7 Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar untuk Mahasiswa, Biar Gampang dan Lebih Cepat Selesai

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 12 Oktober 2020 19:03
7 Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar untuk Mahasiswa, Biar Gampang dan Lebih Cepat Selesai
Cara membuat makalah yang dinilai sulit sering bikin mahasiswa menunda pengerjaan yang akhirnya malah cuman dikerjain secara asal-asalan. Kali ini Diadona kasih tahu gimana cara gampang ngerjainnya.

Dengan cara membuat makalah yang akan dinilai tinggi oleh guru, siswa atau mahasiswa bisa mengatrol nilai jadi jauh lebih baik. Karena tugas ini biasanya mengambi porsi yang besar dari total nilai dalam mata pelajaran tersebut. Iya kan? Misalnya nih, bisa sampai 30 persen dari nilai pada semester tersebut.

Wah, berarti kudu tahu cara membuat makalah biar bisa membantu nilai akhir dong ya! Yup, bener banget!

Sayangnya, ini juga bisa jadi usaha berisiko tinggi ketika kamu ngerjain dengan asal-asalan. Makalah dianggap sebagai tugas yang menakutkan dan berat. Banyak siswa yang memilih buat nunda ngerjainnya, trus mengerjakan secara ngebut di waktu terakhir yang pada akhirnya mengarah ke nilai jelek. Duh, padahal dengan tahu gimana aja sih cara membuat makalah dengan benar dan mudah, gampang banget lho untuk dapat nilai A.

Nah, kali ini Diadona bakalan ngasih tahu kamu gimana cara membuat makalah yang baik dan benar dari awal sampai akhir. Yuk cus kepoin!

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Cara Membuat Makalah © Diadona

Ada beberapa tahapan sederhana yang mungkin kamu lewatkan dalam cara membuat makalah biasa. Uniknya, cara ini bakalan memudahkan dan mengarahkan kamu tentang apa aja yang perlu diperhatikan dalam tugas makalah kali ini.

Menyusun Jadwal

Makalah memang jadi momok karena terasa berat banget untuk mulai dikejakan. Biasanya sih akhirnya mahasiswa mengerjakan di last minute dan berakhir dengan tugas yang nggak maksimal. Makanya, kamu membutuhkan penjadwalan yang ketat nih.

Gimana mengatur waktu dalam cara membuat makalah? Pertama, tanamakan di otak kamu bahwa ada tugas makalah yang kudu dikerjakan dan dikumpulkan dalam tenggat waktu tertentu. Trus mulai bikin perencanaan yang berisi pencapaian kamu dalam waktu tertentu.

Dalam cara membuat makalah, kamu membutuhkan waktu untuk mendapatkan gambaran umum tentang materi yang kamu kerjakan dan ketersediaan bahan yang akan kamu tulis, misalnya di inetrnet atau perpustakaan. Trus kamu harus menyeleksi sumber yang relevan, membacanya, membuat daftar, dan mulai menyusunnya. Jadi bukan asal comot sumber lalu copy paste, kan?

Misalnya, kamu udah harus menemukan 2 sumber rujukan di hari pertama dan membacanya, lalu 2 sumber di hari kedua, lalu mulai membacanya. Jangan sampai karena manajemen diri yang nggak baik, akhirnya kamu mengerjakan tugas ini di waktu yang mepet. Hasilnya tentu jadi nggak baik, ya kan?

Mulai dari Wikipedia

Wikipedia adalah website yang tepat saat kamu memulai cara membuat makalah, tapi tidak dengan mengakhirnya. Gimana sih maksudnya?

Sangat mudah menemukan informasi di sana, kan? Nah dari informasi tersebut, Wikipedia menyertakan hyperlink yang mengarah pada sumber aslinya. Nah, dari sumber asli itulah selanjutnya kamu mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai topik kamu. Hindari mengutip sumber dari wikipedia, ya!

Meneliti Topik

Di balik setiap makalah yang bagus pasti ada penelitian yang baik.Nah, riset yang baik ini dimulai dari banyak membaca. Dari sinilah jadi pondasi yang kuat untuk kamu menulis makalah.

Menulis Kerangka Berpikir

Tuliskan pokok bahasan serta ide yang kamu tulis di atas kertas. Dari sinilah nantinya kerangka yang bakalan menuntun kamu melengkapi tubuh makalah. Biar lebih hidup dan terlihat bahwwa kamu menguasi topik, tambahkan studi kasus atau cerita di setiap poinnya. Cara membuat makalah ini secara nggak langsung juga bikin pembaca nggak bosan dengan makalah kamu.

 

 

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Makalah © Diadona

Mulai Menulis

Cara membuat makalah paling harus berawal dari penulis yang sudah menguasai topik, sehingga menulisnya akan jadi lebih mudah. Itu jauh lebih baik ketimbang kamu duduk di depan lembaran kosong Mictosoft Word dan nggak tahu kudu nulis dari mana dulu.

Kalau kamu udah membaca sumber dan jurnal, menuliskannya menjadi draft dan kerangka, maka langkah selanjutnya nggak akan kerasa berat lagi,

Gimana cara membuat makalah yang paling baik? Tuliskan dulu beberapa kalimat awal pada makalahmu. Nggak perlu terlalu sempurna, toh kamu akan mengeditnya lagi nanti. Yang pasti ketika kamu sudah bisa memulainya, maka jalan selanjutnya bakalan kerasa ringan kok.

Nggak peru terpaku untuk menulsinya secara berurutan. Kalau misalnya kamu udah mentok di satu poin tapi udah punya ide di poin selanjutnya, skip saja dulu yang terasa sulit itu. Jangan sampai hanya karena kamu mentok, kamu memutuskan untuk berhenti mengerjkalan.

Jangan Lupa Sertakan Sumber

Dilansir dari Kids Health, mengutip adalah cara paling baik untuk menghindari plagiarisme, suatu bentuk kecurangan yang sangat berat dalam dunia akademik.

Ngobrol sama Teman

Menulis makalah adalah suatu latihan untuk tugas besar lainnya, seperti tugas akhir misalnya. Meskipun dosen kamu nggak megharapkan makalah yang sempurna, tapi kamu harus mengerjakan sebaik mungkin karena bsia melatih kamu dalam menulis penelitian, mencari sumber dan berpikir secara ilmiah.

Nah, kamu mungkin akan merasa sedikit kesulitan di beberapa tahapan. Wajar aja kok. Maka dalam menempuh cara membuat makalah, usahakan buat ngobrol sama temen kamu atau brainstorming.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Cover Makalah

Cara Membuat Makalah © Diadona

Selain isi, beberapa bagian penting dalam cara membuat makalah juga nggak boleh dilewatkan. Diantaranya, gimana cara membuat daftar isi, penutup, lampiran, halaman, dan juga bagian covernya.

Cover makalah terletak di bagian paling depan, berisi informasi mengenai judul dan profil singkat penulisnya. Walaupun 'don't judge book by it's cover', tapi penting juga buat menunjukkan cover yang menarik.

Kerennya lagi, cara membuat makalah di bagian cover bisa kamu lakukan dengan otomatis di Microsoft Word. Begini caranya:

Di halaman awal, klik Tab Insert trus pilih Cover Page. Nah di sana kamu bakalan nemuin templte dasar untuk membaut cover secara otomatis. Trus tinggal pilih deh mana cover yang ingin kamu gunakan.

Kalau udah kamu pilih, secara otomatis template tersebt bakalan menjadi makalah kamu. Jangan lupa diedit ya!

Cara membuat makalah bagian cover ini bsia kamu lakukan jika kamu mengoperasikan Microsoft Word versi 2007 hingga seterusnya. Beberapa elemen enting yang harsu ada dalam over makalah kamu yakni:

Judul makalah, biasanya terletak di bagian atas dengan ukuran font 14, Bold dan ditulis dalam hurf kapital
Logo sekolah atau universitas
Profil penulis, ditulsi dalam nama lengkap dan in=dentitas lain seperti nomor induk
Tahun pembuatan makalah

Udah tahu gimana cara membuat makalah, yaudah yuk jangan ditunda ngerjainnya!

Beri Komentar