Tak Perlu Ragu dan Takut, Ini 6 Cara Mendekati Anak Sambung

Reporter : Yoyok
Selasa, 11 Juli 2023 15:15
Tak Perlu Ragu dan Takut, Ini 6 Cara Mendekati Anak Sambung
Mendekati anak sambung atau tiri memang susah-susah gampang.

Membina keluarga baru memang tidaklah mudah. Terlebih lagi jika pasangan barumu sudah memiliki anak sebelumnya. Sebagai orang tua sambung, tentu tidaklah mudah untuk mengambil hati anak sambung.

Apalagi jika si anak sambung sudah besar atau remaja. Tentu akan ada rasa ragu dan takut untuk bisa akrab dengannya.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Meski susah-susah gampang, bukan hal yang tidak mungkin untuk merebut hati si anak sambung tersebut. Dikutip dari Psychcentral, berikut ini adalah deretan cara untuk merebut hati anak sambung.

1 dari 7 halaman

Jadilah Teman

Hubungan tidak ada yang instan. Butuh waktu atau proses dalam membangun sebuat keterikatan antara orang tua dan anak sambung.

Tidak apa-apa jika kamu pada awalnya belum memiliki rasa cinta kepada anak sambung, begitu juga sebaliknya. Namun, bukan berarti kalian musuhan ya. Jadikan anak sambung sebagai teman untuk saat ini juga sudah cukup.

Bersikaplah terbuka, hadir di kehidupannya secara konsisten, serta selalu baik kepadanya, layaknya seorang sahabat.

2 dari 7 halaman

Beri Anak Sambung Ruang

Biarkan si anak sambung untuk berdiri sendiri alias mandiri. Butuh waktu baginya untuk bisa menerimamu dalam kehidupannya. Mungkin dalam waktu singkat, atau bertahun-tahun sekalipun.

Perpisahan orang tua mereka memang bikin sedih dan butuh waktu untuk mengatasinya. Maka dari itu, jangan ragu untuk memberi mereka ruang sendiri, meskipun butuh waktu yang lama.

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

3 dari 7 halaman

Ajak Jalan-jalan

Jika hubunganmu dengan anak sambung sudah semakin baik, maka jangan ragu untuk mengajaknya jalan-jalan. Lakukan kegiatan tersebut hanya untuk kalian berdua, kamu dan si anak sambung.

Walaupun sedikit menegangkan, namun cara ini sangat bagus untuk meningkatkan bonding atau keterikatan. Menghabiskan waktu dengan si anak sambung nantinya akan menciptakan hubungan yang baik.

4 dari 7 halaman

Dukung Keinginan Anak Sambung

Mendukung keingan si anak sambung memang sangat penting. Dengan begini, mereka akan menganggap orang tua sambung mereka berada di sisinya dan akan selalu mendukung.

Kamu bisa membantunya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, hadir dalam event-event penting mereka, serta melakukan hal yang si anak sambung sukai.

Ilustrasi Ibu dan Anak Remaja © Diadona

5 dari 7 halaman

Diskusi dengan Pasangan

Kamu bisa curhat dengan pasangan tentang bagaimana mendekati si anak sambung. Tentunya pasangan akan lebih mengenal karena anak kandungnya.

Kamu juga bisa sepakat terlebih dahulu dengan pasangan hubungan seperti apa nantinya yang akan terjalin antara kamu dan si anak sambung. Contohnya seperti ketika anak nakal atau berperilaku tidak baik.

Kamu yang belum terlalu mengenalnya akan sangat riskan untuk langsung berperilaku keras padanya.

6 dari 7 halaman

Hormati Orang Tua Kandungnya

Jangan sekali-kali kamu menjelekkan orang tua kandungnya di depan si anak sambung. bagaimanapun juga, mereka tetap orang tua kandung si anak sambung yang tetap memiliki tempat di hati kecilnya.

Hormati orang tua kandung mereka yang tentunya memiliki ikatan yang lebih lama darimu. Selain itu, jangan cemburu jika mereka sangat bahagia ketika bisa menghabiskan waktu dengan orang tua kandungnya.

7 dari 7 halaman

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Mengambil hati si anak sambung memang susah-susah gampang. Maka dari itu, jangan menyerah ya Diazens.

 

Beri Komentar