Anak Selalu Lepeh Makanan, Ini Cara Tya Ariestya Mengatasinya

Reporter : Riza Umami
Kamis, 17 Desember 2020 08:17
Anak Selalu Lepeh Makanan, Ini Cara Tya Ariestya Mengatasinya
Cara mengatasi anak yang selalu lepeh makanan.

Anak sulit makan bahkan selalu melepehkan makanan yang masuk ke mulutnya tentu bisa menjadi masalah untuk ibu. Mom pun berusaha mencari jalan agar si kecil mau makan dan tidak melulu melepehkan makanannya.

Hal ini ternyata juga dialami oleh Kalundra yaitu anak dari artis Tya Ariestya. Dia menceritakan melalui postingan IG-nya. Dari awal setiap makanan yang masuk ke mulutnya Kalundra, pasti akan selalu ia lepeh.

1 dari 4 halaman

Kemudian, Tya pun memutuskan untuk konsultasi ke dokter tumbuh kembang anak dan diagnosisnya ternyata gerakan lidah anak Tya tersebut hanya bisa depan dan belakang. Padahal seharusnya untuk mengunyah dan menelan makanan, perlu gerakan ke depan belakang, kanan kiri dan juga memutar.

Akhirnya, dokter pun memutuskan kalau Kalundra perlu menjalani therapy oral motor dan sensory integrasi. Namun, hal yang dikhawatirkan dan biasanya terjadi adalah anak jadi telat bicara, tetapi yang penting sekarang adalah agar anak mau makan dan tidak terus-terusan melepehkan makanannya agar si kecil tidak kekurangan gizi.

      View this post on Instagram

A post shared by Tya Ariestya (@tya_ariestya)

2 dari 4 halaman

Dalam unggahan tersebut, Tya menuliskan beberapa hal yang perlu Kalundra lakukan dalam menjalani therapy oral motor dan sensory integrasi.

Pertama therapy oral motor untuk melatih segala macam otot mulut anak. Yang perlu dilakukan:
1. Biarin anak memasuk-masukkan tangan ke mulut sepuasnya asalkan tangannya bersih.
2. Menggunakan mainan khusus yang biasanya untuk digigit-gigit oleh anak. Bisa beli di ecommerce.
3. Pelan-pelan coba untuk memberikan makanan-makanan enak pada buah hati. Mom tak perlu takut anak kekurangan gizi karena ada susu tambahan untuk memenuhi gizi anak. Tya sendiri mendapatkannya dari dokter gizi anak.

3 dari 4 halaman

Kemudian therapy sensory integrasi yang bisa dilakukan dengan cara:
1. Naik turun tangga.
Ternyata meski sepele, kegiatan yang satu ini bagus untuk anak dan berhubungan dengan keseimbangan yang akan menjadi fondasi apa pun untuk si kecil.
2. Naik ayunan sampai berdiri.
Walau terlihat berbahaya, sebenarnya hal ini sangat bagus untuk melatih keseimbangan anak dan bisa mempengaruhi ke makannya pula.
3. Main trampolin dan segala macam permainan yang berhubungan dengan gravitasi.
4. Bermain segala macam tekstur yang bisa anak pegang dengan tangannya. Semakin banyak tekstur yang dikenalkan pada anak maka ini pun akan mempengaruhi ke tekstur yang masuk ke mulut anak dari berbagai makanan.

4 dari 4 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by Tya Ariestya (@tya_ariestya)

Dengan melakukan terapi makan selama dua bulan ini, Kalundra pun perlahan sudah bisa melakukan beberapa gerakan dan tak hanya ke depan belakang. Hebatnya lagi, kini dia pun sudah bisa makan. Wah, seneng banget ya Mom kalau lihat anak udah lancar makan begini.

Nah itulah terapi makan Kalundra. Semoga anak ibu yang masih sulit makan dan selalu dilepeh bisa segera makan ya. Untuk Mom yang anaknya susah makan, boleh berbagi cerita di kolom komentar ya.

Beri Komentar