Gak Perlu Takut, Ini 4 Cara Meminta Izin kepada Orang Tua Untuk Tinggal di Kos

Reporter : Yoyok
Kamis, 13 Juli 2023 13:15
Gak Perlu Takut, Ini 4 Cara Meminta Izin kepada Orang Tua Untuk Tinggal di Kos
Sering kali orang tua tidak siap untuk melepas kepergian anaknya.

Beberapa waktu lalu, postingan MOna Ratuliu di Instagram mencuri perhatian. Mona memposting momen ketika anaknya, Mima Shafa, presentasi untuk meminta izin tinggal di kos. Caranya yang unik untuk meminta izin pun mencuri perhatian.

Hal ini Mima lakukan karena ada beberapa alasan yang membuatnya harus ngekos. Mulai dari jarak rumah yang jauh dari kampus, hingga belajar mandiri.

Sering kali momen ketika meminta izin kepada orang tua untuk ngekos jadi hal yang sulit dilakukan. Tentunya banyak orang tua yang tidak rela anak kesayangan harus mulai menjauh dan tidak tinggal di rumah lagi.

Buat Diazens yang ingin minta izin ngekos kepada orang tuanya, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu.

1 dari 5 halaman

Jangan Memaksakan Kehendak

Jika kamu sangat butuh untuk tinggal di kos, jangan sampai memaksakan kehendakmu tersebut, apalagi dengan emosi. Kalaupun saat bilang namun ujungnya berdebat, tetaplah tenang dalam melakukannya.

Jika kamu emosi, maka ada kemungkinan orang tuamu juga ikutan emosi. Kalau bicara dengan keduanya terasa sulit, mungkin kamu bisa mencoba untuk ngomong dulu ke ibu atau salah satu yang kamu rasa bakal lebih tenang.

2 dari 5 halaman

Sertakan Alasan

Saat meminta izin untuk tinggal di kos, jangan lupa untuk mengatakan alasannya. Mungkin karena jarak yang cukup jauh, atau ingin hidup mandiri.

Jangan cuma modal alasan, penyampaianmu juga harus diperhatikan. Jika alasanmu kuat serta penyampaianmu bagus, maka kemungkinan besar kamu dibolehkan untuk ngekos.

Ilustrasi Ibu dan Anak

3 dari 5 halaman

Beri Orang Tua Waktu Untuk Berpikir

Jangan minta orang tua untuk langsung membuat keputusan setelah kamu meminta izin. Semua keputusan perlu untuk dipikirkan dan dipertimbangkan, termasuk mengizinkanmu untuk ngekos.

Maka dari itu, kamu harus meminta izin orang tuamu jauh-jauh hari. Karena kalau mepet, keputusannya pun akan dirasa tidak ikhlas.

4 dari 5 halaman

Tahu Keinginan Orang Tua

Saat kamu diberi izin untuk ngekos, maka kamu harus membuat kesepakatan dengan mereka. Contohnya seperti berapa hari sekali kamu pulang ke rumah, kriteria kos-kosan tertentu, hingga aturan jam malam.

Namun, saat tidak dibolehkan, maka kamu harus hargai keputusan kedua orang tuamu. Tentunya orang tua memiliki banyak pertimbangan dan alasan tertentu untuk tidak mengizinkanmu ngekos.

Beri Komentar