25 Nama Nabi Secara Berurutan Beserta Kisah dan Keteladananya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 30 Desember 2021 20:18
25 Nama Nabi Secara Berurutan Beserta Kisah dan Keteladananya
Yakin hapal dengan semua nama nabi dan urutannya?

Secara umum, kita mengetahui ada 25nama nabi dan rasul. Namun berbagai literatur menyebut bahwa ada setidaknya ada ratusan ribu nabi dan lebih dari 2300 rosul. Jumlah pasinya belum tak diketahui.

Nah lalu mengapa kita hanya mengenal 25 nama nabi saja?

Sebenarnya ini berkaitan dengan siapa yang disebut dengan nabi maupun rasul. Melansir Muslim.or.id seperti yang diringkas dari Aqidah Al Islamiyah, karya Syaikh Umar Sulaiman Al Asyqar, hal 92-64, seorang Rasul menerima syariat yang baru dan diiperintahkan untuk menyampaikan kepada kaumnya. Nabi juga diutus untuk menyampaikan namun nggak membawa syariat baru, hanya menjalankan serta mendakwah syariat yang dibawa oleh Rasul sebelumnya.

Sehingga kemudian didapatkan definisi bahwa seluruh Rasuh adalah Nabi namun tak semua nabi adalah Rasul. Dan mengacu paa berbagai sumber, kemungkinan ada 120 ribu orang Nabi tanpa diketahui pasti berapa jumlah aaslinya serta ada 300 Rasul tanpa diketahui berapa jumlahnya.

Meski demikian, ada 25 nama Nabi dan Rassul yang wajib diketahui dan diian, dan berikut urutan serta kisahnya.

1 dari 5 halaman

Nama Nabi © Diadona

1. Nabi Adam

Merupakan nama Nabi yang pertama kali diciptakan langsung oleh tangan Allah dari tanah liat dan jiwanya langsung ditiupkan oleh Yang Mahakuasa sendiri.

2. Nabi Idris

Adalah keturunan ke enam dari Nabi Adam AS dan merupakan nama nabi kedua setelah belau. Nabi Idris dikenal dekat dengan dengan Malaikat Izroil dan semasa hidupnya pernah mengintip neraka dan surga sebelum kematian menjemput.

3. Nabi Nuh

Mendengar nama Nabi Nuh mungkin akan membuat kamu tringat dengan kisah kapal serta banjir yang menenggelakan umatnya yang tak mau bertaubat.

4. Nabi Hud

Sama halnya dengan kisah Nabi Nuh, kaum Aad yang hidup di masa Nabi Hud yang tak mau beriman kepada Allah ditimpa adzab berupa kekeringan. Nabi Hu mendapatkan mukjizat dapat menurunkan hujan atas seizin Allah.

5. Nabi Shaleh

Beliau dikaruniai mukjizat berupa lahirnya unta betina dari bongkahan batu gunung. Unta trsebut bisa memenuhi kebutuhan umat kala itu. Tapi alih-alih bertaubat, umat Nabi Hud malah membunuh unta itu.

2 dari 5 halaman

Nama Nabi © Diadona

6. Nabi Ibrahim

Diantara nama nabi, Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapak para Nabi. Kenapa? Karena merupakan bapak dari Nabi Ismail yang menjadi garis keturunan Nabi Muhammad dan Nabi Iskak yang kelak akan melahirkan Nabi Yakub.

7. Nabi Luth

Nabi Luth diutus oleh Allah untuk menyadarkan kaum Sodom yang melakukan kebiasaan berhubungan sesama jenis. Berbagai usaha dilakukannya tapi tak berhasil hingga akhirnya Allah memberikan azb kepada mereka.

8. Nabi Ismail

Dalam kisah 25 nama nabi, nabi Ismail memiliki mukjizat yang bisa kita lihat hingga saat ini, yakni keberadaan sumur ZamZam.

9. Nabi Ishaq

Adalah nabi dengan ilmu dan akhlak yang tinggi. Ditambah, kesalehan beliau mendapatkan pujian langsung dari Allah SWT.

10. Nabi Ya'qub

Dari beliau kita bisa melihat teladan sikap seorang ayah yang tidak membeda-bedakan anaknya dan memberikan maaf saat mereka salah. Nama nabi Ayub tertulis sebagai salah satu teladan kerukunan dalam bersaudara.

3 dari 5 halaman

Nama Nabi © Diadona

11. Nabi Yusuf

Nama nabi Yusuf termasyur karena ketampanannya. Tapi tahukah kamu kalau Nabi Muhammad ternyata dikaruniu ketampanan yang jauh lebih banyak. Hanya saja, Allah menurunkan 10 tirai untuk menutupi tampannya nabi Muhammad dan membuka satu tirainya di dunia.

