10 Tips Mengatasi Kulit Kering dan Penggunaan Skin Care Bahan Alami

Reporter : Arifina
Senin, 24 Juli 2023 20:17
10 Tips Mengatasi Kulit Kering dan Penggunaan Skin Care Bahan Alami
Jangan panik, begini cara atasi kulit kering dengan bahan alami di rumah!

Kulit kering adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Kondisi ini terjadi ketika kulit kehilangan kelembapan alami sehingga membuatnya terasa kasar, pecah-pecah, dan terkadang gatal.

Faktor-faktor seperti cuaca, pola makan, produk perawatan kulit yang salah, dan kondisi medis tertentu dapat menyebabkan kulit kering. Hal ini bagi sebagian orang menjadikan permasalahan, karena menjadi tidak nyaman dan percaya diri saat beraktivitas.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada berbagai langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering dan menjaga kecantikan alami kulit. Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips mengatasi kulit kering dengan menggunakan bahan alami. Apa saja?

1 dari 10 halaman

Perhatikan Kebiasaan Mandi

Mengatasi kulit kering © Diadona

Kebiasannmu saat mandi memengaruhi kondisi kulit lho! Hindari untuk berendam terlalu lama, dan batasi cukup 5-10 menit saja.

Biasakan pakai air hangat saat mandi, pakai sabun secukupnya dan gunakan handuk dengan tekstur lembut saat mengeringkan tubuh.

2 dari 10 halaman

Gunakan Pelembab

Tidak hanya untuk perawatan pada wajah, pelembab juga penting untuk tubuh. Karena itu, biasakan mengoleskan pelembab setelah mandi ya!

Oleskan pelembap secara teratur, setidaknya dua kali sehari, terutama setelah mandi atau mencuci wajah, ketika kulit masih lembab. Pelembap akan membantu mengunci kelembapan pada kulit dan menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

3 dari 10 halaman

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Merawat kulit tidak hanya dari luar, tapi juga dari dalam. Penting sekali memperhatikan pola makan untuk menjaga kondisi kulit.

Konsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat, vitamin, dan mineral dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit dari dalam. Jangan lupa untuk minum air yang cukup setiap hari agar tubuh Anda tetap terhidrasi dan kulit tidak kehilangan kelembapannya.

4 dari 10 halaman

Pastikan Ruangan Selalu Lembap

Mengatasi kulit kering © Diadona

Ruangan yang kamu tinggali juga dapat memengaruhi kondisi kulitmu lho! Karenanya, pastikan ruanganmu selalu dalam kondisi lembap ya!

Gunakan pelembap ruangan atau humidifier. Cara ini akan memengaruhi udara di dalam ruangan, sehingga tidak memengaruhi kulit tubuh.

5 dari 10 halaman

Gunakan Madu

Bahan alami seperti madu dapat mengatasi permasalahan kulit kering. Ini merupakan pelembab alami terbaik dengan kandungan antioksidan dan antimikroba.

Caranya, oleskan madu ke seluruh tubuh selama 5-10 menit sebelum mandi, Madu dapat mengunci kadar air dalam kulit dan menjadikan kulit lebih lembut.

6 dari 10 halaman

Lidah Buaya

Lidah buaya juga menjadi salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengatasi kulit kering. Cairan pada lidah buaya juga dapat membantu mengatasi kulit pecah-pecah dan iritasi lho!

Oleskan saja lidah buaya pada kulit yang kering, diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.

7 dari 10 halaman

Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa © Diadona

Bahan yang satu ini cukup mudah pengguannnya, yakni dengan mengahangatkan satu sendok minyak kelapa. Lalu, oleskan ke seluruh wajah atau kulit yang kering.

Minyak kelapa memiliki fungsi sebagai emolien alami yang dapat mengatasi dehidrasi pada kulit. Sehingga, jika kamu mengalami kulit bersisik dan mengelupas karena terlalu kering ini menjadi bahan yang ampuh untuk mengatasinya.

8 dari 10 halaman

Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga ampuh untuk mengatasi kulit kering. Bahkan, kandungan minyak zaitun memberikan efek menenangkan pada kulit.

Untuk penggunaan pada wajah, oleskan sedikit saja sebelum menggunakan pelembab harian. Sedangkan, untuk tubuh oleskan sekitar 30 menit sebelum mandi ya!

9 dari 10 halaman

Mentimun

Warnanya yang hijau dan segar, rupanya mentimun salah satu makanan yang ampuh mengatasi permasalahan kulit kering. Kandungan airnya yang tinggi mencapai 95 persen, menjadikan mentimun digunakan sebagai masker wajah atau body scrub alami.

Caranya pun mudah, cukup dihaluskan saja hingga menyerupai pasta. Balurkan pasta mentimun ke seluruh permukaan kulit, diamkan sejenak dan bilas ya!

10 dari 10 halaman

Yogurt + Telur

Ilustrasi Yogurt Sederhana © Diadona

Percampuran antara yogurt dan telur sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering lho! Oleskan campuran keduanya pada kulit dan pijat perlahan sampai meresap sempurna.

Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Kandungan yogurt dan telur dapat melindungi kerusakan sel akibat paparan radikal bebas dan polusi udara yang menempel di tubuh.

Itulah sederet tips mengatasi kulit kering yang bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar