Apakah Normal Sering BAB saat Hamil Tua?

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 13 September 2022 10:57
Apakah Normal Sering BAB saat Hamil Tua?
Supaya paham, jangan lupa simak ya Moms.

Selama masa kehamilan, Moms mengalami banyak perubahan. Seperti penambahan berat badan dan perubahan kulit.

Saat hamil, banyak masalah kecil bisa menjadi indikasi masalah yang jauh lebih besar. Salah satu yang paling diabaikan adalah buang air besar, terutama pada akhir kehamilan. Kalau masalah ini diabaikan, maka bisa saja memengaruhi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

1 dari 4 halaman

Sering BAB saat Hamil Tua

Sering BAB saat hamil tua itu normal. Saat hari perkiraan lahir semakin dekat, Moms mungkin akan lebih sering diare. Kondisi ini merupakan petunjuk bahwa persalinan akan segera dimulai. 

BAB yang makin sering dan diare adalah cara tubuh membersihkan diri sebelum melahirkan. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa hari.

2 dari 4 halaman

Penyebab Lainnya

Selain karena tanda persalinan yang semakin dekat, sering BAB juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Perubahan hormon
  • Konsumsi suplemen tertentu
  • Stres dan cemas
  • Perubahan pola makan

3 dari 4 halaman

Kapan Harus ke Dokter?

Setelah trimester pertama, diare dan sering BAB akan menjadi hal yang biasa, tapi akan hilang dalam beberapa hari atau minggu. Kalau tidak berhenti juga, segera kunjungi dokter.

Sering BAB selama kehamilan bisa membuat tubuh yang sudah lelah menjadi tegang. Selama waktu ini, tinja akan menguras mineral penting dari tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk tetap terhidrasi dan sering mengonsumsi air mineral selama periode ini ya, Moms.

Jangan lupa, konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut tentang sering BAB selama kehamilan, terutama di trimester ketiga.

Beri Komentar