Mengaku Pacaran dengan Anak di Bawah Umur, Kriss Hatta Dikecam oleh KPAI

Reporter : Mila
Rabu, 28 September 2022 17:07
Mengaku Pacaran dengan Anak di Bawah Umur, Kriss Hatta Dikecam oleh KPAI
Kriss Hatta ramai-ramai dikecam.

Sejak Kriss Hatta blak-blakan mengaku berpacaran dengan anak berusia 14 tahun, banyak reaksi publik yang terus berdatangan. Hal tersebut menuai banyak kritikan dan menyebutnya sebagai pedofil. Ditambah lagi Kriss Hatta mengaku sudah dapat restu dari orang tua sang kekasih.

Tak hanya publik, Komisi Perlindungan Anal Indonesia (KPAI) juga mengecam pengakuan Kriss Hatta. Meski diizinkan menikah setelah lulus SMA, tapi usia itu juga belum memenuhi usia minimum yang tercatat dalam UU Perkawinan, yaitu 19 tahun.

1 dari 4 halaman

Komisioner KPAI Retno Listyarti, menyampaikan 4 poin kecaman terkait pengakuan Kriss Hatta pacari anak di bawah umur:

1. Mengecam Kriss Hatta sebagai public figure yang memberikan contoh buruk pada masyarakat terutama para remaja. Hal ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia;

2. Kriss Hatta juga menyatakan kalau akan menikah segera dengan sang pacar setelah lulus SMA. Hal ini juga berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak.

Padahal pemerintah pusat dan daerah sedang giat giatnya berjuang menurunkan angka perkawinan anak. Public figure harusnya mendukung program pemerintah yang berdampak baik bagi bangsa ini. Perkawinan anak berpotensi kuat membuat anak kehilangan hak-hak nya untuk tumbuh kembang secara optimal;

2 dari 4 halaman

3. Kriss Hatta juga mengaku sudah mendapatkan restu dari ibunda sang kekasih. Sang calon mertua disebut melarang Kriss Hatta untuk mempublikasikan hubungan mereka karena takut dikira panjat sosial alias pansos. Tidak diungkap nama pun, cepat atau lambat publik akan tahu. Hal ini akan berpotensi kuat terjadi glorifikasi kisah cinta orang dewasa yang sudah pantas menjadi ayahnya dengan anak di bawah umur. Jangan sampai hal ini dianggap wajar oleh publik;

4. Kriss Hatta yang di media sosialnya secara tersirat merasa mirip seperti Leonardo DiCaprio karena sama-sama memacari wanita yang lebih muda 20 tahun darinya. Sebagaimana diketahui, Leonardo DiCaprio berusia 47 tahun, sedangkan Gigi Hadid 27 tahun.

Betul bahwa itu contoh beda usia 20 tahun, tapi Gigi Hadid sudah perempuan dewasa bukan anak di bawah umur. Usia 14 tahun masih anak-anak yang belum memiliki kematangan psikis sebagaimana Gigi yang berusia 27 tahun. Anak usia 14 tahun belum punya emosi yang stabil dan belum mengetahui risiko dari hubungan percintaan yang sedang dijalaninya.

Anak usia 13-15 tahun adalah usia yang baru saja jadi anak-anak, namun belum masuk remaja. Jadi ini masa peralihan. Pada masa ini, terjadi perubahan besar pada diri seorang anak secara fisik dan psikis.

3 dari 4 halaman

Lebih lanjut, Komisioner KPAI meminta untuk tidak mendukung hal yang diungkapkan Kriss Hatta.

" Saya mendorong media massa untuk mengedukasi masyarakat dengan tidak melakukan glorifikasi kisah cinta Kriss Hatta dengan anak usia 14 tahun," tegas Retno Listyarti.

Beri Komentar