Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar, Penting Diperhatikan Sebagai Refrensi

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 29 September 2020 08:47
Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar, Penting Diperhatikan Sebagai Refrensi
Inilah contoh kata pengantar makalah yang benar dan lengkap.

Menulis makalah memang menjadi makanan sehari-hari saat sekolah ataupun kuliah. Bahkan saat kamu bekerja pun kita juga masih dihadapkan untuk menulis makalah dalam berbagai kepentingan.

Sehingga untuk menulis sebuah makalah tidaklah sembarangan, karena ada beberapa aturan yang perlu dipahami. Satu diantaranya ialah menulis kata pengantar makalah. Fungsi kata pengantar sendiri adalah untuk mengantarkan para pembaca pada sebuah karya ilmiah.

Dalam sebuah karya ilmiah kata pengantar makalah biasanya berada di halaman depan yang bermuatan beberapa komponen seperti ucapan terima kasih dan rasa syukur. Selain itu, di dalam kata pengantar juga terdapat sedikit gambaran tentang isi atau hal yang akan dibahas di dalam sebuah karya ilmiah tersebut.

Nah, kalau kamu masih belum paham bagaimana cara membuat kata pengantar makalah dengan baik dan benar, langsung saja simak ulasan berikut yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar MakalahKata Pengantar Makalah © shutterstock.com/metamorworks

Dalam menulis sebuah kata pengantar makalah yang baik dan benar, kamu tidak boleh asal-asalan. Oleh karena itu, ada beberapa rangkaiannya yang perlu kamu pahami. Diantaranya:

1. Paragraf Pembuka

Langkah pertama yang harus dipelajari saat membuat kata pengantar makalah ialah paragraf pembuka. Pada paragraf pembuka ini berisi ucapan syukur penulis atas selesainya membuat sebuah karya ilmiah.

Setelah ucapan syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang yang terlibat dan membantu selama proses penulisan karya tulis tersebut. Untuk urutan penulisan pihak-pihak yang terlibat ini biasanya diurutkan sesuai seberapa besar pihak tersebut terlibat pada penulisan.

2. Berikan Penjelasan Pada Bagian Isi

Selain paragraf pembuka, ada pula bagian terpenting dalam kata pengantar makalah yakni memberikan penjelasan singkat mengenai karya tulismu tersebut. Pada tahap ini biasanya dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis, kemudian alasan penulisan karya tulis, lalu penjelasan mengenai isi atau pembahasan dari karya tulis tersebut.

Meski menjadi langkah terpenting dalam pembuatan kata pengantar makalah, namun kamu juga harus menuliskannya secara singkat, padat dan jelas agar para pembaca bisa mendapatkan pandangan mengenai karya tulis yang kamu buat.

3. Tulis Penutup dengan Singkat

Langkah terakhir dalam pembuatan kata pengantar makalah yaitu menulis bagian penutup dengan singkat, padat dan jelas. Biasanya berisi mengenai harapan penulis atas manfaat dari karya tulis yang telah dibuat.

Selain itu bagian penutup juga berisi permohonan maaf kepada pembaca kalau nantinya pembaca menemukan kesalahan atau kekeliruan yang dibuat oleh penulis yang berupa kesalahan dalam penulisan gelar, istilah, ataupun nama.

Setelah kamu mengetahui struktur utama dari penulisan kata pengantar. Maka, sudah dipastikan sekarang kamu bisa membayangkan bagaimana menulis kata pengantar makalah dengan singkat dan benar.

Selain penjelasan di atas, adapun contoh kata pengantar makalah dengan baik dan benar yang bisa kamu jadikan sebagai refrensi saat menulis karya ilmiah.

2 dari 2 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan anugrah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang “ Adab Menghormati Orang Tua” ini. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita semua jalan yang lurus berupa ajaran agama islam yang sempurna dan menjadi anugrah terbesar bagi seluruh alam semesta.

Penulis sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan makalah yang menjadi tugas pendidikan agama dengan judul “ Adab Menghormati Orang Tua”. Disamping itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu selama pembuatan makalan ini berlangsung sehingga dapat terealisasikan dengan baik.

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kami mengharapkan kritik dan saran terhadap makalah ini untuk kedepannya bisa kami perbaiki. Karena kami sadar, makalah yang kami buat ini masih banyak terdapat kekurangannya.

Malang, September 2020


Penulis

Itulah contoh kata pengantar makalah beserta struktur utama dalam pembuatannya yang bisa kamu jadikan sebagai refrensi saat membuat karya ilmiah dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar