5 Fakta Tentang Tanda Lahir pada Bayi yang Perlu Moms Tahu

Reporter : Mila
Sabtu, 10 September 2022 10:57
5 Fakta Tentang Tanda Lahir pada Bayi yang Perlu Moms Tahu
Tanda lahir tiap orang memang berbeda-beda.

Hampir semua orang punya tanda lahir di bagian tubuhnya. Ada yang hanya satu atau bahkan ada yang lebih dari satu tanda lahir. Semua bergantung pada kondisi kesehatan dan faktor genetik lainnya.

Perlu diketahui juga bahwa ada tanda lahir yang muncul seiring bertambahnya usia, tapi ada juga tanda lahir yang terlihat langsung setelah dilahirkan. Berikut beberapa informasi penting tentang tanda lahir yang perlu Moms ketahui! 

1 dari 6 halaman

Jenis Tanda Lahir

Tanda lahir memanf bersifat unik, artinya setiap tanda lahir tiap orang berbeda dan hampir tidak sama. Tetapi pada intinya, ada dua jenis tanda lahir yang bisa terlihat pada bayi baru lahir, yaitu vaskular dan berpigmen.

Tanda lahir vaskular adalah tanda lahir dengan penampakan pembuluh darah di kulit, biasanya akan terlihat berwarna kemerahan pada kulit bayi. Sementara tanda lahir berpigmen terlihat datar dan umumnya memiliki warna yang berbeda dengan kulit.

2 dari 6 halaman

Tidak Perlu Pengobatan Khusus

Melansir Medical News Today, sebagian besar tanda lahir pada bayi secara alami akan hilang dengan sendirinya seiring waktu. Tetapi kalau tanda lahir tersebut tidak kunjung hilang, maka sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu lebih lanjut.

Untuk memastikan kondisinya, diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk menentukan apakah tanda lahir tersebut berbahaya atau tidak. Tapi tenang, kebanyakan tanda lahir pada bayi adalah normal dan bukan merupakan sesuatu yang berbahaya.

3 dari 6 halaman

Bisa Muncul di Mana Saja

Tanda lahir bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa tempat munculnya tanda lahir tidak mewakili apa pun tentang perkembangan si Kecil saat masih di dalam kandungan.

Jadi, jangan salahkan diri sendiri saat si Kecil memiliki tanda lahir di tubuhnya, misalnya karena Moms merasa pernah terjatuh saat hamil. Tanda lahir bisa muncul di bagian tubuh mana pun tanpa alasan yang jelas.

4 dari 6 halaman

Penyebabnya Masih Belum Diketahui

Tanda lahir diketahui muncul sebagai proses pigmentasi pada kulit, tapi mengapa proses tersebut bisa terjadi, masih belum diketahui. Melansir Medical News Today, para peneliti sampai saat ini belum punya pemahaman penuh tentang mengapa tanda lahir bisa muncul pada beberapa bayi.

5 dari 6 halaman

Tahi Lalat Bisa jadi Tanda Lahir

Meskipun tahi lalat umumnya ditemukan pada tubuh saat tumbuh besar, tapi beberapa bayi dilahirkan dengan tahi lalat di tubuhnya. Tahi lalat dianggap sebagai tanda lahir kalau muncul saat bayi dilahirkan.

Jadi, kalau Moms melihat ada tahi lalat pada bayi yang baru lahir, jangan khawatir karena itu hanya tanda lahir awal, Moms.

Beri Komentar