Ikut Pride Parade di Amerika Serikat, Kia AFI Ungkap Awal Mula Ikut Dalam Komunitas LGBT

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Jumat, 11 Juni 2021 15:37
Ikut Pride Parade di Amerika Serikat, Kia AFI Ungkap Awal Mula Ikut Dalam Komunitas LGBT
Kia mengaku hanya ingin membantu sesama warga Indonesia di Amerika

Kamu masih inbgat dengan nama Kia Afi? Jebolan Akademi Fantasi Indosiar ini baru-baru ini mulai terdengar lagi.

Hal ini dikarenakan Kia mengikuti sebuah parade LGBT di Amerika Serikat. Tentu saja aksi Kia ini mengundang sorotan netizen, terutama dari Indonesia.

Kia pun menceritakan awal mula ia bisa ikut dalam Pride Parade di Amerika Serikat.

1 dari 5 halaman

Aktif di Amerika Serikat

Menurut wawancara eksklusif yang dilakukan oleh tim Kapanlagi.com, Kia di Amerika Serikat memang sering aktif dan terlibat dalam komunitas Indonesia di sana. Salah satunya komunitas LGBT Indonesia di Amerika Serikat bernama Satu Pelangi.

" Aku memang sering terlibat di komunitas-komunitas Indonesia di Amerika. Salah satunya komunitas LGBTQIA Indonesia yaitu 'Satu Pelangi' di New York," ucap Kia.

2 dari 5 halaman

Membantu Sesama

Kia AFIKia AFI © instagram.com/kia_suban

Menurut Kia, sudah sepatutnya sesama orang Indonesia saling membantu di negeri orang.

" Mereka sempat bertanya, 'Apakah Kia mau ikutan parade bersama Satu Pelangi? Bagaimana dengan tanggapan masyarakat nanti terhadap Kamu as a Public Figure?' dan aku menjawab simple, 'Aku orang Indonesia dan Kamu juga orang Indonesia. Sudah sepatutnya kita Gotong royong, saling membantu dan saling mendukung'. Di dalam parade yang hampir 4 jam lebih ini banyak grup-grup juga yang membawa nama negaranya. Dan suatu kebanggaan sekali ketika mereka announcing 'From Indonesia; Satu Pelangi!" lanjut Kia.

3 dari 5 halaman

Bangga Mengikuti Pride Parade

Kia juga mengaku bangga dapat mengikuti Pride Parade tersebut. Karena hal ini menurutnya dapat membawa nama Indonesia di kancah internasional.

" Sebagai orang Indonesia (Perantau) yang tinggal di negara lain, merasa bangga kalau kita bisa terlibat di acara di negara tersebut, terlebih acara dunia. Apalagi sampai bisa jadi bagian didalam parade. Tidak semua grup atau komunitas-komunitas yang mendapat kesempatan tersebut. Dan ketika dunia melihat keunikkan dari kebudayaan kita dan salutè akan INDONESIA itu pengalaman yang luar biasa," tutur Kia.

4 dari 5 halaman

Bukan Pertama Kali

Kia AFIKia AFI © instagram.com/kia_suban

Ini bukanlah pertama kalinya Kia mengikuti Pride Parade di Amerika Serikat. Kia pun menceritakan waktu pertama kali dirinya terlibat dalam komunitas Satu Pelangi.

" Ketika aku dapat kesempatan sekolah di Broadway Dance Center, di New York. Memang aku aktif di Permias (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat); ada beberapa mahasiswa2 memperkenalkan aku ke komunitas-komunitas Indonesia di New York, salah satunya komunitas LGBTQIA Indonesia, “ Satu Pelangi”," sambung Kia.

Kia juga menegaskan tidak perlu harus menjadi seorang LGBT dalam mengikuti Pride Parade ini. Semua orang bisa mengikutinya dengan bebas.

Beri Komentar