Punya Pacar tapi Kok Tak Dikenalkan ke Orang Terdekat, Gak Bahaya Ta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 11 Juli 2023 21:03
Punya Pacar tapi Kok Tak Dikenalkan ke Orang Terdekat, Gak Bahaya Ta?
Wah, pernah ngalamin kayak gini juga kah?

Menjalani hubungan dengan seseorang bisa menjadi sumber kebahagiaan dan meningkatkan rasa percaya diri. Akan tetapi, terkadang kita juga dihadapkan pada situasi di mana beberapa individu memilih untuk menyembunyikan pasangan dan hubungan mereka dari orang lain. Kondisi tersebut sering disebut sebagai "pocketing relationship" atau hubungan tersembunyi. Dampak negatif dari situasi ini adalah orang yang mengalaminya dapat merasa insecure dan meragukan apakah kehadirannya penting atau tidak di mata pasangan mereka. Nah, kenapa hal ini bisa terjadi? coba mari kita simak ulasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Pocketing relationship, yang menjadi populer belakangan ini di media sosial, adalah situasi di mana seseorang " mengantongi" atau menyembunyikan pasangannya agar tidak diketahui oleh orang lain. 

Situasi pocketing relationship berbeda dengan orang yang menunggu waktu yang tepat sebelum mengenalkan pasangannya kepada keluarga atau kerabat dekat. Perbedaannya terletak pada niat dan keterbukaan dari individu tersebut. Beberapa orang memilih untuk menunggu waktu yang tepat karena mereka ingin mengenal pasangannya lebih dalam sebelum melibatkan keluarga dan kerabat dekat mereka. Tujuan mereka adalah membangun kepercayaan dan memastikan keseriusan hubungan sebelum membawa pasangan ke dalam lingkungan pribadi mereka.

2 dari 5 halaman

Seseorang yang memilih pocketing relationship dengan sengaja menyembunyikan pasangannya dari keluarga dan lingkungannya. Bahkan, mereka tidak mengunggah atau menceritakan tentang pasangannya di media sosial.

Pocketing relationship, dalam jangka panjang, dapat menciptakan hubungan yang tak sehat. Dampak negatif dari pocketing relationship adalah salah satu pihak akan merasa rendah diri dan meragukan kejelasan hubungan tersebut. Hal ini secara langsung dapat memicu konflik dan ketegangan dalam hubungan tersebut. Terus gimana nih biar nggak kejadian?

3 dari 5 halaman

Komunikasi

Ajukan pertanyaan kepada pasangan mengenai alasan mengapa dia belum mengenalkankamu kepada orang-orang penting dalam hidupnya. Namun, jika pasangankamu memberikan jawaban klise seperti " Belum ada waktu yang tepat" dengan maksud untuk mengakhiri percakapan, hal tersebut dapat dianggap sebagai alasan yang nggak jelas dan mengindikasikan adanya kenggakjujuran dalam komunikasi.

Jika masih beralasan belum ada waktu yang tepat untuk mengenalkan pasangan juga, pasangan kamu memang patut dipertanyakan. Kamu dapat mencoba bertanya kembali dengan tenang dan tanpa memaksa, " Kapan waktu yang tepat tersebut akan tiba?"

Jika pasangan merespons dengan marah atau nggak mampu memberikan jawaban yang memuaskan,kamu bisa mempertimbangkan apakah hubungan tersebut masih layak dipertahankan. Penting untuk mengevaluasi apakah kenggakjelasan dan kenggaksepakatan ini akan berlanjut dan memengaruhi kualitas hubungan di masa depan.

4 dari 5 halaman

Jujur Pada Diri Sendiri

Penting untuk mengakui perasaan yang ada dalam diri kamu jika kamu merasa nggak nyaman dengan menjalani hubungan asmara yang disembunyikan ini. Jujurlah pada diri sendiri jika kamu nggak menyukai situasi tersebut, karena dalam jangka waktu yang panjang, hal tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi kamu.

Mengakui perasaan yang sebenarnya adalah langkah awal yang penting dalam menjaga kesehatan dan kebahagiaan diri sendiri. Berkomunikasi secara jujur dengan pasangan kamu tentang kenggakpuasan dan kekhawatiran yang kamu rasakan juga merupakan langkah penting untuk mencapai kesepakatan dan memperbaiki situasi yang nggak sehat dalam hubungan. Ingatlah bahwa hubungan yang sehat harus didasarkan pada keterbukaan, saling menghormati, dan kepercayaan.

Beri Komentar