5 Ciri Aneh yang Bisa Diwarisi Anak dari Orang Tua Mereka

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 15 Desember 2020 07:37
5 Ciri Aneh yang Bisa Diwarisi Anak dari Orang Tua Mereka
Yuk, ketahui apa saya yang bisa diwarisi anak dari orang tua!

Masih ingat pepatah lama yang berbunyi "buah jatuh tak jauh dari pohonnya"? Ungkapan itu biasanya digunakan untuk menunjukkan anak yang punya kesamaan dengan orang tua mereka.

Mewarisi kelakuan hingga rupa orang tua tentu menjadi hal yang cukup umum terjadi pada anak. Gimana enggak? Sejak lahir anak mulai melihat dan belajar dari orang tua mereka sendiri.

Makanya nggak heran kalau orang tua sering disebut sebagai guru pertama anak. Orang tua punya peran penting untuk menjadi contoh terbaik bagi anak-anak mereka.

Sementara itu, dilansir dari Times of India, ada beberapa ciri aneh yang bisa diwarisi anak dari orang tua mereka. Penasaran apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 5 halaman

Penampilan fisik

Ilustrasi Anak Bahagia © Diadona

Nggak mengherankan kalau anak punya warna mata, warna rambut, hingga bentuk telinga yang sama dengan orang tuanya. Tentu mereka mewarisi penampilan fisik tersebut dari orang tua yang telah melahirkannya.

Bahkan beberapa anak bisa sangat mirip dengan salah satu orang tuanya. Tapi beberapa juga bisa menjadi perpaduan dari keduanya.

2 dari 5 halaman

Faktor genetik

ilustrasi anak sakit © Diadona

Gen orang tua memengaruhi kehidupan anak dalam banyak hal. Bahkan bisa lebih jauh dan luas dari sekedar penampilan fisik.

Banyak anak yang mengalami kondisi tertentu, seperti punya sakit bawaan, karena faktor genetik. Hal ini yang perlu segera kita ketahui agar nggak membahayakan anak.

3 dari 5 halaman

Ekpresi wajah

ilustrasi anak malas © Diadona

Bahkan anak bisa mewarisi ekspresi wajah orangtuanya. Hal ini nggak terjadi karena mereka terlalu banyak menghabiskan waktu dengan kita.

Justru ekspresi wajah yang serupa terjadi karena gen yang kita wariskan. Kondisi ini biasanya terjadi pada anggota keluarga yang sama.

4 dari 5 halaman

Pilihan makanan

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Orang tua yang senang makan manis biasanya juga mewariskan kebiasaan itu pada anak. Jadi jangan heran kalau anak juga gemar dengan jenis makanan manis yang nggak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bahkan kecenderungan mengonsumsi makanan manis ini nggak bisa disembuhkan lho. Anak-anak biasanya sulit merasa puas saat mulai mengonsumsi makanan manis.

5 dari 5 halaman

Rutinitas tidur

Ilustrasi Anak Sakit © Diadona

Gen juga bisa memengaruhi rutinitas tidur pada anak. Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi mungkin nggak bisa dilakukan jika hal itu nggak ada dalam gen.

Sebuah studi menunjukkan bahwa genetik memengaruhi rutinitas seseorang. Apakah dia adalah orang yang bisa beraktivitas di pagi hari, atau justru malam hari.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar