Film Barbie Bukan untuk Semua Usia, Ratingnya 13 Tahun ke Atas

Reporter : Riza Umami
Kamis, 20 Juli 2023 14:52
Film Barbie Bukan untuk Semua Usia, Ratingnya 13 Tahun ke Atas
Ini alasan film Barbie diberi rating untuk usia 13 tahun ke atas.

Film Barbie udah mulai ditayangkan di bioskop-bioskop Indonesia sejak tanggal 19 Juli 2023 kemarin. Film ini pun langsung mencuri perhatian publik sebagai live action pertama film Barbie.

Film ini merupakan adaptasi dari mainan klasik yang telah bertahan dari generasi ke generasi yaitu Barbie. Promosi untuk film Barbie ini pun dilakukan dengan gila-gilaan dan menghabiskan dana yang fantastis dengan melibatkan artis hingga penyanyi terkenal.

1 dari 5 halaman

Pada penayangan perdana di salah satu bioskop besar di kawasan Jakarta Selatan, Rabu tanggal 19 Juli 2023 kemarin, penonton berduyun-duyun berdatangan untuk menyaksikan film yang diperankan oleh Margot Robbie.

Dilansir dari laman liputan6.com (20/7), tak sedikit keluarga yang membawa anak-anak yang masih berusia TK atau SD untuk menonton film Barbie yang baru ditayangkan di bioskop-bioskop Indonesia tersebut.

2 dari 5 halaman

Film Barbie © Diadona

Namun, sebenarnya film Barbie ini diberi rating PG-13 yang artinya hanya boleh ditonton untuk anak dari usia 13 tahun ke atas. Oleh sebab itu, anak kecil yang masih TK atau SD belum bisa menonton film Barbie.

3 dari 5 halaman

Alasan Film Barbie Diberi Rating 13 Tahun ke Atas

Bukan tanpa alasan film Barbie ini diberi rating PG-13. Film Barbie ini lebih sesuai ditonton oleh orang dewasa dan bukan untuk semua umur. Berikut ini beberapa alasannya.

Alasan pertama karena film Barbie mengangkat tema yang cukup berat. Dalam film ini, Barbie diceritakan ingin mencari jati dirinya bahkan sampai ia pergi ke dunia nyata ditemani oleh Ken.

4 dari 5 halaman

Film Barbie © Diadona

Salah seorang kritikus film pun mengatakan kalau film Barbie lebih cocok untuk orang dewasa daripada anak-anak. Diyakini target penontonnya adalah orang dewasa yang dulunya suka nonton atau main Barbie.

Alasan kedua, film Barbie ini mengangkat beberapa muatan sensitif seperti pelecehan seksual. Kemudian, ada pula muatan feminis di mana peran perempuan lebih menonjol dengan berbagai profesinya dan laki-laki hanya seperti pelengkapnya saja.

5 dari 5 halaman

Alasan yang selanjutnya, ada adegan dengan kata-kata kasar lalu ada pula kalimat yang berbau unsur dewasa sehingga kurang layak bila ditonton oleh anak-anak. Oleh sebab itulah, film Barbie diberi rating untuk usia 13 tahun ke atas.

Untuk orang tua sebaiknya tidak membawa atau mengajak anak yang usianya masih di bawah 13 tahun untuk nonton film Barbie ya. Selamat menonton film Barbie. Gimana nih menurut Diazens filmnya, seru gak?

Beri Komentar