Cara Membuat Proposal Usaha Makanan dan Dagang secara Baik dan Benar

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 21 September 2020 22:49
Cara Membuat Proposal Usaha Makanan dan Dagang secara Baik dan Benar
Apa saja yang harus diperhatikan dalam cara membuat proposal usaha biar dilirik investor ya?

Cara membuat proposal usaha sebenarnya harus langkah awal dalam mendirikan usaha. Kenapa ini penting? Kita sering mengetahui kalau proposal digunakan untuk persetujuan dan pengajuan dana. Padahal, lebih dari itu.

Proposal usaha dibuat dengan banyak fungsi, tak hanya tentang permohonan kesepakatan. Namun, bisa digunakan untuk kerangka bisnis, bahan pengembangan bisnis dan masih banyak lagi. Meski umumnya, cara membuat proposal usaha yang baik dan benar banyak dicari oleh mereka untuk meyakinan calon investor.

Seperti apa sih kira-kira proposal usaha yang baik tuh? Dilansir dari berbagai sumber, yuk cari tahu gimana cara membuat proposal usaha yang baik.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Proposal Usaha Makanan

Cara Membuat Proposal UsahaCara Membuat Proposal Usaha © 2020 entrepreneur.com/

Dikutup dari Pandadoc, secara umum cara membuat proposal usaha itu bervariasi tergantung pada ukuran usaha ddan banyak faktor lainnya. Tapi ada beberapa hal yang harus amu perhatikan dan masukkan dalam proposal kamu tersebut biar investor tertarik dengan usaha makanan milikmu.

Detail Usaha/ Perusahaan

Jelaskan perusahaan atau produk kamu, sebutkan apa yang membautnya beda dibanding yang lain.

Analisis Pasar

Dalam cara membuat proposal, kamu harus menyertakan analisis passar menyeluruh yang menjelaskan semua pasar yang kamu coba masuki. Jelaskan kenapa kamu dan produkmu sesuai dengan pasar itu.

Detail Tim

Jelaskan siapa aja yang ada dalam tim kamu, pengalaman mereka, dan gimana mereka akan memberikan nilai tambahan pada usaha kamu.

Strategi Pemasaran dan Penjualan

Sertakan strategi pemasana dan penjualan dalam saat kamu mencari cara membuat proposal usahamu. Ini penting biar investor punya alasa untuk percaya bahwa usaha kamu bakalan sukses.

USP

Kenapa investor harus berinvestasi ke usaha kamu? Apa untungnya untuk mereka? Apa yang bisa kamu berikan untuk mereka? Penting juga untuk ngasih tahu rekam jejak kamu sebelumnya.

Laporan Arus Kas

Berikan laporan arus kas yang jelas dengan menyebutkan kebutuhan kas atau investasi saat ini dan di masa depan.

Cara membuat proposal binis yang tak kalah penting yakni dengan menuliskannya di atas solusi, kredibilitas, contoh dan bahasa sesuai target.

2 dari 3 halaman

Nah, kali ini kita beralih ke gimana cara membuat proposal usaha makanan secara teknisnya yah!

Ada banyak contoh yang mungkin bisa kamu dapatkan di internet. Formatnya kebanyakan yakni:

Pengantar

Jelaskan tentang latar belakang usaha yang kamu buat, prospek di masa mendatang, keunggulan dibanding yang lain, serta tantangan yang mungkin akan kamu hadapi berserta dengan solusinya.

Profil Usaha

Jabarkan secara jelas mengenai badan usaha, jenis usaha, lokasi, dan riwayatnya.

Struktur Organisasi Badan Usaha

Dikutip dari Gobiz, cara membuat proposal usaha dengan mencantumkan siapa aja yang masuk dalam struktur organisasi tersebut, tetap harus dilakukan walaupun skala usaha yang dibentuk masih kecil

Produk

Jelaskan secara lengkap tentang produk perusahaan secara lengkap, antara lain spesifikais, metode produksi, keunggulan produk, kuantitas, kendalan produksi hingga bahan baki.

Target Pasar

Siapa konsumen yang kamu bidik dalam usahamu? Jabarkan secara jelas mulai dari tingkat pendidikan, pekerjaan hingga penghasilannya. Kenap aini penting? Biar produk yang kamu miliki dipasarkan pada target yang tepat.

Analisis S.W.O.T

Penting banget untuk memasukkan Analasis Strength, Weakness, Opportunity dan Threat dalam proposal kamu. Ini penting untuk tahu apa aja kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemungkinan muncul pada bisnis kamu.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Proposal Usaha Dagang yang Baik dan Benar

Baju PrelovedBaju Preloved © 2019 https://www.diadona.id/@byrawlins.com

Secara umum nih cara membuat posposal usaha untuk berbagai macam bidang tuh hampir sama aja kok.

Biar nggak bingung, intip dulu deh cara membaut proposal usaha berikut ini :

Judul Proposal : Grosir Baju Rumah

Target Pasar

Bertajuk grosi pakaian, bisnis ini diharapkan bisa menjangkau seluruh kalangan masyarakat dengan target adalah kalangan remaja, mahasiswa hingga orang dewasa.

Strategi Pemasaran

Harga Pasar

Dengan target seluruh kalangan masyarakat berpenghasilan rendah hingga menengah, maka harga yang ditawarkan terholong murah dan ramah di kantong. Kami bisa mendapatkan harga yang rendah ini karena mendapaykan pasokan barang langsung dari produsen tanpa melalui sales.

Adapun harga yang dipatok antara Rp. 35 ribu sampai Rp. 50 ribu.

Promosi

Promosi akan gencar dilaksanakan melalui media sosial baik iklan atau jasa endorsment di instagram, facebook dan sejenisnya. Kami juga akan menyebarkan pamflet untuk menjangkau pasar lebih luas lagi.

Strategi Penjualan

Yakni dengan memberikan pelayanan yan maksimal dari sisi harga dan kualitas. Membuka peluang juga untuk menerima reseller.

Biaya yang Dibutuhkan

Sewa Tempat 1 Tahun : Rp. 20.000.000
Belanja Produk : Rp. 375.000.000
Biaya Promosi : Rp. 10.000.000
Gaji Karyawan 1 Tahun : Rp. 50.0000.000

Total : Rp. 455.000.000

Transportasi : Rp 500.000,-
Listrik, air dan telepon : Rp 1.000.000,-
Pemeliharaan alat dan tempat : Rp 500.000,-
Biaya lain :Rp 1.000.000,-

Total = Rp 3.000.000,

Estimasi Pendapatan

50 pcs/ hari x Rp. 40.000
= Rp. 2.000.000

Dalam sebulan maka disetimasikan penjualan baju = Rp. 50.000.000

Maka penghasilan setahun Rp. 50.000.000 x 12 = Rp.600.000.000

modal + biaya bulanan setahun = Rp. 455.000.000 + Rp. 36.000.000  = Rp. 491.000.000

Keuntungan = Rp. 600.000.000 - Rp. 491.000.000 = Rp. 109.000.000/tahun

 

Beri Komentar