Macam-Macam Contoh Kata Penutup Makalah, Presentasi, dan Laporan

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 17 Maret 2021 19:55
Macam-Macam Contoh Kata Penutup Makalah, Presentasi, dan Laporan
Kata penutup ini juga berfungsi sebagai kesimpulan dari apa yang telah kita bahas di dalam sebuah karya tulis seperti makalah, presentasi, ataupun laporan.

Kata penutup makalah, presentasi ataupun laporan adalah bagian penting dalam sebuah penulisan. Bahkan bagian ini bisa menjadi ringkasan yang nantinya akan dicari oleh pembaca ketika memerlukan karya tulis tersebut.

Kata penutup ini juga berfungsi sebagai kesimpulan dari apa yang telah kita bahas di dalam sebuah karya tulis seperti makalah, presentasi, ataupun laporan. Yang pastinya ini akan sangat berguna bagi pembaca yang membutuhkan sumber tersebut.

Jika kamu nggak pernah dan nggak tahu bagaiamana harus menulis kata penutup makalah, presentasi, ataupun laporan berikut Diadona telah mengumpulkan beberapa contohnya yang tentu saja mudah untuk dipahami dan praktikkan, yok cekidot!

1 dari 4 halaman

Contoh Kata Penutup Makalah

Contoh Kata Penutup Makalah, Presentasi, dan Laporan © Diadona

Kata penutup makalah idealnya harus menunjukkan kesimpulan atas apa yang telah dibahas di dalam makalah tersebut. Bagian penutup ini umumnya akan berisi dua bagian, yakni kesimpulan dan saran.

Untuk bagian kesimpulan idealnya harus berisikan penjelasan singkat dari pembahasan di dalam makalah tersebut. Sedangkan, untuk saran ini biasanya akan berisi tentang adanya masukan dari pembaca dalam rangka untuk menyempurnakan kajian yang telah di bahas dalam makalah tersebut.

Contoh Kesimpulan

Dari data dan fakta yang telah dipaparkan diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan bahan pengawet pada jajanan anak sekolah sangat berbahaya untuk kesehatan sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan. Tindakan tersebut meliputi menyediakan jajanan yang sehat di kantin sekolah dan melarang anak-anak untuk jajan sembarangan. Pengawasan dari orang tua guru juga sangat penting untuk mengatasi permasalahan ini.

Saran

Meskipun penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini akan tetapi pada kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis perbaiki. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan penulis. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan sebagai bahan evaluasi untuk kedepannya.

2 dari 4 halaman

Contoh Kata Penutup Presentasi

Contoh Kata Penutup Makalah, Presentasi, dan Laporan © Diadona

Selanjutya adalah tentang contoh kata penutup presentasi. tentunya kita semua tidak asing dengan presentasi ini. Namun juga tak banyak dari kita yang paham akan gimana sih presentasi yang ideal itu.

Idelanya presentasi harus memiliki bagian pembuka, isi, dan juga penutup. Pada bagian pembuka dan isi pasti semuanya sudah akrab, tapi bagaimana dengan penutup? sepetinya tidak demikian.

Contoh Bagian Penutup Presentasi

1. Buatlah ringkasan poin penting yang telah disampaikan

2. Ingatkan mengapa hal itu penting bagi audiens

3. Gunakan quote/kutipan

4. Ajakan untuk bertindak

5. Menyampaikan pernyataan inspiratif

Untuk isi dari bagian tersebut tentu saja menyesuaikan dengan topik apa yang menjadi bahan presentasi kita. Nantinya tinggal dibuat agar tetap relevan hehe.

3 dari 4 halaman

Contoh Kata Penutup Laporan

Contoh Kata Penutup Makalah, Presentasi, dan Laporan © Diadona

Untuk contoh kata penutup laporan ini sebenarnya kurang lebih sama dengan penutup makalah. Namun, ada satu tambahan bagian dalam peutup laporan yakni kesan. Kesan ini ditulis sebagai bentuk penghormatan kepada pihak yang menjadi tempat kita praktik kerja.

Jadi, untuk contoh kata penutup laporan ini terdiri dari tiga bagian, yakni kesimpulan, kesan, dan saran.

Contoh Bagian Penutup Laporan

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kami simpulkan bahwa kegiatan Praktik Kerja Lapangan sangat bermanfaat untuk siswa/siwi Sekolah Menengah Kejuruan ataupun untuk pihak industri. Selain itu kegiatan Praktik Kerja Lapangan juga menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan khususnya dalam hal praktik dimana mereka bisa belajar lebih luas dalam dunia kerja serta sebagai ajang untuk melatih siswa/siswi menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.

Kesan

Adapun kesan yang kami rasakan selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan sangat senang dan berterimakasih, karena selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan kami mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman yang belum pernah kami dapatkan di sekolah. Kami juga sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan ilmu dan pengalaman tersebut sehingga kami bisa mengembangka keterampilan kami dalam dunia kerja.

Saran

Untuk melengkapi laporan ini kami akan menyampaikan beberapa saran yang mungkin bisa membantu mengisi kekurangan-kekurangan yang ada, antara lain sebagai berikut :

1. Kuasai terlebih dahulu teori sebelum melaksanakan praktik kerja lapangan.
2. Utamakan keselamatan kerja.
3. Gunakan waktu sebaik mungkin.
4. Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang telah dicapai.

Beri Komentar