11 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Reporter : Sofi
Jumat, 14 Juli 2023 02:20
11 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Cara Membuatnya
Di antara manfaat kopi untuk wajah yakni bisa bikin kulit glowing, menenangkan kulit, anti-aging, menghempaskan wajah kusam dan masih banyak lainnya!

Secangkir kopi untuk memulai aktivitas dipercaya mampu bikin kamu lebih fokus dan berenergi. Kandungan dalam kopi yaitu mangan, potassium, dan vitamin B2 yang baik untuk tubuh.  Nggak cuman bikin mood kamu makin bagus, tapi ada juga kopi juga punya manfaat untuk wajah lho!

Penelitian terbaru menemukan bahwa kopi memiliki beberapa manfaat untuk kulit. Bubuk kopi memiliki beberapa nutrisi, antioksidan dan asam lemak.

Kafein dalam kopi bertindak sebagai anti-inflamasi alami yang membuat kulit tetap kencang. Selain itu kopi juga dipercaya bisa bikin wajah glowing lho!

Ini karena masker kopi mengurangi peradangan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah, yang mengencangkan pembuluh darah dan membuat kulit lebih bercahaya dan bercahaya dan juga bisa meminimalkan tanda-tanda kelelahan.

Masker kopi juga bertindak sebagai penenang kulit dan dipercaya bisa memiliki manfaat anti aging. Dan tentu saja masih banyak manfaat kopi lainnya untuk kulit wajah kamu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ulasan lebih dalam mengenai manfaat kopi untuk wajah dan bagaimana mengaplikasinnya. 

1 dari 4 halaman

Manfaat Kopi untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Masker kopi sangat bermanfaat dan bagus untuk memutihkan serta mencerahkan kulit. Selain rasanya lezat, kopi juga bagus untuk perawatan kecantikan kulit dan wajah. Namun kamu harus memilih varian kopinya karena tidak semua jenis kopi bagus untuk wajah.

Biasanya kopi lokal seperti Kintamani dan Sidikalang jauh lebih baik dibanding kopi saset produksi pabrikan. Eits, jangan sampai menggunakan bubuk kopi yang telah dicampur dengan gula, ya!

Ilustrasi Masker Kopi © Diadona

1. Mengurangi Komedo

Kandungan kafein pada kopi bekerja secara efektif mengurangi ukuran sel-sel lemak dan minyak yang menjadi penyebab utama munculnya komedo. Bila kamu ingin menghilangkan komedo dengan cara alami, cukup gunakan masker kopi.

Cara membuat masker kopi untuk mengurangi komedo : 

Campurkan bubuk kopi dengan sedikit air. Oleskan pada area wajah yang berkomedo, lalu gosok secara perlahan beberapa saat. Kemudian bilas dengan air bersih.

2. Kopi untuk Anti-aging

Kopi juga dipercaya mampu memberikan manfaat sebagai anti-aging. Manfaat kopi untuk wajah ini bisa kamu dapatkan dengan membuat scrub kopi.

Karena sifatnya yang ampuh mengangkat kotoran, kopi dapat merangsang pertumbuhan regenerasi sel. Rutin melakukan scrubbing nggak hanya membuat kulit menjadi bersih dan cerah, namun juga membuatnya kencang. Namun perhatikan penggunaannya ya, jangan sampai wajah kamu jadi over eksfoliasi!

Lebih menariknya lagi, manfaat kopi untuk wajah yang mengandung antioksidan ini mampu manangkal radikal bebas yang bisa menyamarkan garis-garis halus pada wajah dan menjaga penampilannmu tetap awet muda.

Dikutip dari Healthline,  sebuah penelitian menyatakan bahwa kopi mengandung banyak polifenol membantu melindungi kulit dari photoaging dan berkontribusi pada penurunan hiperpigmentasi bintik-bintik pigmen.

