9 Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Belakang yang Sering Muncul dan Terus-Terusan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 7 Juli 2020 22:26
9 Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Belakang yang Sering Muncul dan Terus-Terusan
Penyebab sakit kepala bisa bervariasi dari maslah sepela hingga gejala penyakit darurat

Penyebab sakit kepala sebenarnya banyak banget dengan gejala yang bervariasi. Ini karena jenis sakit kepala juga berbeda-beda.

Sebagian besar sakit kepala nggak berlangsung lama dan jarang banget berlangsung parah. Tapi kalau mampu mengenali jenis dan penyebab sakit kepala, maka jadi tahu kan gimana cara terbaik buat mengobatinya.

Yuk pantau dulu apa aja sih penyebab sakit kepala yang sering mengganggu itu?

1 dari 3 halaman

Penyebab Sering Sakit Kepala

Penyebab Sakit KepalaPenyebab Sakit Kepala © 2020 shutterstock.com/PR Image Factory

Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala. Tapi sakit kepala ini cenderung ringan dan bisa hilang dengan minum obat yang dijual bebas, atau istirahat yang cukup. Tapi bila kondisinya sudah berlansung selama beberapa hari, kamu mungkin mengalami yang namanya sakit kepala kronis.

Penyebab sakit kepala kronis setiap hari nggak bisa dipahami. Tapi bisa saja itu merupakan gejala penyakit yang membutuhkan bantuan medis segera, diantaranya:

  • Peradangan, atau masalah lain dengan pembuluh darah di dalam atau di sekitar otak, termasuk kemungkinan adanya stroke.
  • Infeksi, seperti meningitis
  • Tekanan intrakranial yang terlalu inggi atau terlalu rendah
  • Tumor otak
  • Cedera otak traumatis

2 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah

Penyebab Sakit KepalaPenyebab Sakit Kepala © 2020 shutterstock.com/aslysun

Sakit kepala sebelah biasa disebut dengan migrain. Penderitanya nggak cuman ngerasain sakit di kepala aja, tapi juga ngerasa sensitif terhadap cahaya, suara, atau bau. Nggak jarang mereka juga mungkin merasa akan muntah.

Melansir Mayo Clinic, berikut penyebab sakit kepala sebelah:

Perubahan Hormon pada Wanita

Fluktuasi estrogen, seperti sebelum atau selama periode menstruasi, kehamilan dan menopause, bisa memicu sakit kepala pada banyak wanita.

Minuman

Seperti alkoholm terutama anggur, konsumsi kafein yang terlalu banyak juga bsia menjadi penyebab migrain.

Stres

Dilansir dari Web MD, para peneliti percaya kalau saat kamu sedang mengalami stres, maka kadar molekul atau hormon tertentu mengalami naik turun. Pada berepa orang, ini bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah.

Beberapa orang melaporkan kalau mereka stres setelah seminggu di tempat kerja. Atau juga bisa karena kondisi berikut:

  • Masalah hubungan
  • Maslah keungan
  • Kecemasan
  • Trauma masa kecil
  • Kecemasan
  • Perubahan dalam hidup, misalnya punya bayi, pindah ke rumah baru,
  • Berganti pekerjaan
  • Punya tanggung jawab baru

Stimulus Sensorik

Lampu terang dan sinar matahari dapat menyebabkan migrain, seperti halnya suara keras. Bau yang kuat - termasuk parfum, pengencer cat, asap bekas dan lainnya - bisa jadi penyebab sakit kepala sebelah pada beberapa orang.

Pola Tidur yang Berubah

Misalnya, terlalu banyak tidur, nggak tidur atau jet lag sangat mungkin jadi penyebab sakit kepala sebelah.

Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca tiba-tiba atau perubahan tekanan barometrik bisa jadi pemicu migrain.

3 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Kepala Belakang

Penyebab Sakit Kepala BelakangPenyebab Sakit Kepala Belakang © womansday

Melansir Web MD, sakit kepala bagian belakang bisa karena beberapa penyebab berikut, antara lain:

Tension headache

Adalah jenis sakit kepala yang paling umum. Ini terjadi ketika otot-otot di kulit kepala dan leher mengencang, sehingga menyebabkan rasa sakit di bagian samping dan belakang kepala.

Biasanya rasa sakitnya nggak tajam dan nggak berdenyut.

Postur Tubuh yang Buruk

Penyebab sakit kepala belakang ini juga mungkn terjadi karena postur yang buruk. Misalnya nih kamu suka membungkuk saat duduk dan berdiri yang akhirnya bisa menarik otot-otot di bagian belakang kepala, punggung atas, leher atau rahang.

Pencegahannya gampang kok, cukup dengan berdiri atau duduk tegak. Selain itu juga bisa dengan konsumsi penghilang rasa sakit yang dijual bebas.

Sakit Kepala Artritis

Gejala utamanya yakni berupa rasa sakit di bagian belakang kepala yang makin terasa sakit tiap bergerak. Penyebab rasa sakit ini bisa karena radang radang sendi pada tulang belakang pertama, kedua, atau ketiga tulang belakang.

Penyebab sakit kepala bagian belakang ini juga bisa karena perubahan struktur tulang leher atau pembuluh darah yang meradang di kepala.

Penyebab sakit kepala bisa bermacam-macam, bisa karena sesuatu yang ringan yang sembuh dengan sendirinya atau kondisi medis yang serius. Segera periksakan diri ke dokter bila mencurigai sakit kepala yang serius.

Beri Komentar