Kenali Jenis Kain untuk Dress, Biar Bebas Kecewa Saat Ekspektasi Tak Sesuai Realita

Reporter : Zaki
Selasa, 7 Juli 2020 15:42
Kenali Jenis Kain untuk Dress, Biar Bebas Kecewa Saat Ekspektasi Tak Sesuai Realita
Biar nggak kecewa, kenalin lebih jauh yuk!

Masih enggan menyambangi pusat perbelanjaan, bikin belanja di online shop kian gencar. Berbagai kebutuhan bisa dicari dan didapatkan dengan mudah tanpa harus ke luar rumah.

Meskipun lebih praktis dan seringkali dipatok dengan harga yang lebih miring, kekurangannya kamu nggak bisa melihat, menyentuh atau mencobanya secara langsung. Harus siap-siap kecewa saat pesanan yang datang nggak sesuai harapan, mengenali jenis kain untuk dress yang banyak dijual di online shop bisa jadi langkah antisipasi yang tepat.

Sebelum membuat keputusan, jangan lupa sesuaikan juga dengan tujuanmu membelinya, misalnya digunakan untuk sehari-hari di rumah, dipakai untuk acara pernikahan atau dipakai bekerja. Yuk, intip beberapa pilihan kain yang tepat untuk dress berikut ini.

1 dari 10 halaman

Kain Batik

© shutterstock

Dress batik jadi salah satu item fashion yang banyak dijual secara online. Tapi hati-hati, jangan hanya tergiur motifnya yang cantik atau harganya yang jauh lebih murah ketimbang yang dijual di mall-mall.

Pertimbangkan jenis kain untuk dress karena ada beberapa kain batik yang kaku dan gerah saat dipakai. Sebisa mungkin, pilih kain batik yang terbuat dari bahan katun sehingga tetap merasa nyaman saat mengenakannya. Jika ingin tampil elegan dalam balutan motif kain Nusantara, nggak ada salahnya merogoh kocek lebih dalam untuk membeli dress batik berbahan sutra.

2 dari 10 halaman

Kain Katun

© shutterstock

Terbuat dari serat kapas, jenis kain untuk dress ini banyak dicari karena dianggap paling nyaman dan punya kemampuan menyerap keringat sehingga terasa lebih sejuk di kulit. Selain itu, serat kain katun tergolong kuat yang menjadikan item fashion dapat bertahan lama.

Dapat digunakan untuk pakaian sehari-hari, dress berbahan katun pun juga cocok dikenakan untuk menghadiri acara semi formal bahkan yang resmi sekalipun, asal memilih warna, motif maupun model yang tepat. kini, ada beragam jenis katun seperti katun Paris, katun Jepang, katun toyobo dan jenis kain katun lainnya yang punya ciri khas masing-masing. Jadi punya banyak pilihan, kan?

3 dari 10 halaman

Kain Sutra

© shutterstock

Jenis kain untuk dress yang satu ini identik dengan kesan elegan dan mewah. Yup, kemilau dan kelembutan kain yang terbuat dari kepompong ulat sutra ini. Untuk membeli dress berbahan kain sutra ini akan memaksamu mengeluarkan dana lebih besar. Selain soal harga, perawatan kain ini pun butuh perhatian ekstra karena karakteristik kain yang tipis membuatnya rentan sobek.

4 dari 10 halaman

Kain Velvet

© shutterstock

Kamu mungkin akan mengenalnya sebagai kain beludru dengan permukaan yang memiliki bulu-bulu halus. Sempat ngetren di era 70an, kini jenis kain untuk dress ini kembali booming berkat tampilannya yang terlihat mahal dan berkelas.

Cocok digunakan untuk evening dress, bisa juga menggunakannya sebagai pakaian kasual tapi sebaiknya kenakan saat hawa udara cukup dingin karena dapat menjaga tubuhmu tetap hangat. Soal perawatan memang nggak serumit kain sutra, tapi sebaiknya hindari menyetrikanya karena sifat kain yang bisa rusak saat terkena suhu tinggi.

5 dari 10 halaman

Kain Linen

© shutterstock

Mirip dengan katun, bedanya ada pada kandungan serat di dalamnya. Kain linen terbuat dari serat alami tumbuhan rami yang memberinya ciri khas serat yang tampak jelas dan lebih kaku, tapi teksturnya lebih halus ketimbang katun. Nggak heran kalau harganya lebih mahal daripada katun, tapi soal kualitas nggak perlu diragukan lagi.

