif untuk mencegah anak dari berbagai penyakit termasuk virus.

Ilustrasi Mencuci Tangan © Diadona

Bahkan, hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian bahwa mencuci tangan bisa mengurangi risiko tertular penyakit pada anak yang masih usia sekolah. Biasakan buah hati mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah main atau pergi ke luar, setelah ke toilet, dan juga usai dia bertemu dengan orang lain atau temannya.

2 dari 3 halaman

Kebiasaan baik berikutnya yang perlu anak lakukan adalah menutup hidup dan mulutnya sewaktu bersin atau batuk. Meski terkesan sederhana, tetapi hal ini sebenarnya penting untuk dilakukan karena virus flu ini biasanya menyebar melalui udara.

Sebenarnya setiap orang tua penting untuk mengajarkan ini karena agar buah hatinya tak sampai menularkan virus flu pada temannya. Yang perlu diingat juga, jangan sampai menutup mulut saat bersin atau batuk hanya dengan tangan, tetapi gunakan tisu atau sapu tangan untuk mencegah penyebaran flu.

ilustrasi anak sekolah © Diadona

3 dari 3 halaman

Selanjutnya, jangan biarkan anak terbiasa menggunakan peralatan makannya secara bersamaan. Terkadang, anak suka berbagi makanannya dengan temannya dan mereka pun menggunakan peralatan makan secara bergantian. Padahal, secara tak disadari bisa terjadi penyebaran virus dengan cara ini, jika ada salah satu anak yang mengalami flu.

Oleh sebab itulah penting untuk membiasakan anak menggunakan peralatan makannya sendirian tanpa bergantian dengan temannya. Nah, itulah beberapa kebiasaan sehat agar buah hati terhindar dari penyakit flu. Semoga Mom dan anak sehat selalu ya. Selamat mencoba.

Beri Komentar