4 Nasihat Kepada Anak Ketika Sudah Mulai Main Media Sosial

Reporter : Yoyok
Sabtu, 15 Juli 2023 12:07
4 Nasihat Kepada Anak Ketika Sudah Mulai Main Media Sosial
Salah satunya yaitu hati-hati bermain dengan kata atau kalimat.

Di era digital seperti sekarang ini, media sosial telah menjadi "taman bermain" semua orang. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di media sosial, seperti sekedar curhat, jualan, atau mencari teman. Tapi, medsos juga bisa menjadi sebuah boomerang dan akhirnya merugikan penggunanya sendiri.

Tak cuma mereka yang remaja dan dewasa, anak-anak kini juga sudah banyak yang bermain media sosial. Padahal, seperti disebutkan sebelumnya kalau medsos bisa berbahaya bagi penggunanaya sendiri, maka anak perlu pengawasan yang lebih ketat.

Orang tua tidak bisa mengawasi anaknya bermain media sosial setiap waktu. Namun, ada beberapa hal yang bisa orang tua berikan sebagai bentuk pengawasan anak bermain media sosial, salah satunya dengan bentuk nasihat.

Dikutip dari Halodoc, berikut ini adalah beberapa nasihat yang patut diberikan kepada anak ketika sudah mulai bermain media sosial.

1 dari 5 halaman

Bijak Dalam Penggunaan Kata dan Kalimat

Sebuah status di media sosial yang hanya berupa tulisan dapat membuat mewreka yang membacanya mendapatkan berbagai makna alias ambigu. Bisa saja kamu menuliskan candaan, namun mereka yang membaca malah tersinggung. Anak-anak pun riskan akan hal ini karena rentan mengatakan sesuatu yang impulsif.

Maka dari itu, untuk orang tua bisa mengatakan kepada anak-anaknya untuk berhati-hati dalam menggunakan kata atau kalimat saat bermain medsos. Hindari menggunakan huruf kapital, karena akan terkesan marah-marah.

2 dari 5 halaman

Media Sosial Bukan Tempat Memusuhi Orang Lain

Medsos bukanlah tempat untuk bergosip atau bergunjing. Kalimat-kalimat sindiran bisa diartikan sebagai genderang permusuhan.

Beritahu anak bahwa media sosial bukan tempat untuk saling menghujat atau memusuhi orang. Tidak baik untuk ngomongin orang ketika yang dibicarakan tidak bisa membela diri.

Ilustrasi Anak Main HP © Diadona

3 dari 5 halaman

Tidak Ada Postingan yang Tidak Permanen

Semua yang ada di online pada dasarnya bersifat permanen, termasuk postingan di media sosial. Maksudnya adalah segala sesuatu yang sudah kamu posting di medsos tidak dapat kamu kendalikan setelahnya.

Informasi sekecil apapun kalau sudah masuk medsos maka tidak bisa ditarik lagi. Maka dari itu, jangan biarkan anak mencantumkan infomasi pribadinya di media sosial, karena bisa saja suatu hari disalahgunakan.

4 dari 5 halaman

Hindari Ngobrol dengan Stranger

Sebenarnya nasihat untuk menghindari ngobrol dengan orang asing berlaku juga kepada anak-anak dan juga yang sudah dewasa. Ingat, banyak predator di internet mencari korban, terutama anak-anak.

Beritahu anak kalau mereka tidak perlu mencantumkan infomasi pribadi di media sosial. Contohnya seperti alamat rumah, sekolah di mana, foto pribadi, ataupun nama lengkap sekalipun.

Beri Komentar