Pengertian Ibadah dalam Islam dan Kristen yang Harus Kamu Ketahui

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 8 Juli 2020 10:27
Pengertian Ibadah dalam Islam dan Kristen yang Harus Kamu Ketahui
Pengertian ibadah adalah perilaku manusia yang mencakup semua aspek kehidupan dan sesuai dengan ketentuan Allah SWT.

Menurut Islam, pengertian ibadah ialah istilah yang mencakup segala sesuatu yang dicintai Allah dan diridhai-Nya, baik berupa perkataan atau perbuatan, yang tersembunyi (batin) ataupun yang nampak (lahir).

Sedangkan, secara secara umum, pengertian ibadah adalah segala sesuatu yang dilakukan manusia atas dasar patuh terhadap pencipta-Nya untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Sehingga fungsi ibadah ialah bentuk realisasi manusia yang diberi tanggung jawab oleh Allah untuk menjadi khalifah di muka bumi, serta sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas komunikasi vertikal dengan Pencipta.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian ibadah secara luas, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Ibadah Haji

Pengertian Ibadah © Diadona

Pengertian ibadah Haji ialah rukun (tiang agama) yang kelima setelah syahadat, shalat, puasa, dan zakat. Sehingga, menunaikan ibadah Haji merupakan bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslimin di seluruh dunia yang mampu secara material dan fisik.

Sedangkan menurut syar, pengertian haji adalah Niat menuju Baitul Haram dengan amalan yang khusus menuju tempat-tempat tertentu.

Tempat-tempat tertentu yang dimaksud ialah selain Kabah dan Masa (tempat sai), Padang Arafah (tempat wukuf), Muzdalifah (tempat mabit), dan Mina (tempat melontar jumroh).

2 dari 5 halaman

Bagi yang belum tau, ibadah haji dibedakan menjadi tiga bagian, diantaranya:

1. Haji Qiran

Pengertian ibadah Haji Qiran ialah menggabungkan. Maksudnya seseorang yang melaksanakan ibadah Haji dan Umroh sekaligus.

2. Haji Ifrad

Sesorang yang melaksanakan ibadah haji dan umroh dilaksanakan secara sendiri-sendiri, namun mendahulukan ibadah Haji lebih dahulu.

3. Haji Tamattu

Pengertian ibadah Haji Tamattu adalah seseorang melaksanakan ibadah umroh dan Haji di bulan haji yang bersamaan, namun mendahulukan ibadah Umroh.

3 dari 5 halaman

Pengertian Ibadah dalam Kristen

Pengertian Ibadah © Diadona

Banyak orang yang menganggap jika orang Kristen beribadah berarti hanya pergi ke Gereja saja dan  bila pergi ke Gereja pada hari minggu, maka mereka telah melakukan ibadah. Tetapi apa sesungguhnya pengertian dari ibadah?

Pengertian ibadah dalam Kristen ialah suatu ungkapan rasa takut, hormat, syukur, pujian, serta sukacita pada Tuhan sang Maha Esa karena telah mengasihi, dan menyelamatkan.

Sehingga, dari adanya ibadah itu, kamu bisa berjumpa dengan Allah dan mengenal apa kehendakNya serta mendekatkan diri kepadaNya.

Selain itu, perwujudan ibadah dalam Kristen bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti kebaktian di sekolah minggu, doa, retret , perayaan paskah dan natal, namun dengan satu tujuan, yakni ingin mengucapkan syukur dan lebih mendekatkan diri pada Allah.

4 dari 5 halaman

Pengertian Fiqih Ibadah

Pengertian Ibadah © Diadona

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ibadah merupakan segala sesuatu yang diridhai dan disenangi oleh Allah, baik berupa perbuatan, perkataan, ataupun bisikan dalam hati (batin).

Aktivitas tersebut tidak hanya berkaitan dengan kegiatan yang menghubungkan seorang hamba dengan  Allah Tuhannya. Misalanya seperti bergeraknya seorang hamba dalam berikhtiar untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dirinya dan anggota keluarganya.

Sedangkan, arti dari fiqih ialah pengetahuan tentang hukum syari’at yang berkaitan dengan perbuatan dan perkataan seorang mukallaf.

5 dari 5 halaman

Sehingga, pengertian fiqih ibadah adalah salah satu dari beberapa bidang fiqih yang kesemuanya membentuk satu undang-undang umum bagi kehidupan manusia yang bersifat pribadi ataupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Itulah pengertian ibadah menurut Islam serta dalam Kristen yang dibagi ke dalam dua klasifikasi, yaitu secara umum dan khusus. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar