Mengenal Motivasi untuk Diri Sendiri, Kerja, dan Belajar Bagi Kehidupan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 13 Juni 2020 10:55
Mengenal Motivasi untuk Diri Sendiri, Kerja, dan Belajar Bagi Kehidupan
Motivasi adalah salah satu pengingat dalam diri seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang diingkannya.

Mungkin sebagian orang memahami kata motivasi adalah suatu dorongan untuk mencapai cita-cita dan tujuan tertentu.

Sebab, secara etimologi kata motivasi adalah berasal dari bahasa Inggris, yakni "motivation" yang artinya "dorongan" atau "daya batin".

Sehingga pengertian dari motivasi adalah gerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan tujuan yang telah ditentukan.

Nah, supaya lebih memahami arti motivasi, berikut definisi motivasi menurut para ahli:

1. Sardiman (2006:73)

Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

2. Victor H. Vroom

Menurut Victor H. Vroom, motivasi adalah sebuah akibat dari hasil yang ingin diraih oleh seseorang.

1 dari 5 halaman

3. Hamalik (1992:173)

Sedangkan menurut Hamalik, pengertian motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

4. Edwin B. Flippo

Edwin B. Flippo berpendapat bahwa motivasi adalah suatu keahlian dalam mengarahkan individu maupun kelompok supaya bisa bekerja untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.

5. Azwar

Motivasi adalah dorongan yang dimiliki oleh seseorang dalam melakukan sesuatu yang sudah direncanakan untuk mendapatkan sebuah tujuan yang diinginkan.

Untuk mengenal arti motivasi lebih jauh dan jenisnya, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Motivasi Kerja

Motivasi adalah © Diadona

Pada dasarnya sebuah lembaga atau perusahaan tentu mengharapkan para karyawannya yang cakap dan terampil, untuk mencapai hasil kerja yang optimal.

Untuk itu, motivasi kerja sangat penting dan dibutuhkan dalam mencapai produktivitas kerja yang tinggi.

Motivasi kerja adalah kondisi yang mempengaruhi seseorang dalam meningkatkan semangat atau  memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja.

3 dari 5 halaman

Sedangkan, menurut menurut Sondang P. Siagian (2008:138), ada 8 indikator motivasi kerja yang terdiri dari kemauan, daya pendorong, kerelaan, tanggung jawab, kewajiban, membentuk keterampilan, serta tujuan.

Sehingga untuk meningkatkan motivasi adalah dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Punya Tujuan yang Akan Dicapai
2. Selalu Berpikir Positif dan Bersyukur
3. Jangan Takut dan Ragu
4. Beri Reward Pada Diri Sendiri
5. Cintai Pekerjaanmu

4 dari 5 halaman

Motivasi Belajar

Motivasi adalah © Diadona

Sebagai seorang siswa tentu memiliki tugas untuk belajar di sekolah supaya menjadi pintar dan mendapat nilai yang bagus di sekolah.

Tetapi bagi banyak siswa, belajar ialah kegiatan yang menjenuhkan. Oleh karena itu dibutuhkan motivasi belajar supaya siswa menjadi semangat dalam belajar.

Motivasi belajar merupakan dorongan yang timbul dari dalam diri siswa (intrinsik) dan dari luar diri siswa (ekstrinsik) untuk melakukan sesuatu.

Motivasi intrinsik ialah dorongan kebutuhan untuk belajar, dan harapan akan cita-cita seorang siswa. Sedangkan motivasi ekstrinsik meiputi adanya lingkungan belajar yang kondusif serta adanya upaya guru dalam membelajarkan siswa.

5 dari 5 halaman

Motivasi Diri

Motivasi adalah © Diadona

Motivasi diri adalah cara terbaik yang dilakukan seseorang untuk menghadapi hambatan dalam hidupnya. Sebab, di dalam kehidupan kamu akan menemukan situasi diluar dugaan yang tidak tak bisa dihindari.

Namun, membangun motivasi di dalam diri sendiri juga tak mudah, karena kamu harus siap menghadapi tantangan serta menjadi pribadi yang tegas dan cerdas agar tidak dimanipulasi oleh orang lain.

Sehingga, untuk menciptakan motivasi adalah kamu bisa memulainya dengan berpikir positif, percaya diri dengan menghargai tindakan yang sudah kamu ambil, nikmati hidup dan bekerja keras.

Oleh karena itu, motivasi adalah dorongan yang memicu timbulnya rasa semangat individu menuju sesutau hal yang lebih baik untuk dirinya sendiri.

Beri Komentar