6 Jenis Nasi Khas Timur Tengah yang Bikin Ngiler, Mana Favoritmu?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 15 September 2020 16:20
6 Jenis Nasi Khas Timur Tengah yang Bikin Ngiler, Mana Favoritmu?
Nggak cuma Nasi Kebuli dan Biryani, ada banyak lho, olahan nasi khas timur tengah.

Nasi khas Timur Tengah memang udah nggak asing lagi di Indonesia. Rata-rata terbuat dari beras Basmati, ternyata olahan nasi khas Timur Tengah udah banyak kita temukan di Indonesia. 

Yang paling banyak kita temui adalah Nasi Biryani atau Nasi Kebuli. Ternyata, nggak cuma itu aja, lho. Masih banyak olahan nasi khas Timur Tengah. Apa aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 7 halaman

1. Nasi Kebuli

Nasi KebuliNasi Kebuli © shutterstock.com/Jamilah Pratama

Nasi Kebuli adalah nasi bumbu rempah yang dimasak menggunakan kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Biasanya disajikan menggunakan daging kambing goreng maupun bakar. Lebih lezat lagi, Nasi Kebuli biasanya ditaburi dengan kismis, kurma, maupun kacang mete. Nasi Kebuli ini punya ciri khas beraroma kari dan berwarna kuning.

2 dari 7 halaman

2. Nasi Biryani

Nasi BiryaniNasi Biryani © shutterstock.com/Jamilah Pratama

Nasi Biryani merupakan hidangan berupa nasi basmati yang dimasak dengan rempah-rempah, lalu ditambah dengan sayuran atau daging. Bisa daging ayam, kambing, sapi, ikan, atau udang. Namun biasanya yang paling populer adalah kambing.

Nasi Biryani seberanya berasal dari Asia Selatan, yakni India dan Pakistan. Namun, saat ini sudah banyak dijual di negara seperti Malaysia dan Indonesia.

3 dari 7 halaman

3. Nasi Mandhi

Nasi MandhiNasi Mandhi © wikimedia.org/Bamakhrama

Nasi Mandhi juga merupakan salah satu olahan nasi khas Arab. Hidangan ini bahkan terkenal di Yaman, Mesir, Maroko, Oman, Syria, Turki dan Arab Saudi.

Nasi Mandhi dibuat dengan bahan utama rempah ratus seperti kapulaga, jintan, jintan putih, ketumbar, serbuk kunyit, bunga lawang, dan lain sebagainya.

Melansir dari berbagai sumber, zaman dahulu, suku Arab Badwi memasaknya di dalam lubah tanah yang dikorek dan dimasukkan kayu api. Kemudian, rempat-rempah itu direbus bersama lauk seperti kambing atau ayam kemudian dimasak dengan beras basmati.

4 dari 7 halaman

4. Nasi Hadramaut

Nasi HadramoutNasi Hadramout © tripadvisor.com

Nasi Hadramaut juga punya bentuk yang mirip dengan nasi Mandhi. Yang membedakannya dengan Nasi Mandhi adalah rempah yang digunakan. Nasi Hadramaut bisa 3 kali lipat dari pemakaian rempah nasi Mandhi.

5 dari 7 halaman

5. Nasi Maqlub

Nasi MaqlubNasi Maqlub © cooking.nytimes.com

Nasi Maqlub terkenal di Yordania dan Syria. Olahan nasi ini lebih banyak didominasi oleh sayuran yang digoreng dengan daging. Nasi Maqlub punya penyajian yang cukup unik, yakni disajikan secara terbalik.

Sesuai dengan arti maqluba secara harfiah. Di lapisan paling bawah adalah nasi, dimasukkan lauk ayam atau kambing, kemudian sayuran yang digoreng seperti wortel, kentang, dan terong, kemudian baru beras. Ketika nasi masak, periuk akan dibalik dan disajikan langsung ke piring.

6 dari 7 halaman

6. Nasi Kabsah

Nasi KabsahNasi Kabsah © youtube.com/Cooking with Asifa

Nasi Kabsah juga berasal dari negara timur tengah. Hampir mirip dengan Nasi Mandhi, yang membedakannya adalah rempah-rempah yang digunakan untuk mengolahnya.

Nasi Kabsah di Yordania memiliki warna yang lebih merah karena warga Yordania kebanyakan mencampurnya dengan tomato puree. Sedangkan Nasi Kabsah di Arab Saudi, Oman, atau Yaman memiliki warna yang lebih kekuningan. Nasi Kabsah ini cocok dikonsumsi dengan syurba (sup) dan juga salata (salad).

Beri Komentar