Chandrayaan-3 Wahana Antariksa Milik India Berhasil Mendarat di Bulan

Reporter : Riza Umami
Jumat, 25 Agustus 2023 15:05
Chandrayaan-3 Wahana Antariksa Milik India Berhasil Mendarat di Bulan
Wahana antariksa India berhasil mencetak sejarah dunia dengan mendarat di kutub selatan Bulan.

Keberhasilan misi antariksa India, Chandrayaan-3, yang mendarat di bulan, disambut gembira oleh dunia. Prestasi ini sangat luar biasa karena Chandrayaan-3 berhasil mendarat dengan sukses di sekitar wilayah kutub selatan.

Dilansir dari laman liputan6.com (25/8), Chandrayaan-3 kini mencatatkan namanya sebagai wahana antariksa pertama yang berhasil mencapai area kutub selatan Bulan. Ini adalah pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya.

1 dari 4 halaman

Capaian ini mengukir tonggak sejarah baru bagi India, menjadikannya negara pertama yang berhasil mendaratkan wahana antariksa di wilayah kutub selatan Bulan.

Sebelumnya, hanya Amerika Serikat, Tiongkok, dan Uni Soviet yang berhasil mendarat dengan sukses di Bulan. Meski begitu, dari negara-negara tersebut, belum ada yang berhasil mencapai wilayah kutub selatan Bulan sebagaimana yang telah dicapai oleh Chandrayaan-3.

2 dari 4 halaman

Mengenal Apa Itu Chandrayaan-3

Chandrayaan-3 © Diadona

Chandrayaan-3 merupakan jenis wahana antariksa yang terdiri dari rover pendarat untuk eksplorasi di Bulan. Wahana antariksa ini milik negara India yang belum lama ini berhasil mendarat di bulan.

Pendarat Chandrayaan-3 mempunyai dimensi tinggi sekitar 2 meter dan berat lebih dari 1.700 kg, setara dengan ukuran sebuah mobil SUV. Di dalam struktur kendaraan ini, ada pendarat bulan berukuran lebih kecil, dengan bobot sekitar 26 kg, yang bertujuan untuk menjelajahi permukaan bulan.

3 dari 4 halaman

The Indian Express melaporkan bahwa wahana antariksa Chandrayaan-3 ditempatkan di permukaan bulan dengan cara yang lembut, yang dikenal sebagai " soft landing."

Pendaratan lembut berarti bahwa wahana antariksa tersebut turun dengan kecepatan yang terkendali dan perlahan, sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada perangkat antariksa maupun pendarat bulan yang ada di dalamnya.

4 dari 4 halaman

Chandrayaan-3 © Diadona

Badan antariksa India menyatakan bahwa penting bagi negara ini untuk berhasil mendaratkan wahana antariksa dengan cara yang lembut, karena ini akan memperlihatkan bahwa mereka mampu melaksanakan pendaratan yang aman dan terkontrol.

Hal ini sangat krusial agar rover yang dibawa dapat melakukan eksperimen ilmiah dengan menjelajahi berbagai area di Bulan. Diketahui bahwa Chandrayaan-3 berhasil mendarat di kutub selatan Bulan pada ketinggiaan 70 derajat pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2023. Gimana nih menurut kamu? Keren banget bukan?

Beri Komentar