Cara Membuat Halaman Skripsi secara Otomatis pada Microsot Word

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 17 September 2020 17:14
Cara Membuat Halaman Skripsi secara Otomatis pada Microsot Word
Di artikel ini kamu juga bisa tau gimana cara membuat halaman skrpsi dengan penomoran yang berbeda dari halaman sebelumnya.

Cara membuat halaman skripsi mungkin sedikit membingungkan untuk kamu yang belum pernah melakukannya. Kalau dipikir-pikir, gimana sih caranya meletakkan huruf di pojok halaman? Padahal gampang banget sih!

Beberapa orang menggunakan text box untuk cara membuat halaman skripsi. Padahal cara itu tergolong rumit dan bikin repot.

Tenang aja, perangkat lunak Microsof Word yang sering digunakan oleh mahasiswa untuk penyusunan skripsi ini sudah dilengkapi dengan cara membuat halaman skripsi secara otomatis. Bahkan kamu bisa lho nomor halaman secara dengan angka latin, angka romawi, atau memberikan nomor halaman berurutan sesuai dengan bab yang kamu tulis, namun tak akan otomatis berubah saat bab-bab tersebut dikumpulkan.

Yuk cus ikuti langkah cara membuat halaman skripsi berikut ini:

1 dari 2 halaman

Cara Membuat Nomor Halaman di Word untuk Skripsi

Microsoft Word punya fitur yang memungkinkan kamu untuk membagi dokumen ke beberapa bagian yang kamu butuhkan. Nggak usah memisahkannya dalam beberapa file kalau kamu ingin memberikan penomoran yang tidak kontinyu. Misalnya nih, halaman sampul, daftar isi, daftar pustaka dan lain-lain yang tentu aja formatnya berbeda dengan bab 1, 2 3 dan lainnya kan?

Microsoft Word ini punya fitur yang membuat format halaman jadi berbeda di bagian mana aja yang kamu butuhkan.

Begini nih tahapannya:

Pilih Insert tab, Header & Footer, lalu klik Page Number

Cara Membuat Halaman Skripsi © Diadona

Ada berbagai pilihan untuk meletakkan nomor halaman, antara lain:

Top of Page, yaitu menempatkan nomor halaman di bagian atas
Bottom of Page, nomor halaman diletakkan di bagian bawah
Page Margins, untuk cara membuat halaman skripsi dengan meletakkan penoorannya di samping kiri dan kanan margin halaman
Current Position, untuk menempatkan nomr halaman di posisi kursonr

Kalau kamu sudah menetukan gimana posisi nomor dalam cara membuat halaman skirpsi, tinggil pilih letaknya. Apakah di bagian kiri, tengah, atau bawah.

Nah, gampang banget kan?

Kamu juga bisa melakukan pengaturan format yang kamu gunakan menggunakan fitur Page Number Format, misalnya penomoran halaman dengan nomor latin, atau nomor romawi. Nah, kamu bisa lakukan cara membuat halaman skripsi berikut ini:

Masih dengan cara membuat halaman skripsi seperti yag sebelukmnya. Di halaman tersebut pilih Insert > Page Number, Page Number Format, di bagian Page Numbering akan muncul gambar seperti di bawah ini:

Cara Membuat Halaman Skripsi © Diadona

Continue from previous section, untuk melanjutkan penomoran dari section sebelumnya
Start at dan isi nomor pada kotak di sampingnya, untuk memberikan penomoran tertentu.
Selanjutnya, klik OK.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Penomoran Halaman Skripsi yang Berbeda

Namun ada kalanya kamu harus memberikan penomoran halaman yang berbeda pada satu file karena perbedaan bab.
Misalnya, penomoran daftar isi, daftar pustaka, atau daftar gambar menggunakan angka romawi, lalu bab lainnya dengan angka latin. Atau bisa juga nih kamu ingin memberikan penomoran yang baru untuk halaman selanjutnya. Misalnya, halaman 1, 2, 3, 4 lalu 1, 2, 3.

Pertama banget yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat Section baru. Kenapa ini penting dalam cara membuat halaman skripsi? Karena section baru menandakan adanya pengaturan baru. Tanpa section baru, ketika kamu mengatur format di halaman ini, maka pengaturan di halaman sebelumnya bakalan berubah.

Letakkan kursor di awal halaman yang ingin kamu buat section baru, lalu ikuti langkah berikut:

klik Page Layout > Break > Continous

Cara Membuat Halaman Skripsi © Diadona

Selanjutnya kamu harus menghapus keterkaitan halaman tersebut dnegan halaman sebelumnya. Yup, ini biar ketika kamu melakukan pengaturan pada section ini, hal itu cuman berlaku untuk section ini aja, bukan pada section sebelumnya.

Caranya, klik Insert > Header/ Footer > Edit

Trus kamu akan melihat menu Tab Design, nonaktifkan Link to Previous yang ditandai dengan warna background menjadi putih kembali.

Cara Membuat Halaman Skripsi © Diadona

Nah terus nih untuk cara membuat halaman skripsi di section yang baru masih dengan cara sebelumnya yakni menggunakan fitur Page Number. Perhatikan juga ya mengenai format Page Numberingnya.

Cara Membuat Halaman Skripsi © Diadona

Cara membuat halaman skripsi yang udah Diadona jabarkan tersebut ternyata mudah banget kan untuk dipraktekkan? 

Beri Komentar