Begitu juga saat memilih jenis kain untuk dress. Linen bukan hanya nyaman bahkan di tengah hawa udara yang panas, tapi juga cocok untuk semua bentuk tubuh, membuatmu tampil menawan dan tetap nyaman. Mencari dress buat sehari-hari, keperluan bekerja atau bahkan traveling, kain linen ini bisa jadi pilihan yang tepat dengan berbagai model, warna maupun motif yang tersedia.

6 dari 10 halaman

Kain Denim

© shutterstock

Kalau menyebutkan denim, kebanyakan akan membayangkan jaket atau celana. Padahal jenis kain untuk dress ini bisa jadi pilihan seru saat dipakai untuk hangout atau acara kasual lainnya. Terbuat dari serat yang kuat dan tebal, kain ini pun tergolong awet sehingga bisa disimpan untuk waktu yang cukup lama.

Identik dengan tekstur kain yang tebal dan kaku, kamu bisa memilih jenis kain yang lebih tipis dan lentur, sesuai dengan model yang diinginkan. Tinggal padukan dengan denim jacket untuk menciptakan tren denim on denim, flat sandals untuk tampilan yang super kasual, atau pilih model dress button down yang timeless.

7 dari 10 halaman

Kain Maxmara

© shutterstock

Seringkali disebut dengan sutra satin, jenis kain untuk dress yang satu ini akan memunculkan kesan mewah dan elegan. Tak semahal kain sutra, kain maxmara bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin menghemat dana saat membeli dress.

Punya banyak motif yang cantik, kain ini punya ciri ringan dan jatuh saat dipakai serta glowing yang membuatnya cocok dipakai untuk bahan evening dress. Asyiknya lagi, kamu bisa memilih warna gelap yang menciptakan ilusi tubuh yang lebih langsing.

8 dari 10 halaman

Kain Sifon

© shutterstock

Jenis kain sintetis ini merupakan perpaduan bahan nilon, sutra, katun, polyester dan rayon. Teksturnya sendiri terasa ringan, tipis dan cukup transparan sehingga jenis kain untuk dress ini banyak dipakai sebagai pelapis.

Sayangnya, kain ini sulit menyerap keringat dan membuatmu mudah merasa gerah dan berkeringat. Kalau masih ingin memilih kain sifon sebagai bahan dress, coba pilih yang memadukannya dengan bahan katun atau spandex. Ada juga turunannya seperti kain ceruti yang lembut dan elastis dengan tekstur kain berbeintik kecil halus mirip kulit jeruk.

9 dari 10 halaman

Kain Brokat

© shutterstock

Biasa digunakan untuk membuat kebaya, jenis kain untuk dress ini cocok banget buat menghadiri acara resmi, seperti pernikahan atau event formal. Punya banyak warna, detil yang terbuat dari sulaman pun bisa dipilih sesuai keinginan, mulai dari yang berbentuk bunga atau dedaunan yang bikin tampilanmu terlihat lebih elegan.

Semakin mahal harganya, motif tenunan akan terasa lebih halus sehingga lebih nyaman dipakai. Untuk bahan brokat yang tipis dan menerawang, kombinasikan dengan kain lainnya seperti satin yang bikin penampilan makin menawan.

10 dari 10 halaman

Kain Crepe

© shutterstock

Banyak digunakan untuk bahan gamis, crepe juga cocok dipilih sebagai jenis kain untuk dress. Tekstur kain ini lembut dan jatuh saat dipakai. Tampak berserat, kain yang cukup tebal ini cukup nyaman dan adem di kulit, sehingga nggak gerah saat dipakai. Hadir dalam berbagai motif dan warna, kamu bisa memilih dress dengan model yang disesuaikan dengan tujuan, baik untuk ke kantor atau merayakan momen spesial.

Ada berbagai jenis kain untuk dress yang tersedia di pasaran. Sebaiknya lebih teliti sebelum membeli busana apa pun secara online, bukan hanya dari bahannya saja tapi juga ukuran dan modelnya. Kuasai tips jitunya biar bebas kapok saat belanja di online shop. (eth)

Beri Komentar