Kapan Anak Mulai Kehilangan Gigi Susu Mereka?

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 23 Januari 2021 07:37
Kapan Anak Mulai Kehilangan Gigi Susu Mereka?
Yuk, ketahui kapan anak akan mulai kehilangan gigi susu.

Tumbuh gigi pertama pada bayi menjadi sebuah momen yang mungkin terasa menakjubkan bagi kebanyakan ibu baru. Hal itu menunjukkan salah satu tahap pertumbuhan yang berhasil dicapai oleh buah hati kita.

Seiring dengan berjalannya waktu, gigi kecil anak akan mulai tumbuh untuk membantu mereka mengunyah makanan. Namun gigi tersebut merupakan gigi sementara yang sering kita sebut dengan gigi bayi atau gigi susu.

Gigi susu akan tanggal dan digantikan oleh gigi permanen saat anak semakin besar. Lantas kapan kira-kira anak akan kehilangan gigi susu mereka ya?

1 dari 4 halaman

ilustrasi anak sikat gigi © Diadona

Dilansir dari Mom.com, tentu setiap anak punya waktu mereka masing-masing untuk mengalami hal ini. Namun menurut American Dental Association, kebanyakan anak mulai kehilangan gigi susu pertama mereka di usia 6 atau 7 tahun.

Gigi susu anak akan hilang semua pada usia sekitar 12 tahun. Beberapa dokter gigi percaya bahwa gigi anak yang tumbuh lebih awal punya kemungkinan lepas lebih awal juga.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Hal itu juga terjadi pada anak-anak yang giginya tumbuh lebih lambat. Yang menariknya lagi, anak perempuan umumnya kehilangan gigi lebih awal dari anak laki-laki.

Menurut Mayo Clinic, kita bahwa bisa memprediksi urutan gigi tanggal pada anak. Biasanya anak akan mulai kehilangan gigi depan bawah dan kemudian gigi depan atas.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Selanjutnya gigi seri dan geraham lateral juga akan mulai tanggal. Tapi biasanya geraham primer nggak akan rontok sampai usia 10-12 tahun.

Ada baiknya kita mengunjungi dokter gigi jika gigi atas atau belakang anak lepas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah gigi anak sudah tumbuh sebagaimana mestinya.

4 dari 4 halaman

Gigi dewasa biasanya nggak mulai tumbuh sampai gigi susu tanggal. Tapi nggak jarang bayi beberapa anak mengalami gigi dewasa yang tumbuh sebelum gigi susu tanggal.

Jika gigi dewasa sudah tumbuh lebih dari setengan dan gigi susu masih belum tanggal, sebaiknya kita segera berkonsultasi dengan dokter. Gigi bayi mungkin perlu dicabut sekaligus mengecek apakah ada gigi dewasa yang bengkok atau berubah warna.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar