Pengertian Sungai dan Jenisnya Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 8 Juli 2020 10:15
Pengertian Sungai dan Jenisnya Menurut Para Ahli
Pengertian sungai adalah aliran air besar yang memanjang dan mengalir secara terus-menerus dari hulu menuju hilir.

Pengertian Sungai ialah air tawar dari sumber alamiah yang mengalir dari tempat lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah dan bermuara ke laut atau danau dan sungai yang lebih besar.

Sedangkan mengutip dari Dinamika Hidrosfer (2018), pengertian sungai adalah aliran air permukaan yang berbentuk memanjang dan mengalir secara terus menerus dari hulu ke hilir.

Secara umum, aliran sungai terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian hulu, tengah, dan bagian hilir. Tentu masing-masing bagian sungai itu memiliki ciri sendiri untuk membedakan ketiganya.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian sungai, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Daerah Aliran Sungai

Pengertian Sungai © Diadona

Menurut PP No. 37 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, pengertian daerah aliran sungai merupakan suatu wilayah daratan yang satu kesatuan dengan sungai, fungsinya untuk menampung dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau secara alami.

Oleh sebab itu, daerah aliran sungai merupakan ekosistem yang di dalamnya terdapat keseimbangan inflow dan outflow dari material dan energi. Namun, jika fungsi dari suatu DAS terganggu, maka sistem hidrologi akan terganggu, serta memiliki aliran permukaan (run off) yang tinggi.

Sebenarnya fungsi utama dari DAS adalah sebagai hidrologis, dimana fungsi tersebut sangat dipengaruhi oleh jumlah curah hujan yang diterima dan bentuk lahan.

2 dari 5 halaman

Pengertian Sungai Menurut Para Ahli

Pengertian Sungai © Diadona

Selain dari penjelasan di atas, adapun pengertian sungai menurut para ahli berikut ini untuk menambawah wawasanmu semakin luas, diantaranya:

1. Hamzah (2009)

Menurut Hamzah, sungai adalah bagian permukaan bumi yang letaknya lebih rendah dari tanah dan menjadi tempat mengalirnya air tawar menuju ke laut, danau, atau sungai.

2. Sobirin (2003)

Pengertian sungai ialah daerah tata air sungai yang  terdapat mekanisme inflow ke sungai dan outflow ke air tanah.

3 dari 5 halaman

3. Wardani (2018)

Menurut Wardani, pengertian sungai ialah air yang berada di permukaan daratan, yang akan menglir melalui sebuah saluran menuju tempat yang lebih rendah.

4. Dinas PU

Menurut Dinas PU, pengertian sungai adalah salah satu sumber air yang memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat.

4 dari 5 halaman

Pengertian Air Sungai

Pengertian Sungai © Diadona

Disetiap perjalanan, tentu kamu selalu melewati atau menemui sungai yang berbeda-beda, mulai dari sungai yang jernih hingga terlihat kumuh.

Sungai yang jernih biasanya kamu jumpai di daeran-daerah pedesaan ataupun pegunungan. Sedangkan sungai yang terlihat sedikit kumuh biasanya sering dijumpai di kota-kota besar. Lalu, apa sih pengertian sungai sebenarnya?

Pengertian air sungai adalah sumber air yang mengalir secara alamiah dari daerah dataran tinggi ke daerah dataran yang lebih rendah dan bermuara menujua sungai atau danau yang lebih besar.

Manfaat dari sungai sendiri ialah untuk Pembangkit Tenaga Listrik (PLTA), kegiatan pertanian, prasarana lalu lintas, serta  kebutuhan rumah tangga seperti untuk mandi dan mencuci.

5 dari 5 halaman

Pengertian Muara Sungai

Pengertian Sungai © Diadona

Seperti yang diketahui muara adalah ujung, tempat berakhir. Sehingga, pengertian muara sungai ialah tempat berakhirnya aliran sungai di laut atau di danau.

Biasanya muara sungai dimanfaatkan manusia sebagai tempat pemukiman, jalur transportasi, pelabuhan, kawasan industri, serta tempat penangkapan dan budidaya sumberdaya ikan.

Intinya, pengertian sungai adalah aliran air tawar yang besar dan memanjang yang mengalir secara alamiah dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).

Beri Komentar