Bye-Bye Insomnia, Ini 10 Cara Mudah Tidur dalam Hitungan Menit

Reporter : Arifina
Senin, 14 Agustus 2023 20:17
Bye-Bye Insomnia, Ini 10 Cara Mudah Tidur dalam Hitungan Menit
Bisa dicoba nih buat kalian yang selalu insomnia ya!

Tidur adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup. Kebiasaan insomnia menyebabkan kurang tidur akan dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit.

Seseorang yang selalu kurang tidur, biasanya cenderung berisiko mengalami penyakit diabetes, obesitas, kardiovaskular, dan rentan terkena demensia.

Namun, bagi banyak orang, terutama di tengah kehidupan yang sibuk dan stres, memiliki tidur yang berkualitas tidak mudah untuk dijalankan. Karenanya, insomnia menjadi salah satu tantangan yang sulit diatasi.

1 dari 11 halaman

Tidur dalam Hitungan Menit © Diadona

Padahal, tidur yang cukup dan berkualitas memiliki dampak besar pada kesejahteraan fisik dan mental kita. Namun, kini jangan khawatir, dilansir dari Big Think dan berbagai sumber lainnya, inilah sederet kebiasaan yang bisa kamu lakukan agar bisa cepat tidur hanya dalam hitungan menit.

Beberapa tips ini dilakukan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) lho! Seperti apa? Yuk simak!

2 dari 11 halaman

1. Buat Wajah Rileks

Salah satu cara agar kamu bisa tidur dengan cepat dalam hitungan menit adalah merilekskan wajah. Kamu cukup fokus pada bagian dahi, mata, pipi, rahang dan bagian wajah lainnya.

Rasakan ketegangan yang ada, dan lepaskan dengan perlahan agar wajahmu rileks.

3 dari 11 halaman

2. Menurunkan Bahu

Saat akan memulai tidur, kondisi tubuh disarankan benar-benar santai. Salah satu yang harus diperhatikan adalah bagian bahu.

Turunkan bagian lengan dan bahu agar rileks beberapa saat. Rasakan kenyamanan dan nikmati kondisi tempat tidurmu.

4 dari 11 halaman

3. Atur Napas dengan Teknik "4-7-8"

Manfaat Tidur dalam Keadaan Telanjang © Diadona

Selain merilekskan bagian tubuh, kamu perlu juga mengatur pernapasan saat akan tidur. Cara ini agar kamu bisa mendapatkan ketenangan saat tidur.

Tariklah napas secara perlahan, selama 4 detik, lalu tahan selama 7 detik, dan keluarkan secara perlahan selama 8 detik. Atur ritme yang nyaman agar lebih tenang, ulangi untuk merasakan rileks ya!

5 dari 11 halaman

4. Buat Bagian Kaki Lebih Rileks

Bagian kaki juga cukup penting memengaruhi kondisi tidurmu lho! Buatlah kakimu terasa nyaman dan rasakan sentuhan angin hangat yang masuk.

Cara ini juga akan lebih cepat membuatmu tertidur lho!

6 dari 11 halaman

5. Jernihkan Pikiran

Cara Cepat Tidur Hitungan Menit © Diadona

Biasakan untuk tidak memikirkan apapun ketika akan tidur. Jika susah, kamu bisa mencoba dengan memvisualisasikan gambar kenangan yang menyenagnkan.

Ulangi kata-kaya " jangan berpikir" sekitar 10 detik. Apabila masih merasa belum jernih, lakukan tarik napas dan ulangi lagi ya!

7 dari 11 halaman

6. Buat Rutinitas Tidur dengan Konsisten

tidur © Diadona

Buatlah rutinitas tidur secara konsisten agar kamu bisa membiasakan diri untuk tidur lebih cepat. Biasakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.

Hal ini akan membantu mengatur ritme tidur kamu. Sehingga tubuh akan dengan sendirinya mengerti jam biologis yang mengatur tidur dan bangun.

8 dari 11 halaman

7. Lakukan Aktivitas Menenangkan Sebelum Tidur

Bila sudah menjalani rutinitas dan selama 20 menit tetap tidak bisa tidur, maka bangunlah dan coba lakukan aktivitas menenangkan. Tetap berada di tempat tidur biasanya tidak akan memengaruhi kondisi mengantuk.

Cobalah untuk membaca buku sejenak, mendengarkan musik, atau mandi dengan air hangat. Sehingga tubuh akan merasakan rileks dan mengantuk dengan sendirinya.

9 dari 11 halaman

8. Hindari Menatap Jam

Jangan biasakan selalu melihat jam saat akan tidur. Terlalu fokus pada berapa lama kamu sudah berusaha tidur bisa justru meningkatkan stres dan kegelisahan.

Jika kamu sulit tidur, hindari menatap jam. Lalu, cobalah untuk bersantai dan mencoba teknik relaksasi.

10 dari 11 halaman

9. Batasi Konsumsi Kafein dan Makanan Berat

Ilustrasi Tidur © Diadona

Kafein adalah stimulan yang bisa membuat kamu tetap terjaga di malam hari. Sebaiknya batasi konsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur.

Selain itu, hindari makanan berat dan berlemak menjelang waktu tidur ya! Karena pencernaan yang lambat juga bisa mengganggu tidur kamu.

11 dari 11 halaman

10. Buat Kamar Tidur Terasa Nyaman

Pastikan kamar tidur kamu nyaman untuk digunakan. Biasakan untuk menggealpkan area kamar saat akan tidur.

Buatlah kondisinya sejuk dan tenang. Kamu bisa menggunakan tirai blackout, AC, atau kipas angin untuk membuat kamar tidur lebih nyaman ditempati.

Itulah tips mudah tidur hanya dalam hitungan menit. Selamat mencob dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar