Apakah Gagal Ginjal Akut pada Anak Bisa Sembuh? Begini Penjelasan Dokter

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 25 Oktober 2022 17:03
Apakah Gagal Ginjal Akut pada Anak Bisa Sembuh? Begini Penjelasan Dokter
Banyak orangtua yang khawatir tentang kesembuhan anaknya jika anaknya terkna gagal ginjal.

Kasus penyakit gagal ginjal akut pada anak atau gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak belakangan menyita perhatian para orangtua. Salah satu kekhawatiran terbesar para orangtua, apakah gagal ginjal akut pada anak bisa sembuh?

Rasa ketar-ketir tersebut wajar. Pasalnya, tren kematian akibat penyakit yang penyebabnya masih terus diinvestigasi ini terbilang cukup tinggi. Data per 23 Oktober 2022 menunjukkan, sedikitnya sudah ada 245 kasus gagal ginjal akut pada anak di 26 provinsi. Dari jumlah tersebut, kasus kematian akibat penyakit ini mencapai 141 atau sekitar 57,6 persen.

Untuk mengenal lebih jauh penyakit ini, simak penjelasan dokter berikut.

1 dari 5 halaman

Apakah gagal ginjal akut pada anak bisa sembuh?

Ilustrasi Anak Gagal Ginjal © Diadona

Dokter spesialis anak konsultan dari Divisi Nefrologi Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Prof. Dr. dr. Sudung O. Pardede, Sp.A(K) mengatakan, umumnya gagal ginjal akut pada anak bisa sembuh.

Namun, gagal ginjal akut pada anak atau gangguan ginjal akut progresif atipikal yang merebak di Indonesia belakangan masih terus diselidiki para ahli.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Anak Gagal Ginjal © Diadona

“ Fungsi ginjal semestinya bisa pulih seperti semula pada anak dengan gangguan ginjal akut,” jelas Sudung, seperti dilansir dari Antara, Senin (25/10/2022).

Meskipun secara umum bisa sembuh, Sudung menyebutkan, ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat keberhasilan penyembuhan penyakit ini.

3 dari 5 halaman

Faktor yang memengaruhi

Ilustrasi Sakit Ginjal © Diadona

Sudung menjabarkan, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi gagal ginjal akut pada anak bisa sembuh atau tidak, antara lain:

  • Usia bayi atau anak saat terserang gagal ginjal akut
  • Kadar gizi bayi atau anak saat terkena gagal ginjal akut
  • Kondisi gagal ginjal akut pada anak tergolong ringan atau berat
  • Ada tidaknya komplikasi gagal ginjal akut
  • Waktu penanganan gagal ginjal akit sudah tepat atau terlambat
  • Penanganan medis gagal ginjal akut sejak awal sudah tepat atau belum

4 dari 5 halaman

Pemerintah sudah siapkan obat

Obat Fomepizole © Diadona

Untuk mencegah kematian pada balita akibat gagal ginjal akut, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan telah memesan obat Fomepizole dari Singapura. Fomepizole termasuk jenis antidotum atau antidot (antidote) yang berfungsi sebagai obat penawar untuk mengatasi keracunan.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan jumlah obat Fomepizole yang dipesan sebanyak 200 vial. Pemesanan ini adalah tambahan stok karena sebenarnya Fomepizole sudah dipesan sebelumnya dari Singapura.

Beri Komentar