13 Makanan Bikin Cepat Ngantuk, Ampuh Atasi Insomnia Akut

Reporter : Arifina
Jumat, 25 Agustus 2023 18:17
13 Makanan Bikin Cepat Ngantuk, Ampuh Atasi Insomnia Akut
Siapa nih yang hibi insomnia? Yuk, atasi dengan makanan ini!

Permasalahan sulit untuk tidur atau insomnia memang cukup mengganggu produktivitas sehari-hari. Padahal setiap manusia membutuhkan kondisi yang prima setiap hari untuk menunjang aktivitas, salah satunya dengan tidur yang cukup.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan, penurunan konsentrasi, dan peningkatan risiko penyakit kronis.

1 dari 14 halaman

Posisi Tidur © Diadona

Buat kamu yang kerap mengalami insomnia jangan khawatir berlebih, sebab ada solusi yang bisa kamu lakukan untuk bisa cepat mengalami kantuk. Salah satunya, dengan mengonsumsi makanan yang bisa bikin rasa cepat ngantuk nih!

Beberapa jenis makanan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Tak sekedar membuat cepat ngantuk, tapi juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

Apa saja? Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber buat kamu makanan-makanan yang bikin cepat ngantuk untuk atasi insomnia.

2 dari 14 halaman

1. Nasi Putih

Ilustrasi nasi putih © Diadona

Kandungan karbohidrat kompleks yang ada pada nasi putih ternyata dapat memberikan rasa kantuk lebih cepat. Nah, untuk mengatasi insomnia, kamu bisa rutin mengonsumsi nasi putih setiap hari.

Nasi putih dinilai dapat memperbaiki kulitas tidur yang buruk. Bahkan, ada beberapa jenis beras tertentu yang dapat meningkatkan produksi tryptophan, dimana hal itu dapat membantu tubuh agar cepat ngantuk dan tidur.

3 dari 14 halaman

2. Alpukat

alpukat © Diadona

Buah berwarna hijau satu ini rupanya juga ampuh untuk mengatasi persoalan sulit tidur nih! Ya, alpukat sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari untuk mengatasi kesulitan tidur.

Buah alpukat kaya akan antioksidan dan lemak jenuh. Kedua kandungan ini dapat memproduksi serotonin yang bekerja meningkatkan kualitas tidur dengan maksimal lho!

4 dari 14 halaman

3. Buah Kiwi

Ilustrasi Kiwi © Diadona

Warna hijau kecil, rasanya juga cenderung segar ini juga menjadi salah satu buah yang ampuh untuk mengatasi insomnia. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C dan karotenoid yang bermanfaat membuat tubuh cepat merasakan kantuk.

Kiwi juga dapat memicu senyawa di otak yang membantu mengatur siklus tidur. Mengonsumsinya secara rutin akan sangat membantu memperbaiki kualitas tidur kamu.

5 dari 14 halaman

4. Kacang Almond

Ilustrasi kacang almond © Diadona

Mengandung magnesium, kacang almond dinilai ampuh mengatasi insomnia. Memakan kacang almond juga dapat merelaksasi otot dan membantu cepat ngantuk.

Adapun, sumber hormon melatonin didalamnya mampu memberikan sinyal tidur bagi tubuh. Sangat baik jika kamu rutin mengonsumsinya nih!

6 dari 14 halaman

5. Dark Chocolate

Dark Chocolate © Diadona

Siapa sih yang tidak suka makanan satu ini? Ternyata memakan cokelat bisa membuat kamu cepat ngantuk lho!

Tapi, pastikan kamu mengonsumsi jenis dark chocolate ya. Kandungan serotonin pada cokelat ini bermanfaat untuk mengurangi kecemasan termasuk depresi dan meningkatkan kualitas tidur.

Cukup konsumsi sepotong cokelat saja setiap hari, maka tubuhmu akan merasa rileks dan nyenyak saat tidur.

