6 Hal ini Ternyata Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang, Udah Tau Belum?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 24 Desember 2021 18:15
6 Hal ini Ternyata Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang, Udah Tau Belum?
Buruan cobain deh~

Memiliki rambut panjang dan sehat jadi impian bagi banyak perempuan. Beragam usaha dan perawatan dilakukan, tapi kadang hasil tak semudah bayangan.

Namun ternyata, ada trik jitu yang dibagikan para ahli untuk bisa menumbuhkan rambut dengan cepat. Penasaran seperti apa caranya, berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 4 halaman

1. Membersihkan dan merangsang kulit kepala

Ilustrasi Keramas © Diadona

Penelitian menunjukkan jika kulit kepala bisa mengalami peradangan akibat polusi dan stres oksidatif, hal ini sekaligus menjadi penyebab utama kerontokan rambut pada orang dewasa. Untuk menghindari hal ini, kamu perlu keramas secara teratur sambil memijat kulit kepala dengan lembut. Kegiatan ini terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, mendorong sirkulasi darah, serta membantu memberi nutrisi penting dan okisgen ke folikel rambut.

2. Konsumsi suplemen penumbuh rambut

Mengonsumsi suplemen penumbuh rambut seperti kolagen dan biotin juga bisa membantu rambut lebih cepat panjang. Dua bahan ini membantu meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut. Selain itu, suplemen penumbuh rambut juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut dan kulit kepala.

2 dari 4 halaman

3. Jaga kelembapan rambut

Ilustrasi Rambut Sehat © Diadona

Kelembapan rambut harus dijaga agar tidak membuat rambut jadi kering dan rapuh. Levi Monarch, seorang penata rambut menjelaskan jika rambut yang kehilangan kelembapan dan nutrisi akan mudah mengalami kerontokan dan kerusakan.

4. Penuhi kebutuhan antioksidan

Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambutjuga mengalami penuaan ditandai dengan menipisnya rambut seiring bertambahnya usia. Salah satu cara untuk mengatasinya yakni dengan memenuhi kebutuhan antioksidan dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi antioksidan atau menambahkan suplemen kaya vitamin dalam konsumsi sehari-hari.

3 dari 4 halaman

5. Istirahatkan rambut

Ilustrasi Rambut Panjang © Diadona

Jika ingin rambut tumbuh sehat, kuat, dan cepat panjang, maka ada baiknya untuk sering-sering mengistirahatkan rambut. Batasi penggunaan heat styling seperti hair dryer dan catokan karena bisa memecah ikatan hidrogen pada rambut. Sebuah studi menemukan jika penggunaan heat styling secara berlebihan bisa menurunkan kadar air dan meningkatkan kerusakan rambut.

6. Potong ujung rambut secara teratur

Pertumbuhan rambut memang berasal dari folikel yang ada di kulit kepala, tapi memotong ujung rambut secara teratur bisa membantu menghindari rambut dari kerusakan. Sunnie Brook, penata rambut selebriti menjelaskan, ujung rambut yang bercabang bisa membelah batang rambut dan membuat pertumbuhan rambut jadi lambat. Untuk itu, penting juga memotong ujung rambut untuk memastikannya tetap tumbuh dengan sehat.

Beri Komentar