Deodoran Lebih Efektif Dipakai saat Malam Hari, Bener Nggak sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 25 Juli 2021 09:15
Deodoran Lebih Efektif Dipakai saat Malam Hari, Bener Nggak sih?
Ini kata ahli tentang pemakaian deodoran.

Seseorang yang aktif berkegiatan mulai pagi hingga sore atau malam, pasti nggak asing lagi dengan kemunculan keringat. Keringat utamanya di daerah ketiak seringkali menimbulkan bau tidak sedap yang merusak penampilan.

Untuk menjaga penampilan tetap paripurna dengan wangi yang tetap segar, seseorang biasanya memakai parfum dan deodoran. Biasanya, deodoran akan dipakai saat pagi hari usai mandi dan sebelum beraktivitas.

1 dari 5 halaman

Semua pasti setuju dengan cara pakai tersebut. Namun, pernah nggak sih kamu kepikiran kalau apa yang selama ini kita lakukan ini ternyata salah?

Melansir dari KumparanWOMAN, pemakaian deodoran yang tepat justru saat malam hari loh! Hal ini dibenarkan oleh seorang ahli Dermatologi bernama dr Melyawati Hermawan, SpKK.

2 dari 5 halaman

dr Melyawati menyebut bahwa kandungan antiperspirant yang ada pada deodoran akan bekerja lebih maksimal saat malam hari.

" Jadi pada malam hari antiperspirant ini akan masuk atau melakukan penetrasi ke dalam saluran pintu keluar dari kelenjar keringat. Nah, nanti waktu pagi hari setelah mandi, lapisan yang ada di luar kulit ketiak akan hilang kena air saat mandi. Tetapi sudah ada molekul dari antiperspirant yang menyumbat di saluran pintu keluar kelenjar keringat sepanjang malam sehingga keringat tidak banyak keluar di sepanjang hari," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Pemakaian DeodorantIlustrasi Pemakaian Deodorant © shutterstock.com/id/g/dolgachov

Meski waktu terbaik penggunaan deodoran adalah di malam hari, kamu harus tetap memastikan ketiak dalam kondisi bersih dan kering. Sebisa mungkin, aplikasikan deodoran sebelum tidur.

Gak cuma itu, pemilihan deodoran pun nggak bisa sembarangan nih. Kamu harus memilih dan menyesuaikan deodoran dengan jenis kulit kamu.

4 dari 5 halaman

" Untuk pemilihan jenisnya itu preferensi pribadi. Tapi pada dasarnya kalau krim jauh lebih bisa melembutkan jadi kalau kulitnya cenderung kering bisa pilih deodoran berbentuk krim, lotion, atau roll on. Tetapi kalau kulitnya basah atau berkeringat sekali, dia akan lebih mendapat keuntungan kalau memakai yang spray karena bisa sedikit membantu mengeringkan," pungkasnya.

Beri Komentar