Bukan Hal Mistis, Sering Terbangun Tengah Malam Bisa jadi Tanda Gangguan Kesehatan

Reporter : Mila
Rabu, 11 Mei 2022 07:00
Bukan Hal Mistis, Sering Terbangun Tengah Malam Bisa jadi Tanda Gangguan Kesehatan
Kalau kamu sering terbangun ditengah malam, bsa jadi kamu mengalami resiko penyakit berikut.

Hampir setiap orang pasti pernah terbangun di tengah malam. Bagi sebagian besar orang, secara umum penyebabnya adalah hal-hal seperti perlu buang air kecil karena minum terlalu banyak sebelum tidur.

Tapi, bangun secara berkala di tengah malam ternyata bisa menjadi masalah, karena mengganggu tidur. Tidur adalah hal dasar yang penting untuk membantu memulihkan tubuh. Kurang tidur yang cukup bisa menimbulkan masalah kesehatan yang signifikan dan merusak fungsi kognitif.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum dan solusi potensial untuk seseorang yang terbangun di tengah malam:

1 dari 6 halaman

Sleep Apnea

Ilustrasi Susah Tidur © Diadona

Seseorang dengan sleep apnea mungkin sering terbangun di malam hari. Sleep apnea ini menyebabkan napas pendek, yang bisa menyebabkan seseorang terbangun beberapa kali tiap malam. Dalam banyak kasus, seseorang bahkan tidak akan menyadari bahwa tidurnya terganggu.

Seseorang dengan sleep apnea perlu memperhatikan gejala-gejala seperti:
1. sakit kepala di pagi hari
2. terengah-engah di malam hari
3. kelelahan siang hari
4. kesulitan berkonsentrasi pada siang hari

2 dari 6 halaman

Kecemasan, Depresi, Khawatir

Baik kecemasan maupun depresi mempersulit seseorang untuk menenangkan pikiran mereka atau mematikan proses berpikir mereka. Ini bisa membuatnya sulit untuk tertidur dan tetap tertidur.

3 dari 6 halaman

Insomnia

Ilustrasi Wanita Insomnia © Diadona

Insomnia adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa sulit atau tidak mungkin untuk jatuh tertidur. Ini menyebabkan kelelahan di siang hari dan karenanya membuat melewati hari sangat sulit. Insomnia dikaitkan dengan depresi dan kecemasan, dan itu bisa menjadi penyebab dan gejala dari kondisi ini.

Ada banyak solusi potensial yang bisa dilakukan seseorang untuk mengurangi tingkat insomnianya. Beberapa diantaranya adalah:
- Berolahraga secara teratur
- Berpegang teguh pada jadwal tidur yang teratur
- Melakukan aktivitas berulang di luar kamar tidur.

4 dari 6 halaman

Suhu Terlalu Panas

Seseorang tidur paling nyenyak ketika suhu tubuhnya dingin. Terkadang, suhu tubuh seseorang bisa naik terlalu banyak. Untuk banyak orang, ini karena kamar tidur mereka terlalu hangat. Bagi yang lain, itu mungkin karena keringat malam.

5 dari 6 halaman

Gangguan Pencernaan

Ilustrasi Gangguan Pencernaan © Diadona

Terlalu banyak makanan atau makan makanan pedas yang terlalu dekat dengan waktu tidur bisa  menyebabkan masalah tidur. Gangguan pencernaan menyebabkan kembung dan gas yang tidak nyaman yang membuatmu sulit tidur, dan mungkin membangunkan orang disekitarmu di tengah malam.

Untuk mencegah gangguan pencernaan pada malam hari, seseorang harus makan lebih banyak di pagi hari. Bagi orang yang lapar sebelum tidur, camilan ringan adalah pilihan terbaik.

6 dari 6 halaman

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah bagian penting dari menjalani kehidupan yang sehat. Untuk itu, kalau kamu terus -terusan terbangun di malam hari, segeralah periksakan ke dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar