Ingatkan Bahaya COVID-19, Warga Kediri Tutup Jalan Masuk Desa dengan Keranda dan Pocong!

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 27 Mei 2020 16:30
Ingatkan Bahaya COVID-19, Warga Kediri Tutup Jalan Masuk Desa dengan Keranda dan Pocong!
Nggak ada yang berani nerobos, nih!

Dalam menanggapi pandemi corona, masyarakat di berbagai daerah melakukan berbagai upaya pencegahan agar virus ini tak semakin menyebar. Tak sedikit juga dari mereka yang punya cara unik untuk menutup akses jalan masuk desa sekaligus memperingatkan warga akan bahaya COVID-19.

Salah satunya seperti yang dilakukan sebuah dusun di Kabupaten Kediri. Dusun ini menggunakan cara yang unik sekaligus bikin bergidik dengan meletakkan keranda mayat dan pocong tepat di depan pintu masuk dusun. Ngeri banget, ya.

1 dari 3 halaman

Pocong dan keranda di depan pintu masuk Dusun Tondomulyo © Diadona

Foto aksi warga dusun yang tak biasa ini salah satunya diunggah oleh akun Instagram @viralterkini99. Dalam unggahan fotonya, terlihat keranda mayat lengkap dengan bunga dan juga pocong gadungan di depan portal masuk dusun.

Di portal juga tertulis, " Ojo rono rene, dek omah aee... nek gak pengin numpak kene, kereto jowo (Jangan kesana kemari, di rumah saja... jika tak ingin naik ini, kereta jawa)." Kereta jawa yang dimaksud adalah keranda.

2 dari 3 halaman

Upaya Mencegah Penyebaran Virus Corona

Pocong dan keranda di depan pintu masuk Dusun Tondomulyo © Diadona

Diketahui, hal unik ini dilakukan oleh warga Dusun Tondomulyo, Desa Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.

" Antisipasi penyebaran COVID-19 warga menaruh keranda mayat dan pocong gadungan di pintu masuk Dusun Tondomulyo, Desa Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Minggu (24/5/2020)," tulis akun @viralterkini99 dalam keterangan fotonya.

Selain keranda dan pocong, warga juga memasang sejumlah kayu di portal itu agar tak ada warga pendatang yang masuk ke dusun. Hal ini sebagai salah satu upaya dusun Tondomulyo untuk mencegah penyebaran virus corona.

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Unggahan ini pun jadi viral dan mendapat berbagai tanggapan yang beragam dari warganet. Banyak netizen yang merasa ngeri lho dengan cara unik yang dilakukan dusun ini.

" Njir, ngeri kalo malem-malem," komentar akun @rah.lya.

Komentar yang hampir sama juga dituliskan akun @alditama__, " Auto puter balik."

" Deket rumahku ini.. itu sampingnya pas juga kuburan emang," tulis akun @noviolien. Waduh, makin serem ya. Gimana nih kalau menurut kamu?

Beri Komentar