Agar Tumbuh Kembang Janin Optimal, Ini Tips Membuat Ibu Hamil Doyan Makan

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 14 September 2022 10:57
Agar Tumbuh Kembang Janin Optimal, Ini Tips Membuat Ibu Hamil Doyan Makan
Jangan lupa makan ya, Moms.

Cara membuat ibu hamil doyan makan memang tidak semudah yang dibayangkan. Meski banyak cara yang bisa dilakukan, tapi terkadang, cara itu juga tidak mempan membuat ibu hamil segera doyan makan.

Terutama, bagi para Moms yang usia kehamilannya trimester satu, pasti nafsu makannya akan menurun. Pasalnya, di trimester satu Moms akan mengalami morning sickness. Morning sickness merupakan suatu kondisi dimana ibu hamil mengalami mual, dan muntah.

1 dari 4 halaman

Akibat mual muntah tersebut, ibu hamil pun akan mudah lemas dan tidak nafsu makan. Tapi perlu diingat, meski mengalami morning sickness, Moms pun tetap punya kewajiban memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya agar tumbuh kembang bayi optimal.

2 dari 4 halaman

Melansir beberapa sumber, tips mudah membuat ibu hamil doyan makan adalah dengan merubah polanya. Kalau sebelum hamil Moms langsung dalam porsi yang besar, maka kini harus diubah. Ketika hamil, Moms bisa makan dengan pola sedikit tapi sering. Dengan pola makan seperti itu, pasti morning sickness pun akan berkurang. Kemudian, kebutuhan nutrisi pun bisa terpenihi dengan baik.

Perlu diketahui, ibu hamil direkomendasikan untuk makan besar setidaknya 5-6 kali sehari. Tapi ingat ya Moms, cukup dengan porsi kecil saja, jangan terlalu banyak.

3 dari 4 halaman

5-6 kali makan juga bisa termasuk dengan camilan sehat. Camilan sehat yang bisa dikonsumsi ibu hamil bisa berupa buah. Pasalnya, buah kaya akan serat sehingga bisa membuat perut Moms menjadi lebih kenyang.

Untuk menambah asupan protein, Moms juga bisa mengonsumsi susu ibu hamil. Perhatikan juga asupan gizinya yang harus benar-benar seimbang.

Beri Komentar