Masih Ingat Grup Band Elkasih? Begini Kondisi Nino Sang Vokalis Sekarang, Bikin Miris

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 20 Juli 2020 15:18
Masih Ingat Grup Band Elkasih? Begini Kondisi Nino Sang Vokalis Sekarang, Bikin Miris
Kondisi terbaru Nino mantan vokalis Elkasih yang kini tak berdaya di atas kursi roda.

Pada tahun 2000-an industri musik Indonesia sempat diramaikan dengan kemunculan banyak band beraliran pop melayu. Dari sekian band yang berhasil mendulang kesuksesan, pada 2008 mencuatlah nama Elkasih yang kala itu menjadi populer berkat single yang berjudul 'Kau Tigakan Cintaku'. Single tersebut mungkin jadi satu-satunya karya Elkasih yang meledak besar-besaran karena setelah itu nama mereka surut dan tak diketahui bagaimana kabarnya.

Sebelas tahun kemudian, kabar yang berkaitan dengan grup band Elkasih kembali terdengar. Sayangnya bukan kabar gembira seperti kembalinya Elkasih ke industri musik, melainkan berita sedih tentang kondisi sang vokalis, Ibnu Aventino atau Nino.

Nino diketahui saat ini sedang dalam kondisi kesehatan yang menurun drastis akibat stroke. Berita menyedihkan ini terungkap dalam sebuah video yang diunggah oleh Ruri Wantogia vokalis band Repvblik. Dalam video yang diunggah pada Sabtu (18/7) tersebut, Ruri melakukan kunjungan untuk menjenguk Nino yang harus tinggal di sebuah panti jompo akibat kondisinya.

1 dari 3 halaman

Nino Elkasih saat dikunjungi oleh Ruri Repvbilk © Diadona

Raut sedih tak dapat disembunyikan Ruri saat melihat kondisi rekan sejawatnya itu. Nino nampak tak berdaya di atas kursi roda, berbanding 180 derajat dengan kondisinya dulu yang penuh aksi di atas panggung.

Nino mengalami stroke di sebelah kiri tubuh yang mengakibatkan dirinya menjadi lumpuh dan tak dapat berbicara. Untuk berkomunikasi Nino memerlukan bantuan ponsel pintar.

Penyakti stroke itu telah diidap oleh Nino sejak tahun 2015. Kondisi ini diperparah dengan perceraian yang dialami olehnya pada 2017. Semenjak itulah Nino hidup bergantung pada kebaikan hati kerabatnya sebelum akhirnya ia dibawa ke Panti Jompo Pniel untuk dirawat.

2 dari 3 halaman

Mama Au, salah satu petugas panti jompo yang merawat Nino © Diadona

Satu setengah bulan sudah Nino tinggal dan dirawat di Panti Jompo Pniel. Mama Au, salah satu petugas di sana mengatakan bahwa ia tak mengetahui latar belakang Nino yang ternyata adalah seorang musisi.

" Terus terang aku juga baru tau dia ini artis setelah seminggu dia ada di sini. Aku terima dia bukan karena keartisannya," tutur Mama Au.

Kedatangan Ruri ke Panti Jompo Pniel diharapkan dapat sedikit menghibur Nino sehingga dirinya tidak merasa sendirian menghadapi cobaan tersebut. Ruri pun berharap teman-teman musisi lain juga membantu dan memberi semangat pada Nino.

" Kondisi Nino memang miris banget ya, memang butuh bantuan teman-teman. Dia usianya 41 tahun, sudah nggak bisa bekerja lagi karena kondisinya. Apalagi dia ke sini (diantar ke panti jompo) bukan sama istrinya, bukan sama keluarganya," ujar Ruri.

Ruri Repvblik saat menghibur Nino Elkasih © Diadona

Dokumentasi yang ia unggak ke Youtube pribadinya pun dimaksudkan agar banyak pihak yang mengetahui dan tergugah untuk membantu Nino.

" Makanya ini juga salah satu cara gua. Ya kan banyak cara menyampaikan sesuatu, apalagi kondisinya lagi pandemi juga jadi serba susah untuk ketemu, jadi bisa sharing lewat medsos, Youtube, yang penting tujuannya positif bantu teman kita yang sedang sakit," lanjutnya.

Beri Komentar