Menurut Ahli, Begini Cara Bikin Kuku Lebih Cepat Panjang dan Tetap Kuat

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 23 Desember 2021 18:15
Menurut Ahli, Begini Cara Bikin Kuku Lebih Cepat Panjang dan Tetap Kuat
Ternyata ada triknya loh!

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang seringkali terlupakan saat menjalani perawatan. Padahal, kuku juga jadi salah satu bagian yang bisa memperindah penampilan seseorang.

Biasanya, kuku yang cepat panjang menjadi penanda jika tubuh dalam kondisi sehat. Hal ini berkaitan dengan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Selain melalui nutrisi, pertumbuhan dan kekuatan kuku ternyata bisa diraih melalui beragam cara lainnya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut tips dari para ahli agar kuku lebih cepat panjang dan tetap kuat. Simak selengkapnya ya!

1 dari 4 halaman

1. Lembapkan kuku

Ilustrasi Kuku Sehat © Diadona

Seorang dokter kulit bernama Jeannette Graf, M.D., menyatakan jika kuku akan menjadi kering dan mudah rapuh jika kekurangan kelembapan. Untuk itu penting banget untuk menggunakan lotion atau minyak agar kuku tetap lembap dan nggak mudah pecah.

2. Hindari gunakan kuku sebagai alat

Kamu pasti pernah menggunakan kuku sebagai alat, entah untuk mencongkel atau memetik sesuatu. Hal sepele ini sebenarnya nggak boleh dilakukan loh! " Jika Anda benar-benar kasar pada kuku, misalnya menggunakannya untuk membuka kotak, kemungkinan besar kuku akan patah," ujar Brittney Boyce, nail artist langganan para selebriti.

2 dari 4 halaman

3. Lindungi kuku saat beraktivitas

Kuku juga perlu mendapat perlindungan, utamanya jika kita sering melakukan aktivitas yang menggunakan tangan. " Saat Anda membersihkan dan melakukan pekerjaan rumah, pertimbangkan untuk mengenakan sarung tangan," lanjut Brittney.

4. Jaga kuku tetap rapi

Kuku yang dikikir dengan tidak benar bisa membuatnya rapuh hingga mudah patah. " Mereka dapat dengan mudah bergerigi dan tersangkut benda atau dikikir pada sudut yang menyebabkannya menjadi terlalu tipis. Gunakan kikir kaca, jika mungkin, untuk hasil yang sangat halus," ujar Brittney.

3 dari 4 halaman

5. Sesekali minum suplemen kuku

Ilustrasi Kuku Sehat © Diadona

Untuk meningkatkan nutrisi pada kuku, kamu juga bisa minum suplemen khusus untuk kuku. Dr Jeannette menyarankan agar mengonsumsi 5000 UCG biotin per hari untuk memperkuat kuku serta meningkatkan pertumbuhan kuku. Dengan mengonsumsi suplemen biotin, kuku cenderung tumbuh dengan sangat cepat.

6. Coba penguat topikal

Selain minum suplemen kuku, kamu bisa menggunakan penguat topikal. Produk ini biasanya mengandung kalsium vegan, vitamin B5, C, minyak argan, serta antioksidan yang bisa membantu menyehatkan kuku yang kering, rusak, dan tipis.

4 dari 4 halaman

7. Pertimbangkan manikur gel

Manikur gel nggak selamanya buruk, karena bisa memberi dampak baik bagi kuklu. Lapisan gel berkualitas yang diaplikasikan dengan benar bisa menciptakan lapisan pelindung di atas kuku alami. Agar kuku tetap kuat dan sehat, penghapusan manikur gel sebaiknya dilakukan oleh ahli.


Well, itu dia sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk membantu kuku tumbuh lebih cepat, kuat, dan sehat. Selamat mencoba!

Beri Komentar