Cara Merawat Ikan Cupang dengan Baik dan Benar Bagi Pemula, Agar Terlihat Lebih Cantik

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 13 Agustus 2020 08:47
Cara Merawat Ikan Cupang dengan Baik dan Benar Bagi Pemula, Agar Terlihat Lebih Cantik
Inilah cara merawat ikan cupang yang baik, agar bisa jadi bisnis rumahan.

Belakangan ini ikan cupang lagi digemari para publik. Selain memiliki warna yang cantik, cara merawat ikan cupamg juga tidak terlalu sulit meski membutuhkan ketekunan supaya ikan tersebut bisa berkembang dengan baik.

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias aduan yang memiliki corak dan bentuk yang bagus. Sayangnya bagi pemilik yang mempraktikkan cara merawat ikan cupang yang salah, tentu berisiko membuat ekor ataupun sirip ikan cupang robek atau patah.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kali ini kami akan membahas bagaimana cara merawat ikan cupang dengan baik dan benar yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Merawat Anak Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan CupangCara Merawat Ikan Cupang © shutterstock.com/Nitikan T

Seperti yang diketahui, ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang bisa bertahan hidup dalam waktu lama. Oleh karena itu, berikut cara merawat anak ikan cupang yang baik supaya tidak mudah mati.

1. Gunakan Wadah yang Benar

Cara merawat ikan cupang yang pertama adalah memperhatikan wadah ikan. Kamu bisa meggunakan wadah apa saja, mulai dari toples sampai aquarium. Tapi, kalau kamu memilih menggunakan aquarium, sebaiknya gunakan wadah yang berukuran 20 x 15 x 15 cm.

Namun, untuk ikan cupang jenias soliter yang kecil kamu tidak perlu menggunakan wadah yang besar. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan aquarium atau toples yang sesuai dengan ukuran cupang.

2. Perhatikan Air untuk Ikan Cupang

Salah satu cara merawat ikan cupang yang baik dan benar ialah dengan memperhatikan airnya. Sehingga salah satu air terbaik untuk memelihara cupang yaitu menggunakan air sumur.

Hal ini disebabkan ikan cupang adalah jenis ikan yang hidup di air tawar, sehingga dapat membuat ikan cupang merasa nyaman dan hidup lebih lama.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Ikan CupangCara Merawat Ikan Cupang © shutterstock.com/satit sewtiw

3. Makanan untuk Ikan Cupang

Selain memperhatikan wadah dan air, salah satu cara merawat ikan cupang yang tak boleh terlewatkan ialah pada saat memberii makan ikan tersebut. Sehingga, saat memberi makan sebaiknya cukup menaburkannya ke dalam aquarium.

Selain itu, cara merawat ikan cupang saat memberi makanan sebaiknya dilakukan secara bertahap dan usahakan tidak memberikan makanan ikan cupang yang terlalu banyak, sebab akan memicu timbulnya penyakit.

4. Rutin Membersihkan Wadah

Cara merawat ikan cupang selanjutnya adalah dengan rutin membersihkan wadah atau tempat ikan cupang, sebab wadah yang kotor bisa meningkatkan risiko kematian untuk ikan hias jenis ini.

Dengan begitu, sebaiknya bersihkan wadah cupang sedikitnya satu kali dalam seminggu.

5. Menjemur Ikan Cupang

Meski saat ini memelihara ikan cupang merupakan hobi yang baru, namun ternyata masih banyak orang yang sering melewatkan saat merawat anak ikan cupang, yakni menjemur ikan tersebut.

Cara merawat ikan cupang dengan hal ini bertujuan supaya ikan lebih segar sekaligus membunuh bakteri serta jamur yang biasa terjadi di akuarium. Untuk itu, letakkan aquarium-mu di tempat dengan suhu yang stabil.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Ikan Cupang Aduan

Cara Merawat Ikan CupangCara Merawat Ikan Cupang © shutterstock.com/subin pumsom

Kompetisi adu cupang saat ini sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun tak sedikit juga para pemilik cupang yang kerap merugi karena cupangnya kalah dalam pertarungan.

Biasanya hal ini disebabkan karena warisan genetik dari induk cupang hingga bagaiamana cara merawat ikan cupang aduan yang dilakukan oleh pemilik.

Nah, kalau kamu tertarik untuk meningkatkan fisik dan mental cupang untuk bertarung, ikuti langkah-langkah cara merawat ikan cupang berikut ini.

1. Memilih Ikan Cupang yang Kuat

Sebelum melatih ikan cupang untuk diadu, tentu saja kamu harus lebih dulu tahu bahwa ada cupang jenis hias dan aduan. Hal ini harus diperhatikan sebab untuk menentukan nasib cupang dalam kompetisi ke depannya.

2. Latihan Melawan Arus

Selain itu, cara merawat ikan cupang aduan yang selanjutnya ialah dengan membuatnya bergerak melawan arus. Untuk melakukan latihan ini diperlukan wadah berbentuk lingkaran yang lebar dan stik kayu atau sumpit.

Kemudian masukkan ikan cupang ke dalam wadah lingkaran yang telah diisi air dan putarlah air hingga membentuk pusaran, latihan ini harus dilakukan selama lima hari berturut-turut sekitar 30 menit.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Ikan CupangCara Merawat Ikan Cupang © shutterstock.com/Mr.Soonthorn Thonglor

3. Melatih Pernafasan dan Stimulasi Berkelahi

Cara merawat ikan cupang aduan berikutnya adalah dengan melatih pernafasan atau biasa disebut oleh penggiat adu cupang dengan nama jantur.

Untuk melakukannya diperlukan toples atau wadah bening setinggi 1 meter dan panjang sekitar 10 cm yang sudah diisi penuh dengan air bersih dan benda berwarna hitam, lalu letakkan cupang di dalam wadah selama 2-3 hari setiap minggunya supaya pernapasannya bisa terlatih lebih kuat.

4. Air dalam Piring

Untuk melatih pernafasan cupang, kamu juga bisa menggunakan air dalam piring sebagai cara merawat ikan cupang aduan. Pasalnya, latihan ini berfungsi untuk melatih pernafasan yang lebih kuat dan membentuk otot.

Untuk latihan ini cukup dilakukan sekali saja sekitar 2-3 hari sebelum bertanding, setelah itu letakkan ikan cupang di dalam wadah bening yang bagus dengan air bersih.

Itulah cara merawat ikan cupang agar  terlihat lebih cantik dan bisa di adu dengan cupang lainnya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar