Ketiak Hitam Ganggu Penampilan, Gimana Cara untuk Kembalikan Kecerahannya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 19 November 2022 16:19
Ketiak Hitam Ganggu Penampilan, Gimana Cara untuk Kembalikan Kecerahannya?
Coba ikutin cara berikut ini deh~

Bagi sebagian orang, ketiak hitam itu bisa mengganggu penampilan. Makeup dan outfit udah kece, tapi kalau ketiak keliatan hitam, pasti bikin penampilan jadi drop shayy~

Apalagi kalau kamu memakai baju tanpa lengan, keindahan ketiak jadi salah satu pertimbangan yang nggak boleh disepelekan. Lantas, gimana sih cara mengembalikan kecerahan ketiak? Melansir dari akun Instagram @careskinmedia, berikut cara yang bisa kamu ikuti.

1 dari 5 halaman

Penyebab ketiak hitam

Ilustrasi Mencukur Bulu KetiakIlustrasi Mencukur Bulu Ketiak © shutterstock.com/g/pandorastudio

Ketiak yang menghitam nggak terjadi begitu aja, tentu ada penyebabnya. Ada beberapa hal yang memicu area ketiak jadi menghitam.

Mulai dari salah mencukur bulu ketiak, adanya gesekan terus menerus di area tersebut, serta penumpukan sel kulit mati. Selain itu, ketiak hitam juga bisa terjadi karena penggunaan deodoran atau antiperspiran yang berlebihan.

Penyakit kronis atau hormonal seperti diabetes melitus dan obesitas juga bisa menyebabkan ketiak jadi hitam, serta efek samping obat seperti KB dan steroid.

2 dari 5 halaman

Solusi yang bisa dilakukan

Untuk mengatasi penyebab-penyebab ketiak hitam, kamu bisa melakukan serangkaian cara berikut ini. Pertama, perbaiki cara mencukur bulu ketiak dan pastikan untuk merawat pisau cukur yang kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan shaving cream dan shaver yang tajam, kemudian pakai calming atau soothing moisturizer setelahnya. Minimalisir prosesnya dengan melakukan IPL agar rambut ketiak yang tumbuh lebih pendek dan sedikit.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Pakai DeodorantIlustrasi Pakai Deodorant © shutterstock.com/g/prostock_studio

Penting juga untuk memakai produk yang diformulasikan sebagai brightening dan exfoliation. Biasanya, produk-produk ini akan mengandung AHA dan BHA, Retinoid, dan Niacinamide.

Perlu dicatat, hindari penggunaan chemical exfoliant berdekatan dengan shave/wax.

4 dari 5 halaman

Kemudian, kamu bisa menghindari atau mengurangi adanya gesekan antara lipatan. Caranya dengan tidak memakai baju ketat dan menjaga kelembapan kulit tetap terjaga.

Jika cara-cara tersebut tidak membuahkan hasil, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mengambil tindakan selanjutnya. Apakah cukup dengan perawatan dan resep dari dokter, atau mungkin perlu mendapat tindakan seperti laser.

Beri Komentar