Manfaat kopi ini bisa kamu dapatkan dengan membuat masker kopi dicampur dengan bererapa tetes minyak zaitun. Aplikasikan campuran bahan tersebut pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

3. Mengatasi Wajah Kusam

Kafein yang terkandung dalam biji kopi nggak hanya mampu menahan rasa kantuk, namun juga dapat mengatasi efek wajah yang kusam dan memberikan efek menyegarkan kulit.

Manfaat kopi untuk wajah kusam ini bisa kamu coba dengan menggunakan air kopi yang sudah dibekukan untuk ice facial. Cara membuatnya pun mudah cukup membuat secangkir kopi kental kemudian masukkan ke cetakan es, lalu bekukan. Setelah beku balurkan es kopi ke bagian wajah.

Masker Kopi untuk Mengatasi Wajah Kusam © Diadona

4. Kopi untuk Menyamarkan Kantung Mata

Tanpa disadari seseorang yang terbiasa begadang atau kurang tidur akan memiliki kantung mata hitam. Nah kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam kopi ampuh mengembalikan kesegaran kulit dan mengatasi lingkar hitam gelap di bawah mata.

Kopi bisa membantu mikrosirkulasi, yakni menyempitkan pembuluh darah dan membantu mengurangi perubahan warna pada kulit untuk sementara. Bye-bye mata panda!

Yang kamu butuhkan hanya bubuk kopi dan juga minyak kelapa yang dihangatkan sebentar.

Caranya campurkan 2 sdt kopi dan 1 sdt minyak kelapa. Aduk rata hingga menjadi pasta. Oleskan pada bagian bawah mata. Diamkan selama 10 menit. Bersihkan dan bilas dengan air. Untuk hasil yang lebih cepat kamu bisa melakukannya secara rutin sebelum tidur.

5. Mencerahkan kulit

Manfaat kopi untuk wajah adalah dapat membantu memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Kamu bisa menggunakan kopi sebagai scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah akan terlihat lebih cerah.

Berikut langkah-langkah penggunaannya:

  • Siapkan 1 sendok makan kopi
  • Siapkan 1 sendok makan gula
  • Campurkan kedua bahan tersebut
  • Tambahkan sedikit air
  • Aduk hingga rata
  • Aplikasikan pada wajah dengan menggosok secara perlahan

2 dari 4 halaman

Kopi yang akan digunakan sebagi masker tentunya bukan kopi yang sudah dicampur ataupun kopi kemasan yang biasa kamu konsumsi, melainkan kopi bubuk yang masih murni. Kandungan kafein yang tak baik untuk penderita darah tinggi rupanya justru bermanfaat bagi kulit. 

Ilustrasi Kopi Bubuk © Diadona

6. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Kandungan antioksidan seperti polifenol pada kopi dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) sehingga kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Manfaat kopi untuk melindungi wajah ini udah dibuktikan melalui penelitian nih!  Satu studi yang dilakukan dengan wanita paruh baya di Jepang menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi polifenol tinggi dari kopi menunjukkan bintik-bintik pigmen wajah paling sedikit. 

Trus para peneliti menyimpulkan bahwa kopi dapat membantu melindungi kulit dari photoaging, dan kandungan polifenolnya,menyebabkan penurunan hiperpigmentasi pada bintik-bintik tersebut.

Kopi telah terbukti memiliki sifat perlindungan UVB. Kafein dapat menghambat respon kerusakan DNA, sehingga melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UVB.

3 dari 4 halaman

Kopi yang digunakan untuk wajah ini merupakan kopi hitam murni, dan bukan kopi instant. Berikut adalah manfaat kopi untuk wajah selanjutnya.

Manfaat Kopi untuk Menenangkan Wajah © Diadona

7. Bersifat Anti Inflamasi

Kopi mengandung asam klorogenat dan melanoidin yang berkontribusi pada peran anti-inflamasinya. Kedua senyawa tersebut dikenal mengurangi peradangan. Jadi jika kamu memiliki jerawat yang meradang di wajah, masker wajah kopi bisa menenangkan kulit kamu nih!

