Punya Gangguan Mental, Abah Kamil Malah Ditelantarkan Keluarganya dan Tinggal di Tumpukan Sampah

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 10 November 2020 15:03
Punya Gangguan Mental, Abah Kamil Malah Ditelantarkan Keluarganya dan Tinggal di Tumpukan Sampah
Miris banget lihatnya :(

Gubuk kecil di pinggir jalan itu telah beberapa bulan ini menjadi rumah yang nyaman bagi pria tua yang disebut bernama Abah Kamil. Pria yang merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ini diketahui tak memiliki tempat tinggal dan menetap di lokasi itu.

Disebutkan jika sebelumnya video tentang ODGJ di pinggir jalan tersebut sempat viral di TikTok hingga mendapatkan respon dari relawan bernama Pratiwi Novianthi. Ia juga mencoba membujuknya agar bisa tinggal di panti sosial.

Sehari-harinya Abah Kamil yang tinggal di gubuk sampah pinggir Jalan Raya Kawali, Desa Purwasari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini menggantungkan hidupnya dengan mengandalkan makan dari pemberian orang yang sedang lewat.

1 dari 3 halaman

Kondisi Gubug Sangat Memprihatinkan

Dalam video itu ditampilkan jika Abah tengah duduk di dalam gubugnya dengan kondisi tempat yang mengkhawatirkan karena dipenuhui sampah. Saat didekati dan diajak komunikasi, kondisinya dirubungi lalat dan begitu tak terawat.

Kisah Abah Kamil © Diadona

Di gubug yang tepat berada di samping jurang itu, dipenuhi juga sampah-sampah yang menggantung di pintu masuk dan sangat tidak layak untuk ditempati.

“ Kondisinya sangat memprihatinkan, banyak ular kan di sini, terus kepikirannya takutnya mobil nyusruk dan di bawahnya juga jurang,” kata si pembuat video.

Seperti yang terlihat di dalam video, saat Abah Kamil diajak berkomunikasi ia pun terus merespon bahwa ia tak ingin meninggalkan gubuk tempat tinggalnya itu.

2 dari 3 halaman

Diduga Dibuang Pihak Keluarga

Melansir dari kanal YouTube Pratiwi Noviyanthi, disebutkan jika Kamil telah ditelantarkan oleh keluarganya yang diduga berasal dari Jakarta. Ia juga ditinggalkan begitu saja di lokasi tersebut.

“ Jadi aku dapet info kalau katanya ada ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) yang dibuang sama keluarganya, dari Jakarta ke lokasi ini gitu dan kondisinya sangat memprihatinkan,” ujar Pratiwi Novianthi yang mencoba mengobrol dengan ODGJ tersebut.

3 dari 3 halaman

Dibawa ke Sebuah Yayasan

Kisah Abah Kamil © Diadona

Sebelumnya pria ODGJ tersebut telah berupaya dibujuk untuk meninggalkan lokasi, mengingat kondisinya yang sangat tidak layak. Namun usah membujuk tersebut tidak berhasil.

Setelah petugas dari yayasan datang, akhirnya Abah Kamil bisa dievakuasi dan ditempatkan di tempat yang lebih layak di Yayasan Al Fajar Berseri.

Mudah-mudahan setelah Abah tinggal di Yayasan jadi lebih bisa terurus ya. Sehat selalu Abah :)

Beri Komentar