7 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Aman dan Efektif

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 17 November 2023 11:00
7 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Aman dan Efektif
Walau demikian penggunaan bahan skincare seperti asam salisilat, benzoyl peroxide harus dilakukan dengan tepat yah!

Ayo ngaku, sebagai acne fighter kamu pasti sering kebingungan sama kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat ‘kan? Meskipun begitu, Diadona tahu kok kalau mengatasi permasalahan jerawat tuh nggak segampang membalikkan telapak tangan. Perlu banyak try and error pada kulitmu untuk mengetahui apa aja produk dan kandungan yang cocok buat kulitmu. 

Sebelum kamu mencoba berbagai produk anti jerawat, kamu perlu mengingat kalau nggak ada yang instan di dunia ini. Even mie yang judulnya ‘mie instan’ aja masih perlu dimasak apalagi urusan wajah, pastinya perlu waktu dan kesabaran ekstra untuk menyembuhkannya.

Nah, kalau kamu udah tahu bahwa menghilangkan jerawat tuh nggak bisa cepet, kamu juga perlu tahu nih langkah preventif agar jerawat nggak makin banyak.

Dilansir dari Halodoc ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan biar nggak jerawatan, antara lain:

  • Sering membersihkan wajah
  • Memakai skincare anti jerawat
  • Pilih produk yang nggak ada kandungan minyak
  • Jaga kebersihan rambut
  • Hindari makanan kaya lemak dan minyak

Udah dicatat ‘kan tahap pencegahannya? Sekarang Diadona bakal kasih beberapa kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat yang bisa kamu coba.

1 dari 3 halaman

Kandungan Skincare untuk Mengatasi Kulit Berjerawat © Diadona

Benzoyl peroxide

Kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat yang satu ini emang udah terkenal dengan fungsinya. Kandungan ini membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Selain itu, benzoyl peroxide juga membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit dan mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Konsentrasi benzoyl peroxide sangat beragam mulai dari 2.5% hingga 10%. Namun, penggunaan pada angka 2.5% sampai 5% aja sebenarnya udah cukup kok.

Semakin rendah kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat ini, semakin aman dan nggak bikin wajah kamu terasa kering. Nah, nggak ada hasil yang langsung muncul begitu aja, kamu perlu menunggu sekitar dua minggu untuk melihat perbedaanya.

Salicylic Acid

Kalau kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat ini pasti kamu udah nggak asing. Yup, salicylic acid atau sering dipanggil BHA memiliki fungsi eksfoliasi yang berguna untuk mengelupas sel-sel mati dan membersihkan pori-pori tersumbat.

Salicylic acid tuh salah satu bahan yang larut dalam minyak sehingga bisa membantu memecah minyak pada pori-pori wajah kamu. Oleh karena itu, kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat yang satu ini pas banget dijadikan langkah preventif munculnya jerawat, seperti komedo putih dan komedo hitam. 

Meskipun demikian, penggunaan kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat yang satu ini harus diperhatikan juga, terutama kalau kamu adalah orang dengan kulit sensitif atau kering.

Salicylic acid bisa menyebabkan iritasi apalagi kalau kamu menggunakan bahan ini dengan konsentrasi tinggi bisa-bisa niat wajah bersih malah berubah jadi iritasi parah. Selain itu, salicylic acid harus dihindari oleh perempuan hamil dan menyusui.

 

2 dari 3 halaman

Kandungan Skincare untuk MEngatasi Kulit Berjerawat © Diadona

Alpha Hydroxy Acids

Mungkin kamu agak asing sama nama ini karena kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat ini lebih dikenal dengan AHA. Mirip dengan salicylic acid, AHA juga digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Bahan ini juga ampuh untuk menghilangkan sel kulit mati dan memperbaiki kulit bekas jerawat. 

Terdapat dua tipe AHA yang bisa kamu temukan pada produk skincare, antara lain glycolic acid dan lactic acid. Penggunaan kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat ini bisa bikin kulit kamu tampak lebih cerah dan menghaluskan tekstur kulit.

Niacinamide

Bisa digunakan untuk mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat, niacinamide menjadi kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat yang bisa kamu cari pada produk skincare kesayanganmu.

Selain fungsi  tadi, niacinamide juga bisa membantu untuk menghidrasi kulit yang mana ini penting banget untuk perbaikan kulit. Niacinamide sendiri merupakan salah satu bentuk vitamin B3 yang bisa membantu untuk menenangkan kulit. 

Kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat ini aman digunakan pada konsentrasi yang rendah, seperti 0.5% hingga 2%. Masih sama seperti kandungan lainnya, semakin tinggi konsentrasi yang kamu gunakan, maka resiko penggunaannya juga semakin besar.

Sebenarnya konsentrasi 2% tuh udah cukup banget kok buat ngatasi jerawat dan resiko pemakaiannya juga nggak sebesar itu. Namun, kalau kamu punya kulit sensitif, mending pakai konsentrasi rendah aja ya!

3 dari 3 halaman

Kandungan Skincare untuk Mengatasi Kulit Berjerawat © Diadona

Retinol

Salah satu turunan vitamin A, retinol bisa mendorong pengelupasan sel kulit mati. Kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat yang satu ini spesial banget karena nggak mengenal usia kulit dan jerawat! Berapapun usiamu dan tipe jerawatmu, retinol merupakan jawaban yang tepat.

Nah, kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat ini juga pas banget buat kamu yang punya kulit nggak rata karena bahan ini juga membantu menghaluskan permukaan kulitmu.

Retinol juga bisa meminimalisir tampilan bekas jerawat, lho. Namun, perlu diingat, kalau kamu nggak cocok sama retinol kulit kamu bisa makin kering dan akhirnya berakibat pada efek alergi.

Terutama bagi kamu yang punya kulit tipe kombinasi, pakainya dimulai dengan konsentrasi rendah dulu aja biar nggak bahaya bagi kulitmu. 

Azelaic acid

Kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat yang ini juga berfungsi sebagai eksfoliasi, lho. Bahkan, azelaic acid memiliki kandungan anti bakteri serta antioksidan mirip kaya benzoyl peroxide dan salicylic acid.

Cara kerja azelaic acid adalah dengan mengendurkan sel-sel kulit yang rentan berjerawat dan mengelupas sel-sel mati. Manfaat lain dari kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat ini, yakni mengurangi flek dan noda akibat jerawat.

Sulfur

Nah, kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat yang satu ini sering banget lho dikombinasikan dengan benzoyl peroxide atau salicylic acid.

Fungsinya pun kurang lebih juga sama, yaitu untuk menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sekaligus menghilangkan minyak yang menyebabkan munculnya jerawat. 

Sebagai tahap preventif, kamu bisa menggunakan sulfur sebagai kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat karena sulfur efektif banget pada jerawat tahap awal. Selain itu, sulfur juga bisa digunakan pada kulit sensitif.

Menggunakan produk skincare tuh kaya mencari pasangan, artinya kalau udah nggak cocok ya udah nggak bisa dipaksa lagi dong. Semakin kamu paksa, nantinya malah berakibat buruk buat kamu. Jadi, meskipun melelahkan kamu harus tetap semangat mengatasi permasalahan jerawat. Keep fighting para acne fighter!

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar