Lulus Kuliah, Berharap Langsung Dapet Kerja? Liat dulu nih Realitanya!

Reporter : Mila
Jumat, 24 April 2020 08:57
Lulus Kuliah, Berharap Langsung Dapet Kerja? Liat dulu nih Realitanya!
Siapin mental ya!

Menjadi mahasiswa itu memang menjadi masa-masa yang menyenangkan. Kumpul sama temen-temen kampus dan mengeksplor hal baru menjadi hal yang tak terlupakan. Tapi beda halnya nih kalau kamu udah mau lulus.

Setelah lulus bukan berarti urusanmu selesai, kamu perlu mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Dunia kerja tentunya sangat berbeda dengan dunia kuliah. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan mental untuk menghadapi realita dunia yang sebenarnya.

Supaya nantinya nggak kaget, ada baiknya kamu perlu tau dulu nih berbagai realita yang harus dihadapi waktu sudah lulus nanti.

 

1 dari 4 halaman

Wisuda Cuma Euphoria Sesaat

Realita Dunia Kerja © Diadona

Waktu lulus yang diperingati dengan perayaan wisuda, adalah momen yang menyenangkan. Pasalnya, orang tua dan teman-teman bakal hadir memberikan selamat. Eits, tapi jangan seneng dulu, wisuda itu cuma kebahagiaan sesaat.

Setelah itu, kamu harus berhadapan sama dunia kerja. Mulai dari membuat CV sampai melamar kerja sana-sini. Nggak mudah pastinya, tapi tetep semangat ya!

2 dari 4 halaman

Wawancara Kerja

Realita Dunia Kerja © Diadona

Setelah melamar kerja di berbagai tempat yang kamu pengin, tahap selanjutnya yaitu tahap interview atau wawancara kerja. Jelas persiapan mental dan fisik harus diperhatikan, kalau pengin lolos interview

 

3 dari 4 halaman

Kerja Nggak Sesuai Ekspektasi

Realita Dunia Kerja © Diadona

Setelah diterima bekerja, bukan berarti masalah selesai. Bisa jadi kamu keterima kerja di tempat yang nggak sesuai sama ekspektasimu. Wajar kok untuk fresh graudate mendapatkan pekerjaan yang nggak sesuai dengan minat dan bakat. Yang penting perbanyak pengalaman dulu ya!

4 dari 4 halaman

Mengembangkan Relasi

Realita Dunia Kerja © Diadona

Kadang kita nggak bisa mengandalkan teman dari sekolah atau kuliah dulu karena sudah sibuk dengan dunianya masing-masing, jadi saatnya kamu nyari relasi baru nih. 

Mencari teman atau relasi seluas-luasnya itu penting lho. Selain membuka diri, dengan mendapatkan relasi baru kamu juga bisa mendapatkan berbagai ilmu, cerita, dan pengalaman yang bisa membantumu di masa depan. 

Gimana, udah siap masuk dunia kerja?

Beri Komentar