Viral Video Curhat Perawat Pasang Kateter ke Pasien Pria, Ternyata Mahasiswa Praktik

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 2 Juni 2022 13:09
Viral Video Curhat Perawat Pasang Kateter ke Pasien Pria, Ternyata Mahasiswa Praktik
Pihak kampus telah ambil tindakan untuk menertibkan mahasiswa tersebut

Kasus video TikTok viral yang dibuat oleh seorang perawat yang berisi curhatannya tentang pengalaman memasang kateter untuk pasien laki-laki telah menemukan titik terangnya.

Pihak RSUD Wonosari sebagai rumah sakit tempat perawat itu bekerja telah menegaskan bahwa sosok pemilik akun TikTok @Moditabok itu bukanlah bagian dari pegawai rumah sakit mereka, melainkan mahasiswa praktikan. prak

"Kami dari RSUD Wonosari menyampaikan bahwa yang bersangkutan bukan merupakan pegawai RSUD Wonosari, tetapi mahasiswa dari Universitas X yang sedang praktik di RSUD Wonosari," terang pihak rumah sakit melalui rilis resmi di akun media sosial mereka.

Pihak RSUD Wonosari teah menyerahkan kasus ini pada manajemen untuk kemudian diserahkan pada universitas yang menaungi mahasiswa praktikan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by RSUD Wonosari (@rsud_wonosari)

1 dari 5 halaman

Latar belakang si perawat di video TikTok viral itu juga telah diketahui. Pemilik akun @Moditabok ternyata merupakan mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa).

Pihak universitas juga telah mengeluarkan pernyataan resmi seputar kasus tersebut dan mengaku akan segera menindak tegas si pelaku.

" Terkait kasus tersebut, kamis sudah koordinasi dengan kaprodi keperawatan dan dekanat Fikes. Benar, itu mahasiswa Unisa Yogya," tulis pihak universitas lewat akun Twitter resmi @unisa_yogya.

2 dari 5 halaman

Sebagai bagian dari langkah peninadakan, pihak Unisa Yogya telah melakukan tiga hal, yakni memperingatkan/menegur mahasiswa yang bersangkutan, menarik mahasiswa tersebut dari tempat praktiknya, meminta maaf pada pihak rumah sakit dan seluruh jajarannya.

Klarifikasi Unisa Yogyakarta © Diadona

3 dari 5 halaman

Sebelumnya, pihak universitas menjelaskan bahwa mahasiswa praktik tersebut sudah mendapat pembekalan, termasuk tentang aspek etika selama di tempat praktik.

" Sebelum mahasiswa terjun ke lahan praktik/RS, mahasiswa telah mengikuti kegiatan pembekalan baik yang berupa kompetensi keahlian maupun pembekalan aspek etika, termasuk menjaga privasi klien, keselamatan kerja, dan keslamatan pasien. Sebelumnya mereka juga sudah lolos ujian pra klinik," terang pihak Unisa Yogyakarta.

4 dari 5 halaman

Akun TikTok @Moditabok mendadak viral usai videonya yang menyebar ke berbagai media sosial. Di video tersebut, @Moditabok yang berpakaian perawat menceritakan tentang pengalamannya memasang kateter ke seorang pasien laki-laki.

" Ketika aku harus masang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," tulis akun @Moditabok dalam video dengan disertai beberapa emoji.

Video itu lalu meluas ke ranah Twitter setelah diunggah ulang oleh akun @AREAJULID. Tindakan mahasiswi keperawatan itu dikecam banyak pihak karena apa yang ia lakukan telah tergolong sebagai bentuk pelecehan.

Beri Komentar