Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Mulai Terobsesi dengan Penampilannya?

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 25 Januari 2021 07:37
Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Mulai Terobsesi dengan Penampilannya?
Memperhatikan penampilan tentu nggak salah, tapi kalau sampai terobsesi bisa berbahaya Moms!

Melihat pertumbuhan dan perkembangan buah hati adalah hal yang sangat menakjubkan bagi orang tua. Kita menyaksikan langsung bagaimana mereka tumbuh dari masih menjadi bayi yang nggak bisa apa-apa sampai menjadi seorang anak yang akan menghadapi fase remaja sampai dewasa di masa depan.

Saat masih kecil, mereka mungkin nggak terlalu peduli dengan penampilan. Mudah rasanya memilihkan baju untuk digunakan anak tanpa mendengarnya banyak protes.

Tapi saat beranjak remaja, anak akan mulai memahami tentang penampilan. Apalagi saat mereka sudah diterpa konten-konten di internet yang membuat pemikiran tentang penampilan yang baik mulai terbentuk di kepala mereka.

Nyatanya beberapa anak bahkan berakhir terlalu terobsesi dengan penampilan mereka. Sebagai orang tua, tentu kita harus membantu anak untuk mengatasi hal ini.

Dilansir dari Moms.com, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1 dari 4 halaman

Perhatikan kebiasaan anak

ilustrasi anak dandan © Diadona

Meluangkan waktu untuk memperhatikan penampilan merupakan hal yang wajar karena mungkin kita juga melakukannya. Namun yang perlu kita perhatikan adalah kebiasaan anak yang mengarah ke tindakan obsesif.

Contohnya saat anak kita mulai menghitung kalori atau mulai nggak mau makan demi menjaga penampilannya. Kita perlu waspada saat keinginan untuk berpenampilan menarik mulai berubah menjadi terlalu kritis.

2 dari 4 halaman

Ajak anak bicara

ilustrasi anak dandan © Diadona

Terkadang yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah adalah dengan memulai sedikit percakapan dengan anak. Jika perlu, ungkapkan kecemasan yang kita rasakan dan mengajak anak untuk mendiskusikan hal itu.

Saat mengobrol dengan anak, kita bisa sekaligus membantu mereka merasa lebih tenang tentang penampilan mereka. Beberapa anak mungkin membutuhkan lebih banyak dukungan untuk bisa merasa percaya diri dengan penampilan mereka.

3 dari 4 halaman

Diskusikan tentang persepsi

ilustrasi anak dandan © Diadona

Penting bagi kita untuk mendiskusikan tentang persepsi secara terbuka. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah pandangan anak tentang estetika cukup sehat dan realistis.

Misalnya, anak kita mungkin butuh diingatkan bahwa konten di media sosial bukanlah gambar yang benar-benar nyata. Mereka harus belajar untuk membedakan hal itu dan menyadari bahwa penampilan di luar bukanlah yang utama.

4 dari 4 halaman

Jelaskan tentang pentingnya merawat diri

ilustrasi anak dandan © Diadona

Meski penampilan bukanlah yang utama, namun merawat diri tetap menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Semua orang tua tentu ingin anak mereka tetap dalam keadaan bersih dan rapi.

Nggak ada salahnya untuk memberikan dukungan pada anak tentang merawat diri. Yang penting kita harus tetap menjaga mereka untuk nggak terlalu terobsesi dengan hal tersebut.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

Beri Komentar