8. Meredakan Jerawat

Kayak yang disebutin dalam manfaat kopi untuk wajah sebagai anti inflamasi, sifat tersebut bisa berfungsi untuk menengkan wajah yang berjerawat. Selain itu kopi juga punya sifat antibakteri.

Dan juga kopi memiliki kandungan asam klorogenat dikenal untuk mengobati hiperpigmentasi, yang berarti kopi juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

9. Menenangkan Kulit

Melansir Healhline, berkat flavonoid dan polifenol yang kaya antioksidan dan anti-inflamasi dalam kopi, kopi bisa menjadi penenang kulit. Dalam pengaplikasiannya, kopi bisa jadi pelembab untuk mengurangi kemerahan, peradangan, dan membantu melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

Kopi kaya akan antioksidan yang ketika dioleskan ke lulit, bisa memberikan efek menenangkan. Sebab nih antioksidan dapat memperbaiki kulit yang rusak dan meremajakannya.

10. Membersihkan dan Menghaluskan Wajah

Manfaat kopi untuk wajah selanjuntya adalah membersihkan dan menghaluskan kulit wajah. Tekstur bubuk kopi bisa digunakan sebagai scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit wajah yang telah mati dan kotoran yang menempel.

Sel-sel kulit wajah yang telah mati ini dan kotoran yang menempel adalah penyebab utama wajah terlihat kusam. Apabila sel-sel kulit mati tersebut telah terangkat maka wajah akan bersih dan nampak lebih cerah.

Gunakanlah masker kopi dengan cara mencampur bubuk kopi dengan sedikit susu sapi murni. Sebaiknya menggunakan susu sapi murni untuk mendapatkan manfaat masker kopi yang lebih baik. Terapkanlah masker kopi pada wajah selama 5 menit lalu bilas.

11. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Selain membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel, manfaat kopi untuk wajah juga bisa untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi bisa mendistribusikan zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh sel-sel di wajah. Selain itu, kandungan kafein pada kopi juga akan meningkatkan sirkulasi darah di wajah. Kandungan gizi yang cukup dan peningkatan sirkulasi darah akan membuat wajah menjadi lebih sehat dan berseri.

Kamu bisa menerapkan masker kopi yang dicampur dengan yogurt tawar. Terapkanlah masker kopi itu di wajah selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk memiliki wajah yang sehat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kopi untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Secara umum, memanfaatkan kopi untuk kesehatan dan kecantikan wajah bisa kamu lakukan dengan beberapa cara berikut ini :

Masker Kopi dan Madu

Bahan-bahan:

  • 1 sdm kopi bubuk
  • 1 sdt madu

Cara membuat:

  1. Campur bubuk kopi dan madu. Oleskan secara merata ke seluruh wajah.
  2. Biarkan selama 15 menit. Lalu, cuci bersih dengan air bersih.

Masker Kopi dan Kunyit

Bahan-bahan:

  • 1 sdm bubuk kopi
  • 1 ½ sdm susu mentah
  • ½ sdt bubuk kunyit

Cara membuat:

  • Campurkan bahan-bahan dalam mangkuk hingga teksturnya menjadi pasta.
  • Oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan selama 10-15 menit dan bersihkan dengan air dingin.

Scrub Kopi

Bahan-bahan:

  • 1 sdm bubuk kopi
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt minyak esensial

Cara membuat:

  • Campurkan kopi dan gula. Tambahkan minyak esensial. Aduk rata.
  • Oleskan scrub pada wajah secara merata. Pijat wajah dengan gerakan memutar secara perlahan.
  • Cuci masker dengan air bersih.

Siapa sangka ternyata ada banyak banget manfaat kopi untuk wajah. Kamu sudah pernah coba?

Beri Komentar