7 dari 14 halaman

6. Ubi Jalar

Ilustrasi Ubi Jalar Kuning © Diadona

Kandungan ubi jalar sama halnya dengan nasi putih. Memiliki karbohidrat kompleks yang sangat membantu memperbaiki kualitas tidur dan sangat bagus untuk kesehatan.

Memakan ubi jalar akan meningkatkan perasaan rileks dan bahagia menjelang tidur lho! Rutin mengonsuminya tentu akan membuat kualitas tidur semakin baik.

8 dari 14 halaman

7. Pisang

Ilustrasi Pisang © Diadona

Buah pisang mengandung potasium dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk memberi rasa kantuk dan relaksasi otot. Dengan memakan pisang, maka kamu akan dapat memperpanjang durasi tidur.

Di dalam pisang juga terdapat triptofan yang menenangkan. Kandungan ini juga dapat mengatur hormon serotonin dan melatonin dalam tubuh yang bisa membuat kamu cepat tidur.

9 dari 14 halaman

8. Teh Chamomile

Teh Chamomile © Diadona

Teh chamomile sejatinya sama saja dnegan teh pada umumnya, mengandung antioksidan dan rendah kalori yang sangat aman dikonsumsi debelum tidur. Minum cukup segelas jenis ten ini dapat meredakan stress dan membantu untuk cepat tidur.

Bahkan, kandungan glisin pada teh chamomile bersifat menenangkan dan memicu kantuk. Mengonsumsi dengan rutin akan meningkatkan kualitas tidur lho!

10 dari 14 halaman

9. Susu Hangat

Ilustrasi susu © Diadona

Kebiasaan meminum susu sebelum tidur rupanya sangat bagus untuk kesehatan lho! Salah satunya membuat tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Susu mengandung asam amino tryptophan yang memproduksi serotonin pada otak, sehingga dapat mempermudah seseorang untuk tidur. Selain itu, kalsium pada susu dapat mengurangi stress dan menjaga stabilitas otak.

11 dari 14 halaman

10. Madu

Ilustrasi Madu © Diadona

Konsumsilah madu sesaat sebelum todur untuk menghindari insomnia. Sebab, madu mengandung glukosa yang cukup tinggi dan dapat berubah menjadi orexin pada otak.

Hal itu dapat mengaktifkan otak menajamkan perhatian dan membantu agar cepat tidur. Cukup satu sendok makan saja agar mendapati kualitas tidur yang baik ya!

12 dari 14 halaman

11. Sup Ayam

Ilustrasi Sup Ayam © Diadona

Makan sup ayam di malam hari rupanya akan memberi efek luar biasa bagi tubuh, salah satunya cepat membuat ngantuk. Makanan satu ini akan membuat tubuh merasa nyaman dan tenang.

Sup ayam dapat membantu sistem saraf lebih rileks dan membri sinyal tubuh dalam kondisi aman. Sehingga, mengonsumsinya akan menghindarkan kamu dari insomnia deh.

13 dari 14 halaman

12. Sayuran

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Sayuran memang dikenal kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Rupanya, mengonsumsi sayuran berdaun warna gelap di malam hari akan sangat ampuh mengatasi insomnia lho!

Beberapa yang dianjurkan adalah sayur bayam dan selada. Keduanya memiliki kalsium tinggi dan akan membantu tubuh memproduksi melatonin atau hormon penyebab kantuk.

14 dari 14 halaman

13. Greek Yogurt

Ilustrasi Greek Yogurt © Diadona

Rendah lemak, greek yogurt pilihan tepat untuk dikonsumsi sebelum tidur. Kamu bisa memakannya dengan campuran madu dan pisang nih!

Yogurt memiliki kandungan triptofan yang akan diserap baik oleh otak. Sehingga akan memuncukkan efek menenangkan dan lebih mudah cepat mengatasi insomnia.

Itulah sederet makanan yang ampuh untuk membuat cepat ngantuk. Selamat mencobanya, dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar