Cara Membuat Rak Buku dari Kardus yang Mudah dan Simple, Cocok untuk Anak Kos Agar Lebih Hemat

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 10 September 2020 08:48
Cara Membuat Rak Buku dari Kardus yang Mudah dan Simple, Cocok untuk Anak Kos Agar Lebih Hemat
Inilah cara membuat rak buku dari kardus yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Bagi anak rantau yang sedang ngekos, biasanya akan mengehemat uang bulanan untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga, mereka pun kerap memanfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitar untuk dijadikan sebuah tempat atau dekorasi kamar kos. Salah satunya adalah membuat rak buku.

Mungkin sebagian dari kalian tidak terpikirkan untuk belajar cara membuat rak buku dari kardus. Padahal, di balik nama bekas ternyata barang-barang tak terpakai ini pun memiliki segudang fungsi tersembunyi.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat rak buku dari kardus, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Rak Buku dari Kardus Bekas

Cara Membuat Rak Buku dari Kardus © Diadona

Kalau kamu memiliki kardus bekas di rumah, coba saja untuk dibuat menjadi rak buku. Selain hemat, cara membuat rak buku dari kardus juga membantu kamu dalam mengasah keterampilan serta kreativitas. Dengan begitu, kamu pun bisa memiliki rak buku sesuai dengan selera.

lalu, apa saja barang-barang yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuat rak buku dengan mudah? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Rak Buku Kardus Berwarna

Cara membuat rak buku dari kardus berwarna ini dibuat bagi yang suka rak cantik. Selain bisa untuk wadah buku, rak ini juga bisa untuk dekorasi kamar kamu, lho! Cara pembuatannya kamu pun bisa menggunakan kertas kado atau cat warna sesuai selera.

Alat dan Bahan:

- Cat
- Lem
- Spidol
- Cutter/gunting
- Selotip kertas
- Kardus bekas ukuran 30 cm x 50 cm dan 35 cm x 50 cm

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Rak Buku dari Kardus © Diadona

Cara Membuat:

- Langkah pertama cara membuat rak buku dari kardus ialah siapkan kardus bekas ukuran 30 cm x 50 cm dan 35 cm x 50 cm, lalu tempelkan kedua kardus yang sudah dipotong dengan lem sampai membentuk separuh bagian kubus.

- Kemudian, siapkan 2 potong kardus dengan ukuran 35 × 30 cm, yang bagian panjangnya tandai menjadi 2 bagian. Sedangkan masing-masing ukurannya ialah 17.5 cm dan potong bentuk segitiga sembarang pada bagian atas dengan lebar 4 cm. Kalau sudah, tempel dengan posisi tegak pada bagian sisi kiri dan tengah kubus.

- Cara membuat rak buku dari kardus selanjutnya adalah siapkan kardus dengan ukuran yang sama dan tidak perlu membagi ukurannya menjadi dua. Namun, bagian atasnya buat segitiga sembarang dengan lebar 4 cm lalu tempelkan bagian yang ini untuk menutup sisi kanan kubus.

- Setelah itu, tutup bagian atas rak buku dengan kardus berukuran 50 × 30 cm. Untuk membuat sekat yang lebih banyak, kamu bisa menggunakan potongan kardus yang lebih kecil.

- Kalau seluruh potongan kardus telah menyatu dan sudah membentuk rak, cara membuat rak buku dari kardus ialah tempelkan selotip pada setiap bagian ujung kardus supaya bisa berdiri lebih kokoh.

- Terkahir, beri permukaan kardus dengan lem dan jangan lupa beri cat warna sesuai dengan seleramu. Selesai. Gimana gampang kan cara membuat rak buku dari kardus?

3 dari 4 halaman

2. Rak Buku Kardus Tebal

Cara Membuat Rak Buku dari Kardus © Diadona

Selain rak buku berwarna, cara membuat rak buku dari kardus tebal juga bisa menjadi alternatif lain yang perlu kamu coba untuk menaruk koleksi buku yang lebih besar dan tebal. Namun, untuk tahap ini pastikan menggunakan kardus yang benar-benar tebal dan kuat supaya tidak sia-sia setelah membuatnya.

Alat dan Bahan:

- Pensil
- Penggaris
- Pisau cutter
- Kardus Tv atau kardus kulkas

Cara Membuat:

- Tahap pertama cara membuat rak buku dari kardus yang tebal ialah potong kardus menjadi bentuk persegi panjang. Lalu, buat lubang dengan bentuk memanjang tepat dekat dengan lebar.

- Bagian empat sisi yang lebar ini nantinya akan digunakan untuk menyangga antar muka rak buku. Sehingga, pastikan sudah pas dan kuat untuk penyangganya.

- Kalau sudah, cara membuat rak buku dari kardus yang tebal selanjutnya adalah potong kardus dengan bentuk persegi dan beri lubang pada bagian dalam mirip jendela.

- Ohya, pada setiap sisi atas dan sisi bawah pastikan berada di tengah untuk dijadikan penyangga. Lebihkan sisi bagian atas untuk puncak kecilnya, lalu pada bagian bawah dilubangi sama dengan sisi atasnya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Rak Buku dari Kardus © Diadona

- Langkah berikutnya cara membuat rak buku dari kardus ialah buat potongan-potongan kardus mirip dengan penggaris. Hal ini dilakukan agar bisa menyambung satu bagian dengan bagian rak buku yang lainnya.

- Buatlah sebuah lubang memanjang sebanyak empat buah pada sisi bawah dengan cutter dan beri jarak sesuai bagian penyangga antar muka. Lalu, pada bagian sambungan buatlah lubang memanjang dua buah.

- Setelah itu, kamu bisa mulai buat bagian antar muka kardus yang terbuka dengan posisi berdiri atau tegak. Kalau sudah, sambungkan bagian antar muka dengan bagan antar muka yang tertutup.

- Cara membuat rak buku dari kardus yang tebal berikutnya adalah gunakan sisi-sisi penyambung yang sudah dibuat sebelumnya. Ohya, pastikan bagian sisi antar muka tertutup dan ada jarak untuk menyangga rak buku supaya lebih kokoh.

- Kemudian, buat rongga dengan bentuk segi empat seperti lubang agar bisa menyambung antar bagian rak. Lalu, buat tumpukan yang sesuai dengan pola potongan kardus sebelumnya.

-  Langkah terakhir dari cara membuat rak buku dari kardus adalah kamu bisa memilih antara membuat rak buku bertumpuk atau tidak bertumpuk tergantung keinginan. Selesai.

Itulah cara membuat rak buku dari kardus yang terlihat unik dan simple untuk anak kos. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar