Cara Membuat Karya Ilmiah Secara Lengkap dan Mudah di Pahami Para Pelajar atau Mahasiswa

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 24 September 2020 07:12
Cara Membuat Karya Ilmiah Secara Lengkap dan Mudah di Pahami Para Pelajar atau Mahasiswa
Udah tahu belum bagaimana cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar? Yuk simak ulasan berikut ini.

Bagi kamu para pelajar atau mahasiswa, tentu sudah tidak asing dengan berbagai macam jenis tulisan. Salah satu jenis tulisan yang sering dibuat ialah karya ilmiah.

Secara umum artikel ilmiah termasuk karya ilmiah yang dimuat dalam jurnal imliah atau kumpulan artikel ilmiah lainnya yang ditulis sesuai dengan tata cara penulisan ilmiah yang ada. Sehingga, cara membuat karya ilmiah sedikit berbeda dari artikel-artikel lainnya sebba artikel ilmiah bersifat ilmiah dan sistematis.

Nah, agar kamu tidak asal-asalan dalam membuat artikel ilmiah, berikut kami jelaskan bagaimana cara membuat karya ilmiah dengan baik dan benar yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah

Cara Membuat Karya Ilmiah © Diadona

Menurut KBBI, karya ilmiah adalah sebuah karya tulis yang dibuat dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah yang berdasarkan data dan fakta. Oleh karena itu, tujuan dari karya ilmiah ini sendiri ialah untuk memaparkan hasil penelitian dengan memenuhi kaidah keilmuan yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim peneliti.

Selain itu, hasil dari cara membuat karya tulis ilmiah juga harus berupa data, informasi, atau simpulan yang bisa dijadikan acuan bagi orang lain untuk melakukan penelitian yang selanjutnya.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin menulis artikel ilmiah, berikut cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar agar bisa kamu jadikan sebagai acuan.

1. Tentukan Tema

Langkah pertama dalam cara membuat karya ilmiah yaitu menentukan tema. Sebab, tema merupakan pembahasan utama dari karya ilmiah yang bisa kamu tulis. Selain itu, tema juga bisa membantumu untuk menentukan judul karya ilmiah yang akan kamu buat.

Untuk menentukan tema kamu bisa melakukannya dengan cara observasi atau penelitian terlebih dahulu. Sehingga, lakukan perencanaan yang matang sebelum menulis karya ilmiah ya, guys.

2. Mengidentfikasi Pembaca

Tentu saja, sebelum mempraktikkan cara membuat karya ilmiah, kamu harus menentukan dulu siapa target pembaca kamu. Kenali terlebih dahulu kira-kira siapa yang nantinya akan membaca karya ilmiahmu, sebab hal tersebut harus kamu pertimbangkan agar karya ilmiah yang kamu kerjakan bisa tepat sasaran.

2 dari 3 halaman

3. Menentukan Cakupan Isi

Cara Membuat Karya Ilmiah © Diadona

Setelah menentukan topik dan mengidentifikasi pembaca, langkah selanjutnya dalam cara membuat karya ilmiah adalah dengan menentukan cakupan isi. Cakupan isi merupakan jenis dan jumlah informasi yang nantinya akan kamu sajikan di dalam karya ilmiah.

Hal ini penting dilakukan supaya kamu lebih mudah dalam mencari atau mengumpulkan bahan-bahan referensi serta mempermudah kamu dalam pengelolaan data.

4. Mencari Bahan Refrensi

Cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar adalah carilah bahan-bahan referensi terlebih dahulu. Untuk mencari bahan referensi, kamu bisa menggunakan berbagai media online dan cetak atau bisa juga dengan melakukan wawancara langsung.

5. Memeriksa Bahan Pustaka

Setelah bahan referensi terkumpul, maka cara membuat karya ilmiah berikutnya ialah jangan lupa untuk mengecek ulang bahan-bahan tersebut. Cek sekali lagi apakah konten yang ada di dalam referensi tersebut sesuai dengan topik yang akan kamu bahas.

6. Membuat Ringkasan

Kalau sudah yakin dengan bahan referensi yang kamu pilih, cara membuat karya ilmiah selanjutnya yaitu buatlah beberapa ringkasan tentang masing-masing bahan tersebut. Ringkasan tersebut nantinya akan berguna untuk mempermudah kamu dalam mengambil inti sari dari bahan referensi tersebut.

7. Membuat Kutipan

Selain membuat ringkasan, cara membuat karya ilmiah tulis ilmiah beriutnya adalah kamu juga harus membuat daftar kutipan dari referensi tersebut. Perlu diingat, daftar kutipan harus sama persis dengan pernyataan yang ada pada sumber.

3 dari 3 halaman

8. Penulisan Draf

Cara Membuat Karya Ilmiah © Diadona

Setelah memilih topik dan mengumpulkan referensi, sekarang saatnya kamu mulai menulis draf sebagai salah satu langkah yang tidak boleh terlewatkan dalam cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar.

9. Melakukan Revisi dan Penyuntingan

Cara membuat karya ilmiah berikutnya yaitu kamu juga harus menata hasil draf kamu agar lebih terstruktur dan sistematis. Kamu juga bisa meminta masukan dari teman-temanmu tentang bagian mana yang harus ditambahkan atau dihilangkan untuk menulis karya ilmiah yang menarik.

Setelah melakukan revisi, jangan lupa perbaiki tulisanmu dari segi tata bahasa. Cek apakah ada kesalahan ejaan atau penulisan.

10. Evaluasi

Langkah terakhir dalam cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar adalah lakukan evaluasi. Pertama, cek ulang apakah isi dari karya ilmiah yang kamu buat sudah sesuai dengan topik yang kamu pilih atau belum.

Selanjutnya, cek apakah kamu sudah memberikan data-data atau fakta-fakta pendukung yang cukup di dalam pembahasannya, serta jangan lupa cek sekali lagi tentang format penulisan karya ilmiahmu.

Intinya, dalam cara membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar kamu harus terlebih dahulu mengenali apa itu karya ilmiah dan seperti apa strukturnya. Setelah itu kamu bisa mulai merancang karyamu mulai dari pemilihan topik, pengumpulan informasi, penulisan hingga evaluasi.

Itulah cara membuat karya ilmiah dengan baik dan benar, yang mudah dipraktikkan para pelajar atau mahasiswa. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar