Bukan Pakai Handphone, Siswa Ini Gunakan HT saat Proses Belajar Online di Sekolah!

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 27 Juli 2020 13:30
Bukan Pakai Handphone, Siswa Ini Gunakan HT saat Proses Belajar Online di Sekolah!
Guru dan siswa ini gunakan handy talkie (HT) saat proses belajar mengajar.

Pandemi corona saat ini memang membawa pengaruh yang cukup signifikan ya, salah satunya di dunia pendidikan. Adanya peraturan social distancing membuat banyak sekolah menerapkan sistem pembelajaran secara online.

Masalahnya, nggak sedikit juga nih siswa maupun daerah yang masih punya masalah keterbatasan sinyal. Sebagai gantinya, ada juga sekolah yang menggunakan alat komunikasi alternatif lainnya.

Salah satunya, siswa dan guru dalam video yang diunggah oleh warga Twitter dengan akun @kondekturbus_ ini.

1 dari 3 halaman

Berbeda dengan kebanyakan siswa yang memakai laptop atau smartphone, para murid dan guru ini menggunakan Handy Talkie (HT) dalam proses pembelajaran.

" Mohon maaf, para intel lagi ga pada jualan bakso, HT nya dipake buat kelas online. Kelas satu masuk... Ibu guru out... Roger... Copy," tulis akun tersebut.

Dalam video yang diunggahnya itu, terlihat seorang bocah laki-laki yang sedang menulis sambil mendengarkan instruksi sang guru dari HT yang ada di dekatnya.

2 dari 3 halaman

Memberi instruksi melalui HT

Sekolah pakai HT © Diadona

Terdengar, suara sang guru menginstruksikan tugas yang harus dikerjakan muridnya lengkap dengan cara mengumpulkan. Guru itu juga nggak lupa nih mengingatkan muridnya buat memakai masker saat mengumpulkan.

Di akhir ucapannya, ibu guru itu mengucapkan kata " ganti" yang mengisyaratkan muridnya boleh menanyakan hal apapun yang kurang jelas dari instruksinya.

" Ibu kasih waktu 30 menit untuk mengerjakan, setelah itu kalian anar ke sekolah ya satu-satu. Jangan lupa maskernya dipakai, ganti," ucap sang guru.

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Sampai sekarang, video ini pun mendapat lebih dari tujuh ribu likes dan lima ribu lebih retweet. Tentu aja, netizen nggak ketinggalan memberikan berbagai respon di kolom komentar.

" Tetap semangat dalam keterbatasan, terharu :')" tulis akun @arahkanan_.

" Disatu sisi lucu tapi di sini lain sangat menggambarkan wajah pendidikan online di Indonesia. Ada yang leyeh2 sambil tidran pake Mac book pro, ada yg serisu sambil denger HT, ada pula yg tidak bisa belajar karena memang tidak memungkinkan," komentar akun @efralx.

Tetap semangat ya untuk adik-adik dan semua pelajar yang harus belajar online. Kalau menurut kamu, gimana nih setelah melihat video ini?

Beri Komentar