12. Nabi Ayyub

Nabi Ayyub mendapatkan ujian yang sangat berat oleh Allah diantaranya penyakit kulit yang menyedihkan, kehilangan 12 anak serta hilangnya harta benda. Namun belaiu masih malu meminta kepada Allah sebab nikmat yang Allah berikan dirasa lebih banyak daripada kesedihannya.

13. Nabi Syuaib

Nama Nabi Syu'aib AS adalah nabi yang mendapat julukan Khatib al-Anbiya atau juru bicara para Nabi. Ini karena beliau dikenal dengan argumen yang jelas dan mudah dipahami.

14. Nabi Musa

Nabi Musa adalah nama nabi yang paling banyak disebut dalam Al-Quran,

15. Nabi Harun

Berbeda dengan adik sekaligus temannya yakni Nabi Musa, nama Nabi Harun lekat dengan kelembutan.

4 dari 5 halaman

Nama Nabi © Diadona

16. Nabi Dzulkifli

Nama asli nabi Zulkifli adalah Basyar. Nama beliau berganti karena belaiu diangkat menjadi raja setelah menang dalam sayembara yang mempersyaratkan sosok yang sabar, bertakwa, berpuasa di siang hari dan beribadah di malam hari serta nggak marah. Zulkifli berarti orang yang menempati janji.

17. Nabi Daud

Beragam kisah 25 nama nabi menyebut bahwa Nabi Daud punya suara yang merdu, yang membuat gunung dan burung ikut bertasbih bersamanya.

18. Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman disebut dapat berbicara dengan hewan. Beberapa ksiah juag menyebuta bwha nabi Sulaiman memiliki banyak istri, meski tak diketahui berapa jumlah pastinya.

19. Nabi Ilyas

Tafsir Ibnu Katsir menyebut bahwa nabi Ilyas terpaksa selalu berpindah tempat. Kadang tinggal di rumah orang yang memercayainya, kadang di sebuah gua. Sejumlah sumber juga menyebut bahwa rumah yang disinggahi beliau pasti akan tercium bau makanan.

20. Nabi Ilyasa

Setelah ajaran nabi Ilyasa tak diindahkan oleh Bani Israil dengan terus menyembah berhala, Allah menimpakan adzab kepada mereka. Satu persatu, penduduk meninggal lantaran tak kuat menahan derita hingga cuman bersisa Nabi Ilyasa dan pengikutnya.

5 dari 5 halaman

Nama Nabi © Diadona

21. Nabi Yunus

Ajakan bertaubat dan menyembah kepada Allah yang diserukan oleh Nabi Yunus tak diindahkan oleh kaumnya. Marah, beliau lalu berjalan menyisir pantai dan kapal yang ditumpanginya lalu kelebihan muatan. Dalam undian, nama Nabi Yunus keluar sebagai salah seorang yang dilempar ke lautan lalu dimakan ikan.

22. Nabi Zakaria

Nabi Zakaria AS adalah sosok yang menjaga, mengasuh, dan merawat Maryam (Ibunda Nabi Isa AS).

23. Nabi Yahya

Semasa muda, Nabi Yahya As dikenal sangat cerdas bahkan mampu menghafal isi Taurat di usia yang cukup belia.

24. Nabi Isa

Nabi Isa dikenal dengan gelar Ulul Azmi dengan daftar mukjizat yakni:

  • Dapat berbicara semenjak bayi
  • Membuat burung dari tanah liat
  • Menyembuhkan penyakit vertigo
  • Menghidupkan kembali orang mati
  • Menyembuhkan orang buta
  • Lahir tanpa seorang ayah
  • Diangkat ke langit oleh Allah

Nabi Muhammad

Diantara 25 nama nabi mungkin kamu paling sering mendengarkisah beliau. Al Hafiz Ibnu Katsir dalam Sirah Nabi Muhammad SAW menyebutkan beberapa keistimewaan Rasulullah SAW dibanding utusan yang lain, yakni:

Dari Jabir ibn Abdullah berkata, “ Rasulullah bersabda, “ Aku telah diberi lima perkara yang tidak diberikan kepada seorang Nabi pun sebelumku: (1) aku ditolong dengan rasa takut yang menghinggapi musuh-musuhku dari jarak sebulan perjalanan, (2) bumi ini dijadikan bagiku sebagai tempat sujud dan alat bersuci, maka di mana saja seseorang dari umatku mendapati waktu shalat telah tiba, hendaklah dia mengerjakannya, (3) dihalalkan bagiku harta rampasan perang yang belum pernah dihalalkan bagi seorang Nabi pun sebelumku, (4) diberikan kepadaku hak untuk memberikan syafaat, dan (5) dahulu para Nabi diutus hanya kepada kaumnya saja, sedangkan aku diutus kepada seluruh manusia.” (HR Bukhari).

Wallahualam.

Beri Komentar